For me, motherhood is learning about the strengths I didn’t know I had, and dealing with the fears I didn’t know existed.
Halle Berry

7 Cara Redakan Sakit Pinggang Saat Hamil

author
Isna Triyono
Senin, 4 Februari 2019 | 17:10 WIB
SHUTTERSTOCK |

Salah satu keluhan yang banyak dialami ibu hamil adalah sakit pinggang.

Bisa dibilang, sakit pinggang hampir dialami oleh semua ibu hamil, terutama pada trimester kedua dan ketiga.

Penyebab sakit pinggang antara lain karena bayi yang semakin membesar dalam perut, pertambahan berat badan, stress, dan perubahan hormon.

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meredakan sakit pinggang saat hamil, antara lain:

Baca juga: 5 Makanan yang Harus Dihindari Setelah Alami Keguguran

1. Jangan Duduk atau Berdiri Terlalu Lama

Jika kamu duduk atau berdiri terlalu lama, usahakan untuk mengubah posisi atau berjalan setiap satu jam sekali selama 10-15 menit.

2. Gunakan Bantal
Tanpa disadari biasanya kamu akan duduk atau berdiri lebih tegak untuk mengimbangi perat perut. Sebaiknya gunakan bantal kecil untuk menyangga bagian punggu ketika kamu duduk.

3. Sabuk Hamil

Gunakan sabuk hamil yang bisa membantu menyangga perat perut dan pinggang. Selain membantu mengurangi sakit pinggan, sabuk hamil juga bisa memberi kamu rasa nyaman saat duduk atau berjalan.

4. Olahraga Ringan

Selain untuk kebugaran tubuh, rutin melakukan olahraga ringan juga bisa meredakan sakit pinggan. Pilihan terbaiknya adalah berenang karena bisa meregangkan bagian pinggang. Kamu juga bisa memilih jalan santai atau yoga.

5. Hindari Gerakan Membungkuk

Kamu mungkin berpikir untuk membungkuk untuk mengurangi rasa sakit dan pegal di pinggang. Namun gerakan membungkuk justru akan membuat pinggang mengalami tekanan yang lebih besar ketika kamu kembali ke posisi tegak.

Baca juga: Kaki Bengkak Saat Hamil, Ini Tips Mengatasinya

SHUTTERSTOCK |


6. Beri Pijatan atau Usapan Lembut

Kamu bisa minta pasangan untuk memberi pijatan atau usapan lembut di bagian pinggang sebelum tidur malam. Pijatan dan usapan lembut ini sedikit banyak bisa membuat otot pinggang lebih rileks dan tidak kaku.

7. Tidur Dengan Posisi Miring

Posisi miring saat tidur bisa membuat otot pinggang ‘istirahat’ dari menopang perut. Kalau perlu, beri bantal kecil di belakang pinggang agar semakin nyaman.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono