You have a lifetime to work, but children are only young once.
Polish Proverb

Begini, Lo, Cara Tepat Turunkan Kolesterol

author
Hasto Prianggoro
Minggu, 27 Januari 2019 | 18:25 WIB
| SHUTTERSTOCK

Kolesterol tinggi berkaitan dengan berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan obesitas. Bagaimana cara menurunkan kadar kolesterol, simak tips berikut ini.

Kolesterol tinggi merupakan masalah kesehatan yang makin banyak jumlah penderitanya. Meningkatnya kadar kolesterol jahat merupakan penyumbang utama serangan jantung dan penyakit jantung lainnya.

Menurunkan kadar kolesterol bukan hal yang mudah, namun dengan mengubah gaya hidup dan konsumsi makanan tertentu, kadar kolesterol bisa dikurangi secara signifikan. Stroberi, misalnya, adalah makanan terbaik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

| SHUTTERSTOCK
Buah berwarna merah yang rasanya manis asam ini memiliki banyak kandungan yang bagus bagi tubuh, di antaranya Vitamin C, asam folat, serat, dan lainnya. Kandungan-kandungan ini membantu mengatur kadar kolesterol. Secara umum, konsumsi buah-buahan memang merupakan cara tepat untuk menurangi kadar kolesterol.

Selain buah-buahan, konsumsi ikan salmon, oatmeal, dan buah kering juga bagus untuk menurunkan kadar kolesterol. Tak hanya menjaga kadar kolesterol, makanan-makanan ini juga membantu menurunkan berat badan. Obesitas berkaitan erat dengan kolesterol tinggi. Penurunan berat badan akan secara otomais mengurangi kadar kolesterol.

Baca juga:   Orgasme Bikin Kulit Lebih Sehat, Lo

Tak hanya berat badan yang harus dijaga, konsumsi makanan yang mengandung lemak pun sebaiknya dikurangi. Misalnya saja daging berlemak dan kuning telor. Ganti mentega dengan margarin yang lebih sehat, meskipun jumlah penyajiannya tetap harus dikontrol. Margarin terbukti mampu mengurangi kadar kolesterol total dan kolesterol jahat. Cokelat juga bisa menjadi pilihan karena sangat membantu menurunkan kadar kolesterol. Tapi, pilih dark chocolate atau cokelat yang rasanya pahit. Jumlah asupannya tak lebih dari 30 gram sehari. 

| SHUTTERSTOCK
Selain itu, olahraga rutin juga harus dilakukan untuk menjaga kadar kolesterol agar tidak menanjak naik, khususnya LDL alias kolesterol jahat. Tak perlu lari berkilo-kilo atau berjam-jam, yang penting pilih olahraga yang membuat jantung tetap mampu memompa darah dengan lancar. Misalnya, treadmill selama 15 menit atau yoga pun cukup, kok.  

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro