You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

Keluarga Nomor Satu, Tasya Kamila Terapkan Gaya Hidup Sehat

author
Claudia Tari Aplabatansa
Rabu, 6 September 2023 | 10:00 WIB
Bagi Tasya, Keluarga adalah Nomor Satu || Instagram Tasya @tasyakamila |

Sebagai seorang Bunda sekaligus publik figur, Tasya Kamila sangat memperhatikan kesehatan dirinya dan keluarga. Terlebih dengan situasi kualitas udara yang cukup buruk akhir-akhir ini, membuat pelantun lagu 'Libur T’lah Tiba' gencar menerapkan gaya hidup sehat di keluarganya.

Tasya yang kini menjadi Bunda dari dua anak, yakni Arrasya Wardhana Bachtiar (4 tahun) dan Shafanina Wardhana Bachtiar (7 bulan) punya banyak cara untuk menjaga kesehatan keluarganya. Pada acara Press Conference MamyPoko Royal Soft Organic Cotton 2023 yang berlangsung di Main Atrium Central Park Mall Jakarta, Jumat lalu (25/8) Tasya menuturkan beberapa hal yang menarik dan bisa dicontoh oleh para Bunda, nih. 

Baca juga: Pantang Menyerah, 3 Artis Pejuang PCOS Kini Bahagia Dengan Kehadiran si Kecil

Apa saja, sih, yang dilakukan Tasya untuk menerapkan gaya hidup sehat?

1. Memilih produk berbahan organik untuk keluarga.

Sebagai Bunda dua orang anak, Tasya sangat mementingkan kesehatan sang buah hati. Anak-anaknya memiliki kulit yang sangat sensitif. Itulah mengapa, Tasya memilih menggunakan produk-produk organik. "Kalau ada pilihan, aku prefer memilih yang organik terutama buat anak aku. Makanan juga diutamakan yang organik, pakaian, dan skincare juga," ujarnya.

Menurutnya gaya hidup sehat juga berkaitan dengan menjauhkan diri dari bahan-bahan kimia. Itulah sebabnya Tasya memilih untuk mengonsumsi makanan organik bahkan memasak sendiri agar lebih sehat.

2. Mencari tahu alergi anak supaya bisa dihindari.

Nah, menurut Tasya, Bunda punya tugas penting untuk mengetahui apakah anak memiliki alergi. Dengan mengetahuinya, Bunda akan lebih mudah untuk menghindari beberapa produk atau makanan yang berisiko menyebabkan alergi pada anak.

Tasya bercerita, "Kalau untuk Arr dan Shanin, mereka tipe kulitnya sensitif. Ada riwayat alergi dari orang tuanya juga, jadi lebih sensitif. Jadi, mereka nggak bisa sembarangan dan harus pakai produk yang diformulasi untuk kulit bayi sensitif."

3. Memastikan informasi yang dicari valid demi kepentingan keluarga.

Menurut Tasya, ibu yang cerdas sangat berkontribusi menciptakan gaya hidup sehat di dalam keluarga. Salah satunya dengan mencari tahu segala informasi yang valid sebelum membeli suatu produk. "Kita sebagai ibu juga harus menjadi ibu yang cerdas. Kita memiliki akses ke informasi dan carilah informasi yang valid tentang apa yang baik untuk digunakan atau dikonsumsi untuk kita sebagai bumil dan anak kita ketika lahir."

Lebih lanjut Tasya menerangkan, "Pastikan pilih produk yang aman untuk bayi dan aman untuk bumil juga dengan bebas dari bahan kimia. Dari hamil, aku juga membatasi diri aku supaya nggak terpapar dari bahan-bahan kimia."

4. Akibat kualitas udara yang buruk, Tasya pakai air purifier.

Tasya dan anak-anaknya sempat mengunjungi suaminya yang bekerja di Amerika dan baru kembali ke Indonesia bulan Juni lalu. Imbas kualitas udara yang buruk di Jakarta membuat dirinya dan anak-anak sakit.

"Aku bulan Juni pulang dari Amerika. Setelah 3 minggu di Jakarta, anak aku sakit. Arr batuk pilek sekitar 2 minggu, Shanin batuk pilek 1 bulan dan itu nggak ada demam. Kemarin aku ke dokter THT dan antre banget. Jadi memang sebegitu berdampaknya polusi dan udara yang kotor di Jakarta memengaruhi kesehatan, terutama anak-anak," ungkapnya.

Kondisi ini semakin menguatkan Tasya untuk konsisten menerapkan gaya hidup sehat di keluarganya. Mulai dari menjaga kebersihan rumah, memilih makanan yang sehat, dan mempertimbangkan banyak hal sebelum membeli suatu produk.

"Di rumah pakai air purifier. Dari segi makanan juga balik lagi mengonsumsi yang sehat. Ya, dijagalah supaya nggak kena penyakit lainnya meskipun imunitas lagi menurun. Dijaga juga kebersihannya," imbuh Tasya.

Baca juga: Ini Cara Heidi Klum Mengajarkan Empati Kepada Anak-Anaknya

Wawancara Tasya Kamila saat menghadiri acara press conference MamyPoko Royal Soft || Dokumentasi Tim MamyPoko |

5. Pentingnya produk bebas bahan kimia untuk kulit anak

Tasya menyadari bahwa kulit anaknya sangat sensitif. Meski hanya digigit nyamuk bisa saja membuat kulit anaknya bengkak berhari-hari dan membekas.

"Memang ada riwayat alergi dari keluarga dan dermatitis atopik, jadi kalau kena serangga atau nyamuk bisa seperti itu. Apalagi kalau terpapar bahan-bahan kimia dan formula yang nggak lembut, misal baju atau lotion yang nggak diformulasikan untuk anak. Nanti bisa gatal-gatal dan iritasi kemerahan," ujarnya yang pada akhirnya menjadi sangat pemilih terkait kebutuhan anak-anak.

Berkaca dari cerita Tasya, yuk Bun, kita terus berupaya untuk melakukan gaya hidup sehat dan memberikan yang terbaik, khususnya bagi kesehatan seluruh anggota keluarga.

Penulis Claudia Tari Aplabatansa
Editor Ratih Sukma Pertiwi