Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

Jadi Makanan Diet Viral, Ini 9 Fakta Menarik Lotus Root Powder (Oufen)

author
Claudia Tari Aplabatansa
Kamis, 21 September 2023 | 10:00 WIB
Lotus Root Powder, makanan diet viral dengan kaya manfaat || Shutterstock |

Tahukah Bunda, belakangan ini ramai dibicarakan makanan diet dengan tekstur slimy yang terbuat dari serbuk akar teratai? Namanya adalah oufen atau lotus root powder, makanan herbal tinggi khasiat yang sangat populer di Tiongkok.

Umumnya cara pembuatan lotus root powder adalah dengan menghaluskan bagian akar teratai kemudian dikeringkan menjadi butiran-butiran halus, lalu dicampur dengan sedikit gula dan buah-buahan kering sebagai penambah rasa manis.

Ternyata selain sebagai makanan diet, lotus root powder juga punya segudang manfaat bagi kesehatan, lho, Bun.

Baca juga: Mengenal Terapi Ayurveda, Dapatkah Menyembuhkan Penyakit Kanker?

9 Fakta Kesehatan Lotus Root Powder

Banyak yang akhirnya tertarik ingin mencoba lotus root powder sebagai asupan diet. Berikut 9 fakta menarik dari lotus root powder:

1. Kaya nutrisi 

Terbuat dari akar tanaman teratai yang banyak nutrisi. Mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, zat besi, serat, kalsium, dan banyak mineral lainnya yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran.

2. Tinggi energi 

Lotus root powder mengandung karbohidrat kompleks yang kaya energi. Cocok untuk orang-orang yang memiliki kebutuhan energi tinggi, seperti atlet atau pekerja dengan aktivitas fisik yang intens.

3. Melancarkan pencernaan

Mengandung serat tinggi yang berguna untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu mengatur gerakan usus dan mencegah sembelit. Selain itu, serat juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

4. Kaya antioksidan

Lotus root powder mengandung banyak antioksidan seperti vitamin C dan polifenol yang sangat bermafaat untuk kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. 

5. Mendukung sistem kekebalan tubuh

Lotus root powder mengandung oligosakarida yang membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang bertanggung jawab untuk melawan infeksi dan penyakit.

6. Bagus untuk program diet

Serat pada lotus root powder membuat kenyang lebih lama. Namun disarankan untuk tetap rutin berolah raga agar berat badan ideal dapat terwujud.

7. Mengatasi masalah pernapasan 

Bahan-bahan yang terkandung di dalam lotus root powder mampu membantu menghilangkan lendir pada sistem pernapasan. Risiko penyakit seperti batuk, asma, dan TBC dapat dikurangi jika rutin mengonsumsi lotus root powder.

8. Mengatas stres

Kandungan vitamin B kompleks dan piridoksin berinteraksi dengan saraf otak sehingga membantu relaksasi suasana hati dan menjaga kesehatan mental. Bahkan makanan ini juga dapat mengatasi sakit kepala akibat stres.

9. Menjaga kesehatan jantung 

Kandungan dari lotus root powder mampu menjaga kesehatan jantung karena tidak mengandung kolesterol, lho, Bun! Ditambah lagi, kalium dan potasium yang ada di dalamnya dapat menurunkan tekanan darah pada tubuh.

Baca juga: Coba, yuk! Baesuk, Ramuan Tradisional Korea untuk Meredakan Batuk dan Flu

Tips Mengonsumsi Lotus Root Powder

Dikenal sebagai bubuk teratai || Shutterstock |

Terdapat beberapa tips mengonsumsi lotus root powder yang sebaiknya dipraktikkan agar khasiatnya maksimal.

1. Sebelum mengonsumsi, lebih baik konsultasikan pada dokter, terutama pada orang-orang yang mengonsumsi obat-obatan rutin atau mengidap penyakit tertentu.

2. Simak petunjuk pada kemasan dengan teliti. Tidak disarankan mengonsumsi lotus root powder sebagai pengganti makanan utama.

3. Pastikan saat menyeduh, proporsi lotus root powder dan air sesuai takaran. 

4. Seduh bubuk dengan air mendidih agar tidak menggumpal. Langsung aduk sampai teksturnya slimy dan berwarna bening, barulah siap disantap.

Baca juga: Bosan Hanya Minum Air Putih saat Diet? Ini 8 Minuman Rendah Kalori yang Baik untuk Diet

Wah, ternyata lotus root powder ini adalah makanan yang kaya akan kebaikan dan manfaat bagi kesehatan tubuh ya, Bun. Bagaimana, Bun, tertarik mencoba? 






Referensi:

https://www.kompas.com/food/read/2022/09/20/120700675/apa-itu-lotus-root-powder-dan-bagaimana-cara-seduhnya-?page=all

https://www.verywellfit.com/lotus-root-nutrition-facts-calories-carbs-and-health-benefits-4772425

https://www.kompas.com/food/read/2022/09/17/180400475/2-cara-makan-bubuk-akar-teratai-saran-dari-ahli-gizi

 

Penulis Claudia Tari Aplabatansa
Editor Ratih Sukma Pertiwi