To her, the name of father was another name for love.
Fanny Fern

Perhatikan 5 Pantangan yang Harus Diikuti saat Hamil Muda ya, Bumil!

author
Ruth Sinambela
Jumat, 3 November 2023 | 10:00 WIB
Suplemen kehamilan. | SHUTTERSTOCK

Kehamilan adalah periode yang istimewa dalam kehidupan seorang wanita. Khususnya bagi mereka yang mengalami kehamilan pada usia muda, perhatian terhadap kesehatan dan kesejahteraan ibu dan janin menjadi sangat penting. Ada beberapa pantangan yang sebaiknya dihindari oleh calon ibu muda selama masa kehamilan. Berikut ini adalah 5 pantangan yang sebaiknya dihindari saat bunda sedang hamil muda.

Merokok dan alkohol

Merokok dan mengonsumsi alkohol adalah dua kebiasaan yang sangat penting dihindari selama kehamilan. Zat-zat berbahaya dalam rokok dan alkohol dapat merusak perkembangan janin dan meningkatkan risiko kelahiran prematur, cacat bawaan, dan masalah kesehatan lainnya. Jika bunda mengonsumsi alkohol atau merokok sebelum mengetahui kehamilannya, segera berkonsultasi dengan dokter untuk tindakan yang tepat.

Makanan yang tidak sehat

Pola makan yang seimbang dan sehat sangat penting selama kehamilan, khususnya saat usia kandungan masih awal, Bun. Sudah banyak penelitian yang menyebutkan kalau kekurangan nutrisi saat hamil dapat berpotensi menyebabkan berbagai masalah kesehatan bagi kehamilan atau si kecil di kemudian hari, lho. Mulai dari stunting bahkan keguguran.

Berikut jenis makanan yang harus dihindari, Bun:

  • Makanan cepat saji
  • Makanan tinggi lemak jenuh
  • Makanan olahan tinggi garam dan gula
  • Makanan laut bermerkuri tinggi
  • Makanan mentah

Sebaliknya, pilih lah makanan kaya nutrisi seperti buah, sayur, biji-bijian utuh, dan sumber protein berkualitas!

Baca juga: Hamil Anggur Parsial dan Hamil Anggur Lengkap, Apa Bedanya?

Bumil akan merasa disayangi apabila Ayah memperhatikan keinginan ngidamnya saat hamil | Shutterstock

Stress berlebihan

Kehamilan muda tentu akan berpotensi menjadi tantangan emosional dan fisik bagi calon ibu. Bagaimana pun, hindari lah stres berlebihan karena tekanan emosional dapat mempengaruhi kesehatan janin, Bun. Beberapa cara yang bisa Bunda coba misalnya teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau berjalan-jalan santai untuk menjaga keseimbangan pikiran dan tubuh.

Paparan zat kimia berbahaya

Saat hamil, tubuh lebih rentan terhadap paparan zat kimia berbahaya seperti bahan pembersih rumah tangga yang kuat atau produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia beracun. Bahkan juga produk skincare yang biasa Bunda pakai. Untuk itu, penting memastikan bahan-bahan yang digunakan di dalam berbagai rangkaian produk sehari-hari dengan membaca label produk dengan teliti agar Bunda dapat menghindarinya. Apabila memungkinkan Bunda bisa juga berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai produk yang aman untuk ibu hamil.

Baca juga: Benarkah Sperma Encer Menyebabkan Sulit Hamil?

Olahraga berlebihan

Aktivitas fisik memang sangat penting selama kehamilan, tetapi olahraga berlebihan atau terlalu intens justru bisa membahayakan kesehatan ibu dan calon bayi. Pilihlah olahraga yang aman dan sesuai dengan kondisi fisik masing-masing ya, Bumil. Misalnya berjalan, berenang, atau yoga. Ingat juga untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai atau melanjutkan rutinitas olahraga.

Dalam menghadapi kehamilan muda, penting sekali untuk memiliki komunikasi yang baik dengan dokter kandungan yang akan merawat Bunda dan membantu melahirkan si kecil. Karena dengan demikianlah Bunda akan bisa mendapatkan nasihat yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan dan perkembangan kehamilan. 

Selain itu jangan lupakan pula dukungan dari keluarga dan pasangan untuk membantu, mengingatkan, dan menemani calon ibu dalam melewati masa kehamilan dengan nyaman dan aman.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi