If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

Bosan Hanya Minum Air Putih saat Diet? Ini 8 Minuman Rendah Kalori yang Baik untuk Diet

author
Ruth Sinambela
Minggu, 23 Juli 2023 | 15:00 WIB
Americano atau kopi hitam tanpa gula | Shutterstock

Menurunkan berat badan bisa sangat menantang terutama saat Bunda merasa bosan atau tidak lagi tertarik dengan menu makanan maupun minuman yang dikonsumsi setiap hari. Padahal, esensi diet sendiri sudah seharusnya melibatkan pola makan yang sehat dan gaya hidup aktif yang terus-menerus.

Tak hanya mengatur makanan dan berolahraga, Bun. Minuman yang dikonsumsi pun menjadi sangat penting dalam program penurunan berat badan. Sayang, ada kalanya Bunda mungkin merasa bosan kalau hanya mengonsumsi air mineral saja. 

Kalau begitu, berikut ini tujuh minuman diet yang direkomendasikan untuk membantu Bunda mencapai BB yang diinginkan saat menjalankan diet sehat dengan lebih semangat dan jauh dari kata bosan!

Baca Juga: Tren Plant Based Diet, Baik untuk Tubuh Jika Dilakukan dengan Tepat

Air putih

Tak dapat dipungkiri air putih adalah minuman paling dasar dan sangat penting dalam program penurunan berat badan. Air membantu menjaga hidrasi tubuh, memperlancar pencernaan, dan membantu proses detoksifikasi. Selain itu, minum air sebelum makan dapat membantu Bunda merasa kenyang lebih cepat dan mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

Green tea | SHUTTERSTOCK

Teh hijau 

Teh hijau telah terkenal karena manfaatnya dalam meningkatkan metabolisme dan membakar lemak. Kandungan katekin dalam teh hijau dapat membantu meningkatkan proses oksidasi lemak, sehingga menjadi pilihan minuman yang baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Teh jahe 

Salah satu minuman yang kaya manfaat untuk program penurunan berat badan. Jahe memiliki sifat termogenik, yang dapat membantu meningkatkan suhu tubuh dan meningkatkan metabolisme. Hal ini dapat membantu membakar kalori lebih efisien.

Jus sayuran hijau

Cobalah jus sayuran hijau seperti bayam, kale, atau seledri yang dicampur dengan buah nanas dan jeruk, Bun. Selain rasanya enak, jus sayuran juga sangat baik sebagai sumber nutrisi yang kaya dan rendah kalori. Juga mengandung serat tinggi yang membuat Bunda merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk makan camilan tidak sehat.

Perasan lemon | Shutterstock

Baca Juga: Berat Badan Ideal Tanpa Diet? Bisa Dengan 10 Cara Ini!

Air lemon 

Mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan proses detoksifikasi tubuh. Air lemon juga dapat membantu mengurangi rasa lapar dan memberikan rasa segar yang menyenangkan.

Air kelapa 

Seperti Bunda ketahui, air kelapa merupakan jenis minuman rendah kalori dan rendah lemak, namun kaya akan elektrolit yang membantu menjaga keseimbangan tubuh. Minuman ini juga mengandung potasium, yang penting untuk menjaga fungsi otot dan menjaga tekanan darah tetap stabil.

Kopi hitam (tanpa tambahan gula dan krim)

Selain dapat menjadi minuman yang membantu program penurunan berat badan. Kafein dalam kopi dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak. Namun, konsumsilah secukupnya dan hindari penambahan gula berlebih yang dapat meningkatkan asupan kalori.

Infuse water | Shutterstock

Infuse water

Apabila jus rasanya lebih sulit dibuat atau Bunda mungkin kurang menyukainya, cobalah alternatif infus air sebagai gantinya. Infus air jeruk nipis dan raspberry tentu akan membantu menghentikan keinginan ngemil yang tidak sehat dan mencegah rasa haus yang diduga karena lapar. Selain itu, infus air jahe, jeruk nipis, mint, dan raspberry juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk membantu melawan peradangan kronis yang terbukti bisa merangsang penambahan berat badan, lho!

Baca Juga: Diet Rendah Karbo Tetap Enak Dengan Shirataki Salmon Mentai

Penting untuk diingat bahwa minuman diet ini akan memberikan manfaat optimal ketika dikombinasikan dengan pola makan sehat dan olahraga teratur ya, Bunda. Hindari minuman yang mengandung gula tambahan atau kalori kosong yang dapat menghambat usaha penurunan berat badan.

Selain itu jangan ragu untuk mencoba kombinasi minuman diet di atas untuk menemukan minuman yang paling cocok dan Bunda sukai. Dengan menjalani diet yang sehat, bernutrisi seimbang, namun tetap enak, maka dapat dipastikan perjalanan diet Bunda akan lebih menyenangkan dan berkelanjutan. Selamat mencoba!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi