If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

Nggak Mudik Lebaran? Coba 6 Kegiatan Antibosan Ini Bersama Anak

author
Bianca Swasono
Senin, 8 April 2024 | 10:00 WIB
Jangan bingung, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan bila tidak mudik | Shutterstock | Shutterstock

Tidak mudik atau berpergian jauh selama libur Lebaran? Bingung kegiatan apa yang menarik untuk mengisi waktu libur? Yuk, cek beberapa ide kegiatan berikut yang bisa dilakukan Ayah, Bunda, dan si Kecil! 

Bagi Ayah, Bunda, dan anak yang tidak ke mana-mana di mudik kali ini, tak perlu berkecil hati. Ada beberapa rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan bersama di rumah maupun di lokasi-lokasi sekitaran Kota Jakarta. Dijamin anak tidak akan mengeluh bosan, dan libur Lebaran pun semakin berkesan. 

1. Kreasi Pottery bersama Kina Art Studio dan Ganara Art Studio

Pottery adalah membuat kreasi dari tanah liat atau clay agar bisa membentuk suatu objek. Objek ini bisa berupa apa saja, tapi biasanya jadi benda semacam gelas, cangkir, tempat menaruh barang, aksesori, atau sekadar hiasan, dan lainnya.  

Kina Art Studio berada di dua lokasi, di Senayan Park lantai 1 dan Lippo Mall Puri lantai 2. Selain pottery, terdapat juga opsi mengecat figurine akrilik. Untuk informasi harga dan kelas, bisa diakses di Instagram @kina.art studio. Ada promo Idulfitri, lho! 

Pilihan lain ada di Ganara Art Studio, yang terletak di Jl. Wijaya V No.6, RT.3/RW.5, Melawai, Kec. Kby. Baru, Jakarta Selatan. Dari tanggal 1 hingga 30 April 2024 terdapat All Day Art Activity di Ganara art FX Sudirman F8. Dapatkan produk skincare gratis bila kamu menghabiskan minimal Rp 150,000, terbatas hanya untuk 300 pembeli pertama! 

2. Berkunjung, Piknik, dan Olahraga Kecil di Tebet Eco Park

Taman Tebet kini telah berganti nama menjadi Tebet Eco Park (TEP). Terletak di Jakarta Selatan dengan area seluas 7,3 hektare, TEP hadir dengan berbagai fasilitas yang ramah anak. Di TEP, kamu bisa piknik di community lawn, jogging, bermain di playground (untuk anak), berjalan menikmati Wetland Boardwalkmain panjat tebing di zona Children Playground, dan lain sebagainya. 

3. Menikmati Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Masih berhubungan dengan alam, kegiatan wisata lain yang dapat dilakukan adalah mengunjungi Taman Wisata Alam Angke Kapuk (TWAAK).  TWAAK terletak di Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Kotamadya Jakarta Utara.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Menarik dan Unik untuk Mengisi Libur Sekolah

Jenis kegiatan wisata yang dapat dilakukan di kawasan TWAAK antara lain:

  • Wisata bahari, dengan menikmati pantai dan perahu wisata
  • Wisata alam, meliputi berkemah, lintas alam, pengamatan flora/fauna serta menikmati keindahan alam
  • Wisata air, meliputi memancing, bersampan dan ski air

Rasakan keseruan bermain board games dengan si Kecil | Shutterstock | Shutterstock

4. Bermain board games: Monopoly, Ular Tangga, Ludo, dan Lainnya

Ajak anak bermain board games bersama! Bermain board games tidak kalah seru dengan bermain game online, dan tentunya bisa lebih mengistirahatkan anak dari terlalu lama menatap layar smartphone, tablet, atau laptop. 

Ayah dan Bunda bisa ikut bermain bersama anak untuk melatih kognitif, fokus anak, dan mematuhi aturan bermain. 

Baca juga: Yuk, Kenalkan Permainan Tradisional pada Anak!

5. Memasak Bersama dan Mengadakan Mini Open House

Tidak ke mana-mana selama libur Lebaran? Jangan khawatir, Ayah dan Bunda bisa ikut mengajak si Kecil untuk memasak bersama. Pelan-pelan mengajari masak makanan yang sederhana, atau sekadar ikut membantu di dapur dan meja makan. Setelahnya, Ayah dan Bunda juga bisa mengundang teman-teman atau tetangga yang ada di sekitar untuk ikut makan bersama di rumah. 

6. Lomba Mewarnai dan Menggambar oleh Faber-Castell Indonesia

Apakah anak Ayah dan Bunda suka menggambar atau mewarnai? Bila usia anak Ayah dan Bunda di atas 3 tahun dan suka menggambar atau mewarnai, mungkin bisa mengikuti lomba yang diadakan oleh Faber-Castell Indonesia. Kegiatan ini bisa menjadi pengalaman yang menarik dan membantu mengasah kemampuan seni anak. 

Baca juga: Manfaat Mewarnai, Terapi Seni yang Baik untuk Kesehatan Mental Bunda juga Si Kecil

Faber-Castell Indonesia mengadakan lomba mewarnai untuk usia 3-12 tahun dan lomba menggambar untuk kategori umum. Lomba berlangsung selama sebulan dari 22 Maret hingga 22 April 2024. Hadiah total senilai Rp 5.000.000 berupa produk Faber-Castell dan sertifikat! Karya bisa dikirimkan sebanyak-banyaknya untuk meningkatkan kesempatan memenangkan hadiah. 

 

 

Sumber:

https://www.instagram.com/kina.art_studio/?hl=en

https://www.instagram.com/fabercastell_id/p/C40h6oBt1fI/

https://www.antaranews.com/berita/3557649/hutan-mangrove-muara-angke-jadi-suaka-di-balik-pencakar-langit-jakarta

https://www.jakartamangrove.id/index.php

 

Penulis Bianca Swasono
Editor Ratih Sukma Pertiwi