I think a lot about teaching my kids to work hard. I’ve learned something about kids ? they don’t do what you say; they do what you do.
Jennifer Lopez

Cara Memijat Bayi Untuk Pemula

author
Isna Triyono
Rabu, 19 Desember 2018 | 12:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Manfaat memijat bayi sudah banyak diketahui orang. Selain untuk pertumbuhan dan juga imun tubuh yang lebih baik, memijat bayi juga membuat bonding antara ibu dan bayi menjadi lebih kuat.

Sebaiknya, memang orangtua sendirilah yang memijat bayi untuk mendapat hasil maksimal.

Untuk kamu yang belum punya keterampilan memijat bayi, bisa ikuti cara memijat bayi sederhana di bawah ini.

Intinya, lakukan dengan penuh kasih sayang dan ikuti insting, karena ibu pasti tahu yang terbaik untuk bayinya.

Baca juga:  Menindik Ketika Masih Bayi, Ini yang Harus Diperhatikan

Tubuh Bagian Bawah

1. Baringkan bayi di tempat tidur atau kamu juga bisa meletakkan di atas kakimu. Caranya kamu duduk dan bentuk kaki dalam posisi V. Letakkan selimut atau kain tebal sebagai alasnya sebelum meletakkan bayi di atasnya.

2. Pegang bagian telapak kaki bayi dengan satu tangan, sementara tangan lainnya diletakkan di sekitar betis bayi. Lalu dorong telapak kaki bayi perlahan ke arah perut kemudian kembali ke posisi semula. Ulangi beberapa kali dan lalu berganti ke kaki satunya lagi.

3. Ambil sedikit minyak di tangan kamu kemudian oleskan pada jari-jari kaki, punggung kaki dan bagian telapak sambil dipijat lembut. Gunakan ibu jari untuk memijat telapak kaki bayi dengan gerakan dari bawah ke atas.

4. Kemudian bagian paha dan seluruh kaki. Pijat lembut mulai dari paha kemudian perlahan-lahan ke arah jari kaki. Ulangi beberapa kali lalu ganti kaki sebelahnya.

Baca juga: 10 Makanan yang Harus Dihindari Bayi

SHUTTERSTOCK |

Tubuh Bagian Atas

1. Oleskan minyak pada dada dan perut bayi. Lalu pijat mulai dari pundak ke arah dada dan perut bagian atas bayi menggunakan dua tangan sekaligus.

2. Teteskan minyak di telapak tangan kamu, lalu pijat leher bagian samping hingga ke dada.

3. Pijat kedua tangan bayi dari arah samping dengan dua tangan sekaligus. Gerakannya seperti mengusap dari tangan bagian atas hingga ke jari-jarinya.

4. Di bagian perut, cukup memijat dengan gerapan memutar searah jarum jam secara perlahan.

Wajah dan kepala

1. Taruh sedikit minyak di wajah bayi dan gunakan ujung jari kamu untuk memijat wajah dengan lembut. Caranya, pijat mulai dari bagian dahi dengan kedua tangan, kemudian turun ke arah samping wajah dan berakhir di samping bibir.

2. Pijat lagi dimulai dari daerah dagu kemudian buat gerakan menarik ke arah bawah telinga.

Bagian punggung

1. Letakkan bayi dengan posisi tengkurang. Lalu tuangkan sedikit minyak di bagian puggung. Buat gerkan memijat dengan kedua tangan kamu dari bagian pundak, dekat leher hingga ke bagian pantat bayi, kemudian hingga ke ujung kaki.

2. Untuk bagian pantat, urut dengan gerakan mendorong pantat ke atas atau ke arah punggung.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono