Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

Ayah, Ini Caranya Menjadi Support System Terbaik bagi Pasangan

author
Ruth Sinambela
Selasa, 1 Agustus 2023 | 10:00 WIB
Dukungan Ayah pada Bunda: mengasuh dan mengajak si kecil bermain | Shutterstock

ayah

Peran para Ayah di dalam keluarga tidak hanya terbatas sebagai pencari nafkah, namun juga tak kalah penting, Ayah sangat dibutuhkan untuk bisa menjadi sebagai support system bagi istri di rumah. 

Tentu dalam menjalankan peran ini, Ayah dapat memberikannya dengan berbagai cara, seperti dukungan emosional, membantu tugas rumah tangga, atau mengambil bagian aktif dalam perawatan anak. 

Nah, agar Ayah berhasil menjadi support system terbaik, berikut beberapa tips yang tentu akan membantu!

Baca Juga: 4 Support yang Bisa Dilakukan Ayah Saat Ibu Menyusui

Komunikasi nyaman dan terbuka

Dengan memiliki komunikasi yang nyaman dan terbuka, maka Ayah pasti akan siap menjalankan peran penting lainnya sebagai support system. Karena itulah wajib hukumnya bagi Ayah untuk banyak-banyak mengajak istri mengobrol, juga membicarakan perasaan dan keinginan istri. 

Dengarkan dengan penuh perhatian ketika istri berbagi perasaan, tantangan, dan kebutuhan yang dia hadapi. Begitu pula sebaliknya, Ayah juga harus mampu mendorong istri agar mau membicarakan perasaannya barulah Ayah akan bisa memberikan dukungan yang tulus dan empati!

Dukungan Ayah pada Bunda: Ikut aktif mengerjakan pekerjaan rumah tangga | Shutterstock

Membantu tugas rumah tangga

Bukan zamannya lagi para Ayah merasa malu apabila diharapkan membantu istri mengurus rumah tangga. Justru harus bangga lho, Yah! Artinya Ayah merupakan salah satu suami idaman ibu-ibu di seluruh dunia! Di zaman sekarang ini, memuji-muji suami yang mau turun tangan langsung membantu istri di rumah lebih keren daripada membangga-banggakan suami tampan, lho.

Apalagi bagi Bunda yang harus mengurus rumah tangga dan merawat anak, tugas yang menumpuk dapat menjadi sangat melelahkan. Dengan membantu dan menangani beberapa tugas rumah tangga, seperti mencuci piring, membersihkan rumah, atau mengurus binatang peliharaan. Ini akan meringankan beban istri dan menunjukkan bahwa Ayah terlibat secara aktif dalam peran rumah tangga yang secara langsung juga akan mendidik anak mengenai rumah tangga yang baik.

Baca Juga: Tips Jitu untuk Para Ayah Merespons Ngidam-nya Bumil

Waktu bersama anak

Ayah dapat membantu Bunda dengan mengambil bagian aktif dalam perawatan anak. Luangkan waktu khusus untuk bermain, membaca buku, atau mengurus anak bersama. Tak hanya membantu mengurangi beban istri, tetapi juga memperkuat ikatan antara ayah dan anak, serta membantu ayah memahami lebih baik kebutuhan dan perkembangan anak serta kebutuhan rumah tangga sehari-hari!

Dukungan Ayah pada Bunda: Banyak-banyak mengajak istri ngobrol dan kencan berdua saja! | Shutterstock

Dukungan moral dan motivasi

Dalam menjalankan peran sebagai support system, ayah wajib memberikan dukungan moral dan motivasi kepada istri. Yaitu dengan memberikan kata-kata yang positif, dorong istri untuk mengejar minat dan kegiatan yang dia sukai, dan apresiasi usaha serta dedikasinya sebagai ibu dan pasangan hidup. Dukungan ayah dapat memberikan kekuatan tambahan bagi istri dalam menghadapi pekerjaan sehari-hari dan meningkatkan level kebahagiaannya.

Menghabiskan waktu bersama

Dalam rutinitas sehari-hari yang sibuk, sangat penting untuk menyediakan waktu khusus untuk berdua saja dengan istri ya, Ayah. Buatlah jadwal rutin untuk melakukan kegiatan bersama, seperti kencan malam, berkendara  ke pasar, atau sekadar mengobrol sebelum tidur. Hal ini membantu memperkuat hubungan antara ayah dan istri, serta memberikan kesempatan untuk saling mendukung dan menguatkan ikatan emosional. Apalagi Ayah yang berinisiatif untuk melakukan hal ini, sudah pasti Bunda akan sangat gembira.

Baca Juga: Merayu Pasangan, Salah Satu Cara Menjaga Keharmonisan

Menjadi support system yang baik bagi istri di rumah merupakan peran penting yang dapat diemban oleh seorang ayah. Dengan komunikasi terbuka, keterlibatan aktif dalam tugas rumah tangga dan perawatan anak, serta memberikan dukungan moral dan waktu berkualitas, ayah dapat memainkan peran yang berarti dalam mendukung istri dan menciptakan lingkungan keluarga yang harmonis dan bahagia. 

Bahkan manfaatnya juga akan terasa untuk si kecil karena bisa merasakan kehangatan dan cinta Ayah kepada Bunda! Sudah tentu hal ini akan membuat mereka tumbuh dalam lingkungan yang sehat dan bahagia.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi