The best way to make children good is to make them happy.
Oscar Wilde

Lakukan Kebiasaan Ini untuk Mencegah Gigi Geripis pada Si Kecil

author
Ruth Sinambela
Kamis, 20 Juli 2023 | 11:14 WIB
Menyikat Gigi Si Kecil Sejak Dini dapat Dilakukan Dengan Sikat Gigi Seukuran Jari Bunda | Shutterstock

sikat gigi

Gigi yang sehat adalah aset berharga bagi setiap orang, Bun. Khususnya bagi anak, gigi yang sehat akan sangat berguna dalam mendukung tumbuh kembang mereka. Meski demikian sering dialami oleh sebagian besar orang tua, kondisi gigi anak masih saja mengalami masalah geripis atau rapuh dan menghitam meskipun sebenarnya sudah rajin menyikat gigi setiap hari. 

Kondisi ini pun sebenarnya dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti faktor makanan, kebiasaan, genetik, hingga kondisi medis tertentu. Ditambah lagi, geripis pada gigi anak juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan bahkan mempengaruhi kualitas hidup anak. 

Karena itulah penting bagi orang tua untuk mengajarkan kebiasaan baik kepada si kecil agar gigi mereka tetap sehat dan terhindar dari geripis dengan melakukan kebiasaan baik berikut ini!

Baca Juga: Sudah Rajin Sikat Gigi Namun Gigi Anak Masih Geripis? Ini Alasannya, Bun

Pastikan si kecil menyikat gigi dengan benar

Menyikat gigi secara teratur adalah langkah pertama yang penting dalam menjaga kesehatan gigi anak dan mencegah geripis. Pastikan agar si kecil rajin menyikat gigi minimal dua kali sehari dengan sikat gigi yang lembut dan pasta gigi yang mengandung fluoride, Bunda. 

Apabila memungkinkan, boleh juga Bunda membiasakan anak untuk menyikat gigi setiap kali selesai makan dengan diberi jeda 15 menit. Selain itu pastikan kalau teknik menyikat gigi si kecil sudah benar seperti anjuran para ahli gigi, dan cek kembali apakah hasil menyikat gigi si kecil sudah bersih!

Yuk, mulai biasakan diri dan seluruh anggota keluarga untuk menggunakan dental floss, Bun | Shutterstock

Menggunakan benang gigi

Selain menyikat gigi, penggunaan benang gigi juga penting dalam menjaga kebersihan gigi anak. Meskipun belum terlalu populer di Indonesia, namun menggunakan benang gigi akan sangat membantu membersihkan sela-sela gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi. 

Benang gigi sangat baik untuk mencegah penumpukan plak dan makanan yang dapat menyebabkan kerusakan gigi, Bun. Yuk, ajak si kecil untuk menggunakan benang gigi dengan benar dan melakukannya secara teratur.

Menu makanan sehat

Pola makan yang seimbang dan sehat juga berperan penting dalam menjaga kesehatan gigi anak. Bunda harus rajin memberikan berbagai pilihan menu bernutrisi seimbang untuk dikonsumsi si kecil, seperti buah-buahan, sayuran, susu, dan sumber protein. 

Selain itu, ingatlah untuk sebisa mungkin menghindari makanan yang tinggi gula dan asam, seperti permen, minuman bersoda, dan makanan cepat saji, agar enamel gigi terhindar dari kerusakan atau geripis.

Baca Juga: Pasta Gigi Berfluoride Aman Digunakan Anak Usia 2 Tahun ke Atas

Minum air putih

Air putih adalah minuman terbaik untuk menjaga kesehatan gigi anak. Meminum air yang cukup membantu menjaga produksi air liur yang memiliki peran penting dalam melindungi gigi dari kerapuhan. Air putih juga membantu membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi dan menjaga kelembaban mulut. Biasakan si kecil untuk berkumur setiap setelah selesai mengonsumsi permen atau minuman manis, Bun.

Hindari minum susu sebelum tidur

Apabila si kecil minum susu setiap malam sebelum tidur, maka Bunda wajib menyikat giginya terlebih dahulu atau minimal mengajak anak untuk berkumur setelah minum susu baru pergi tidur.

Saat di dokter gigi, ajaklah buah hati Bunda untuk duduk tenang dan mendengarkan penjelasan yang dokter berikan agar anak lebih termotivasi untuk menjaga kesehatan giginya | Shutterstock

Rutin ke dokter gigi 

Meski tidak sedang sakit gigi atau masalah gigi lainnya, kunjungan rutin ke dokter gigi adalah kebiasaan yang sangat baik untuk mencegah geripis pada gigi anak. Di klinik gigi, dokter gigi akan melakukan pemeriksaan rutin, membersihkan gigi, dan memberikan saran tentang perawatan gigi yang tepat untuk mencegah kerusakan yang lebih besar, Bun. Selain itu dokter juga dapat memberikan saran atau tindakan pencegahan yang diperlukan.

Awasi kebiasaan si kecil

Kebiasaan yang kurang baik seperti menggigit kuku, mengunyah es, mengemut makanan, dan lain sebagainya sangat penting untuk mencegah gigi geripis. Penting bagi orang tua untuk bisa mengawasi dan memberikan penjelasan hingga si kecil mengerti benar mengapa ia tak boleh melakukannya dan benar-benar berhenti dari kebiasaan tersebut.

Menjadi contoh yang baik

Sebagai orang tua, sudah sepatutnya Bunda dan Ayah memberikan contoh yang baik dalam merawat gigi setiap hari. Tindakan nyata yang dilihat si kecil dari orang tuanya terbukti sangat ampuh dalam mengajarkan kebiasaan baik serta menanamkan nilai-nilai kebaikan di dalam diri mereka. Termasuk dalam hal merawat gigi. 

Baca Juga: Tips agar Si Kecil Tidak Takut ke Dokter Gigi

Ajaklah si kecil untuk menyikat gigi bersama, ceritakan dengan bahasa yang menarik dan mudah dimengerti anak tentang betapa pentingnya menjaga kebersihan gigi dan mulut, serta jangan lupa untuk memberikan pujian yang tulus saat si kecil mampu melakukannya dengan baik ya, Bunda dan Ayah.

Dengan mempraktikkan kebiasaan baik ini secara konsisten, niscaya gigi anak dapat tetap sehat dan terhindar dari geripis. Apabila Bunda memerlukan bantuan medis, segeralah berkonsultasi dan mendapatkan perawatan dari ahlinya, ya!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi