To her, the name of father was another name for love.
Fanny Fern

7 Tips Membereskan Rumah Ala Marie Kondo

author
Isna Triyono
Selasa, 15 Januari 2019 | 18:00 WIB
PINTEREST |

 

Mumpung masih di awal tahun, enggak ada salahnya mmembereskan seluruh isi rumah. Kamu bisa mengikuti tips membereskan rumah ala Marie Kondo ini.

Beberes dan bersih-bersih ala Marie Kondo, penulis buku best seller The Life-Changing Magic of Tidying Up ini bisa kamu jadikan acuan. Sudah banyak orang yang mempraktikkan tips membereskan rumah ala Marie Kondo ini dan rumah mereka bebas dari berantakan.

Kamu mau coba? Tipsnya sederhana dan mudah untuk dipraktikkan lo.

Baca juga: 6 Trik Bikin Laci Lebih Rapi

1. Dilipat Tiga

Ini adalah cara melipat baju, pakaian dalam atau kaus kaki yang bikin laci lemari kamu lebih rapi. Yang perlu kamu lakukan melipat seperti biasa namun setelah baju dilipat memanjang, kemudian lipat menjadi tiga agar bisa ditegakkan di dalam laci.

Dengan melipat seperti cara ini, kamu enggak akan mengacak-acak susunan pakaian ketika ingin mencari baju yang mau kamu pakai. Selain itu, melipat tiga dan meletakkannya secara tegak, menghemat ruangan dalam laci lemari.

SHUTTERSTOCK |

2. Kumpulkan Dalam Satu Tempat

Salah satu tips Marie Kondo yang terkenal adalah mengumpulkan semua pakaian yang kamu punya di satu tempat. Gunanya agar mengetahui apa aja yang kamu miliki dan memberi perspektif soal seberapa banyak barang yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu akan berpikir seribu kali jika ingin membeli barang baru.

3. Apakah Menimbulkan Rasa Bahagia?

Setelah menginventaris semua barang yang kamu miliki, saatnya untuk memilih apakah barang tersebut kayak disimpan atau sudah waktunya dibuang.

Caranya, kamu pegang satu per satu barang tersebut, apakah menimbulkan percikan rasa bahagia. Dengan menyortir barang seperti itu, sama artinya kamu hanya akan dikelilingi oleh barang-barang yang membuat kamu bahagia.

SHUTTERSTOCK |

4. Rapikan Menurut Urutan

Marie Kondo mengenalkan metode merapikan barang sesuai urutan. Marie Kondo menyarankan agar pakaian dan buku yang lebih dahulu dirapikan karena lebih mudah untuk memutuskan tentang jenis barang ini. Kemudian kamu bisa merapikan barang-barang di kamar mandi, dapur, garasi, dan barang-barang lainnya.

Untuk item yang punya sentuhan pribadi, rapikan terakhir karena kamu mungkin butuh pertimbangan lama untuk nasib barang itu, apakah masih menimbulkan rasa bahagia ketika disentuh atau enggak.

5. Semua Barang Punya Tempat

Tip lainnya dari Marie Kondo adalah memastikan ada tempat khusus untuk setiap barang di rumah kamu. Ini bertujuan agar ketika kamu mencari sesuatu, bisa langsung menemukannya dan bisa cepat mengetahui jika barang milikmu ada yang hilang atau terselip.

Baca juga: Tips dan trik Membeli Dekorasi Rumah

6. Hargai Barang-Barang

Meluangkan waktu untuk 'menyapa rumahmu' terdengar sangat gila tetapi di setiap episode di Netflix, Marie Kondo duduk diam dan seperti memberikan penghormatan kepada rumah dan berterima kasih atas apa yang telah diberikan kepada pemiliknya.

7. Tetap Fokus Pada Barang-barang Sendiri

Alih-alih pusing memikirkan barang teman sekamar yang berantakan atau mainan anak yang berserakan, lebih baik tetap fokus dengan kerapihan barang sendiri. Kamu bisa mengajak anak berpartisipasi membereskan isi rumah dan mainan mereka sehingga timbul rasa tanggung jawab atas barang mereka sendiri.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono