For me, motherhood is learning about the strengths I didn’t know I had, and dealing with the fears I didn’t know existed.
Halle Berry

Sudah Tepatkah Cara Kamu Memakai Foundation? Cek 9 Hal Ini!

author
Ratih Sukma Pertiwi
Sabtu, 10 November 2018 | 20:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Foundation terlalu tebal, mudah luntur, atau malah berubah warna setelah dipakai? Jangan-jangan cara kamu memakai foundation belum tepat. Yuk, cek 9 hal ini!

  1. Warna Muda

Bingung memilih antara dua shades foundation? Pilih warna yang lebih muda! Sebab setelah dioles pada wajah, warna foundation akan semakin tua.

  1. Sunscreen

Meski foundation kamu sudah mengandung sunscreen, para dermatologis menyarankan untuk tidak melupakan sunscreen sebelumnya. Pilih yang tidak menyumbat pori dan membuat makeup cakey.

Baca juga: Ikuti Cara Simpan 12 Skincare dan Makeup Ini Agar Manfaatnya Lebih Optimal

  1. Cegah Oksidasi

Setelah dipakai 1-2 jam foundation jadi menggelap bahkan oranye? Pernah mengalaminya. Itu namanya foundation oxidizes.

Bisa disebabkan oleh tiga hal, yaitu kandungan minyak foundation bercampur dengan minyak kulit, foundation tercemar udara luar dan foundation kedaluwarsa.

Hindari foundation oxidizes dengan cara menggunakan primer agar kulit wajah tidak terlalu berminyak dan beri jeda antara pemakaian foundation dan bedak.

SHUTTERSTOCK |

  1. Arah Pemakaian

Gunakan foundation, baik dengan jari atau kuas, ke arah bawah. Kenapa begitu? Sebab jika digunakan sebaliknya justru membuat bulu-bulu halus di wajah semakin terlihat.

  1. Beauty Sponge

Untuk tampilan foundation yang natural, kamu bisa mengaplikasikannya dengan bantuan beauty sponge.

Jangan lupa selalu bersihkan spons setelah pemakaian dengan air hangat dan sabun cair, lalu keringkan dan simpan di wadah yang tidak rapat misalnya wadah sabun batang.

Baca juga: 10 Aturan Pakai Foundation Agar Makeup Terlihat Natural

  1. Cahaya Alami

Sebelum pergi, coba cek tampilan foundation kamu dengan pencahayaan natural. Maka pastikan kamu berdandan di ruangan dengan cahaya cukup. 

Jangan sampai setelah di luar rumah kamu baru sadar foundation yang kamu pakai terlalu tebal atau tidak rata.

SHUTTERSTOCK |

  1. Mulai di Tengah

Selalu mulai menggunakan foundation dari bagian tengah wajah, lalu pulas merata ke arah luar. Trik ini membuat konsetrasi makeup tetap di tengah wajah dan semakin menyamar hingga ke bagian garis rambut.

  1. Jangan Lupakan Leher

Lupa mengaplikasikan foundation di bagian leher bisa menjadi bencana, sebab wajahmu bakal terlihat seperti topeng. Tidak perlu mengoles khusus di bagian leher, cukup pulas merata dari bagian wajah hingga ke leher.

Baca juga: Masker Charcoal untuk Kulit Wajah Lebih Cerah. Bikin Sendiri, yuk!

  1. Ciptakan Glowing Look

Campur beberapa tetes primer oil dengan foundation untuk menciptakan tampilan natural dan lebih glowing.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi