You have a lifetime to work, but children are only young once.
Polish Proverb

7 Manfaat Playdate Bagi Tumbuh Kembang Anak, Bunda Wajib Tahu

author
Ruth Sinambela
Minggu, 8 Oktober 2023 | 10:00 WIB
Playdate bermanfaat bagi anak, salah satunya adalah meningkatkan kemampuan sosial dan emosional. | Shutterstock

Playdate seringkali menjadi jalan yang sering dipilih para Bunda untuk sekaligus menjadi ajang silaturahmi dengan teman maupun saudara. Bisa jadi tak hanya si kecil yang merasa senang bisa bermain dengan teman sebayanya. Namun Bunda dan Ayah pun jadi punya waktu untuk keluar rumah dan bersantai sedikit dengan menikmati udara segar, makanan enak, atau sekadar mengobrol dan bersosialisasi. 

Harus diakui kalau playdate menjadi salah satu cara yang efektif untuk mendukung kebutuhan anak juga orang tua yang mendampinginya, Bun. Meskipun, playdate tentu saja tak perlu terlalu sering dilakukan apalagi kalau sampai memaksakan kemampuan. Sebaliknya, playdate sebaiknya dilakukan sesuai dengan kemampuan dan jangan sampai justru menimbulkan masalah baru. Dengan demikian, playdate tentu akan menjadi momen menyenangkan di luar lingkungan sekolah atau keluarga. 

Apalagi aktivitas ini juga memiliki sejumlah manfaat positif yang akan berdampak baik pada perkembangan sosial, emosional, dan kognitif  si kecil, Bun. Berikut 7 manfaat hebat yang bisa didapat oleh si kecil dari playdate!

Baca juga: 7 Restoran Ramah Anak Ini Cocok untuk Bukber Sekaligus Playdate, Bun!

Bersosialisasi

Playdate memberikan kesempatan bagi anak untuk belajar tentang interaksi sosial. Saat bermain dengan teman sebaya, mereka akan belajar berbagi, bekerja sama, dan memahami pentingnya menghormati pendapat orang lain. Ini tentu saja akan membantu si kecil dalam mengembangkan keterampilan sosialnya.

Kemampuan bahasa

Interaksi dengan teman sebaya selama playdate secara positif akan mendorong anak untuk berbicara dan mendengarkan dengan lebih aktif. Mereka akan belajar menyusun kalimat, mengungkapkan ide, dan mengartikan pesan dari teman-temannya. Semakin banyak si kecil terlibat dalam percakapan, maka akan semakin baik pula kemampuan bahasa mereka berkembang, Bunda.

Kreativitas

Playdate seringkali melibatkan berbagai jenis permainan, mulai dari bermain peran hingga berkreasi dengan mainan. Aktivitas semacam ini akan merangsang imajinasi anak, membantu mereka mengembangkan kreativitas, dan mendorong si kecil untuk berpikir out of the box sejak dini!

Bermain bersama membuat anak lebih kreatif dan berani untuk mengutarakan pendapatnya. | Shutterstock

Menyelesaikan masalah

Saat berinteraksi dengan teman sebaya, kemungkinan terjadinya konflik adalah hal yang wajar. Karena itulah playdate akan mengajarkan anak-anak cara menyelesaikan konflik secara positif, seperti berbicara dengan baik, meminta maaf, dan memahami sudut pandang orang lain. Ini membentuk pondasi untuk keterampilan komunikasi dan empati yang sehat.

Baca juga: 8 Cara Melatih Anak Menjadi Seorang Problem Solver

Percaya diri

Melalui playdate anak akan belajar berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain di luar lingkungan keluarga. Hal ini tentu akan membantu mereka menjadi lebih percaya diri dalam situasi sosial dan mampu beradaptasi dengan lingkungan yang beragam.

Kemampuan motorik

Banyak permainan yang bisa dilakukan selama playdate, Bun. Bagi si kecil, kegiatan yang melibatkan gerakan fisik, seperti berlari, melompat, atau bermain bebas, biasanya akan menjadi kegiatan yang paling disukai. Aktivitas-aktivitas ini lah yang akan membantu meningkatkan keterampilan motorik mereka, baik yang berkaitan dengan koordinasi mata-tangan maupun keterampilan motorik kasar.

Baca juga: Ingin Melatih Ketangkasan, Fokus, dan Motorik Anak? Coba 3 Kegiatan Ini, Bun

Bermain sambil belajar

Playdate juga memberikan kesempatan bagi si kecil untuk belajar sekaligus bermain bersama. Untuk itu, Bunda dapat memilih lokasi atau tempat playdate yang menyediakan kegiatan bersama sesuai kebutuhan, misalnya permainan papan, atau berpetualang di alam.

 

Secara keseluruhan, playdate merupakan cara yang efektif untuk mendukung tumbuh kembang anak dalam berbagai aspek. Melalui interaksi sosial, pembelajaran bahasa, pengembangan kreativitas, hingga pembentukan keterampilan sosial, playdate memberikan manfaat yang berharga bagi perkembangan mereka. Penting bagi orang tua untuk mendukung dan mengawasi aktivitas ini, sambil memastikan bahwa anak-anak merasa aman dan nyaman, serta Bunda maupun Ayah bisa ikut menikmatinya atau bahkan bersantai sejenak.

 

Referensi:

https://www.webmd.com/parenting/what-to-know-about-playdates-kids

https://www.goodhousekeeping.com/life/parenting/a29490284/kids-playdates/

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi