To her, the name of father was another name for love.
Fanny Fern

Terapkan Tips Liburan Hemat Budget Berikut Ini, Bun!

author
Ruth Sinambela
Jumat, 30 Juni 2023 | 09:28 WIB
Berkemah atau kamping pasti akan sangat menyenangkan untuk mengisi libur sekolah si kecil, selain juga lebih hemat daripada menginap di hotel, Bun! | Dick's Sporting Goods

Liburan sekolah adalah waktu yang dinantikan oleh orang tua terutama si kecil untuk bersantai dan melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari, seperti sekolah dan berbagai les, Bun. Si kecil tentu juga ingin menghabiskan waktu liburannya dengan berbagai aktivitas menyenangkan. Begitu pula dengan Bunda, bukan?

Meskipun harus diakui kalau tidak semua orang bisa mewujudkan liburan impian beranggaran besar, namun jangan khawatir! Jangan jadikan kendala anggaran menjadi halangan untuk mewujudkan liburan yang menyenangkan! Berikut beberapa tips untuk menikmati liburan minim budget khusus untuk Bunda.

Baca Juga: Si Kecil Mendadak Sakit Saat Liburan, Apa yang Sebaiknya Dipersiapkan?

Rencanakan liburan secara matang 

Langkah pertama untuk tetap bisa menikmati liburan namun dengan budget yang minim adalah merencanakannya dengan matang! Buat daftar destinasi yang ingin dikunjungi dan tentukan anggaran yang tersedia. 

Tipsnya, Bunda bisa mencari informasi tentang tempat-tempat wisata yang murah atau bahkan gratis. Selain itu, perhatikan juga waktu liburan, karena pada hari-hari tertentu atau musim tertentu biasanya terdapat diskon atau promo khusus. 

Pilih transportasi yang ekonomis 

Transportasi biasanya menjadi salah satu pengeluaran dengan biaya terbesar saat liburan. Coba cari alternatif transportasi yang lebih ekonomis, seperti naik kereta api, anak-anak pun pasti menyukai perjalanan yang akan ditempuh!

Jika destinasi tidak terlalu jauh, pertimbangkan untuk menggunakan sepeda atau berjalan kaki. Selain itu, manfaatkan juga aplikasi perbandingan harga tiket atau promo khusus dari maskapai penerbangan apabila Bunda membutuhkannya.

Selain lebih murah, liburan menggunakan transportasi kereta api juga menyenangkan untuk anak-anak, Bun | Shutterstock

Cari akomodasi yang terjangkau 

Penginapan tentu akan menjadi salah satu sumber pengeluaran yang tinggi. Untuk itu, coba cari akomodasi yang terjangkau, seperti hostel, guest house, atau homestay daripada hotel atau villa. Atau Bunda bisa juga mengajak anak kamping di camping ground! Menyewa tenda tentu akan jauh lebih murah daripada menyewa penginapan.

Selain itu, pertimbangkan juga untuk menggunakan platform pemesanan online yang menawarkan diskon atau promo khusus, Bun. Jika memungkinkan, pertimbangkan juga untuk menginap di rumah keluarga atau teman yang tinggal di destinasi yang akan dikunjungi. 

Baca Juga: Yuk, Ajak Si Kecil Kamping, Bun! Ini yang Harus Dipersiapkan

Jelajahi kuliner lokal 

Daripada memilih makan di restoran mewah atau kekinian dengan harga mahal, akan lebih seru apabila Bunda mengajak anak-anak untuk mencicipi kuliner lokal yang lebih terjangkau. 

Bunda juga bisa mengajak si kecil untuk berpetualang dan menjelajahi warung atau kedai makanan lokal yang menyajikan hidangan tradisional dengan harga yang lebih ramah di kantong, seperti di pasar. Selain itu pertimbangkan juga untuk membeli makanan dari pasar dan supermarket untuk dimasak sendiri di akomodasi yang Bunda sewa.

Manfaatkan atraksi gratis atau diskon 

Setiap destinasi biasanya memiliki atraksi wisata yang bisa dinikmati secara gratis atau dengan harga diskon, Bun. Cari tahu tentang atraksi tersebut, seperti taman, photo spot, pantai, museum, atau acara budaya yang tidak memerlukan biaya masuk atau dengan harga yang lebih terjangkau. Selain itu, perhatikan juga adanya kartu atau tiket kombinasi yang memberikan diskon untuk beberapa atraksi sekaligus.

Membawa bekal adalah hal wajib untuk liburan hemat budget | Shutterstock

Jangan lupa bawa bekal 

Membawa bekal saat berlibur dapat membantu menghemat pengeluaran. Siapkan bekal makanan ringan, air minum, atau camilan yang bisa dinikmati selama perjalanan atau di tempat wisata. Dengan membawa bekal, Bunda dan keluarga dapat mengurangi budget membeli makanan atau minuman yang harganya pasti akan lebih mahal di tempat wisata.

Lakukan liburan bersama teman atau keluarga

Jika memungkinkan, ajak keluarga atau teman-teman untuk berlibur bersama. Dengan berlibur sebagai kelompok, maka Bunda bisa berbagi biaya penginapan, transportasi, dan makanan. Selain itu, liburan dengan kelompok juga pasti akan lebih menyenangkan untuk anak-anak dan mereka biasanya bisa lebih fokus bermain serta menikmati waktu bersama.

Baca Juga: Yuk, Ajak Si Kecil Liburan Seru Dekat dengan Alam!

Menerapkan tips-tips di atas tentu bukan hal yang mudah, Bun. Namun dengan niat yang besar tentu Bunda dan Ayah akan bisa melakukan dan menikmatinya tanpa perlu khawatir akan pengeluaran yang berlebihan. 

Liburan bukan hanya soal uang, Bun. Tetapi juga soal berpetualang dan menciptakan kenangan. Nikmati liburan dengan bijak agar tidak menyesal setelahnya. Serta jangan lupa untuk enjoy dan rasakan kegembiraannya tanpa harus menguras tabungan. Selamat berlibur!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi