Success is not final, failure is not fatal: it is the courage to continue that counts.
Winston Churchill

Tips dan trik Membeli Dekorasi Rumah

author
Isna Triyono
Kamis, 10 Januari 2019 | 12:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Jika enggak tahu tips dan trik saat membeli dekorasi rumah, bisa-bisa dana yang keluar melebihi batas dan banyak yang tidak terpakai.

Menghias rumah memang enggak ada habis-habisnya. Saat di toko yang menyediakan dekorasi rumah, rasanya semua barang ingin dibeli.

Padahal, enggak semua dekorasi rumah yang terlihat lucu, bisa cocok dipajang di rumah kamu.

Nah, berikut ini tips dan trik ketika ingin membeli dekorasi rumah.

Baca juga: 4 Tips Jika Ingin Menggunakan Rak Terbuka di Dapur

1. Mengukur

Ini adalah hal pertama yang harus dilakukan, mengukur tempat atau dekorasi yang ingin dibeli. Misalnya ingin membeli hiasan untuk diletakkan di rak, ukur panjang, lebar atau tinggi dimensi di mana dekorasi akan diletakkan. Catat hasil ukuran ini dan bila perlu, siapkan pita pengukur di dalam tas.

2. Jangan Terpaku Satu Barang

Jika terpaku hanya dengan satu barang yang pasti (merk, warna, bentuk), akan menyulitkan kamu ketika berada di toko dekorasi. Lebih baik, beri pedoman misalnya jenis dekorasi A warna biru. 


3. Sesuai Budget

Pilihan dekorasi dekorasi rumah yang unik namun tetap terjangkau harganya. Jika di satu toko harganya terbilang tinggi, maka perlu waktu untuk browsing di toko mana barang tersebut dibandrol dengan lebih murah.

Membeli barang second pun bisa jadi pilihan yang ekonomis. Cari info soal garage sale.

4. Cek Sekeliling Ruangan Rumah

Perhatikan baik-baik dekorasi yang sudah terpajang di sekeliling rumah. Untuk memberi penyegaran suasana, kadang kita enggak harus beli. Mungkin cukup pindahkan dekorasi ke tempat lain.

Baca juga: 9 Tanaman Hias yang Cocok Untuk Kamar Mandi

SHUTTERSTOCK |


5. Jangan Lupakan Buku

Jangan salah lo, buku juga bisa menjadi salah satu elemen dekorasi di rumah. Letakkan beberapa buku pada rak terbuka, kemudian letakkan juga beberapa hiasan kecil di dekatnya.

SHUTTERSTOCK |


6. Beli yang Benar-Benar Kamu Sukai

Jangan sekali-kali membeli dekorasi sekadar mengikuti tren atau karena ingin segera selesai mendekorasi rumahnya. Pilih dekorasi yang benar-benar kamu sukai dan bertahan sepanjang zaman.

Dan ‘perburuan’ untuk mencari dekorasi yang kamu sukai dan bagus, terkadang enggak tercapai dalam satu kali jalan.

SHUTTERSTOCK |


7. Bentuk dan Ketinggian variasi

Salah satu kiat mendekorasi rumah adalah menggabungkan beberapa variasi ukuran dan ketinggian. Misalnya pilih frame dengan ukuran yang bervariasi untuk memberi kesan tidak kaku.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono