When I come home, my daughter will run to the door and give me a big hug, and everything that’s happened that day just melts away.
Hugh Jackman

9 Momen Tumbuh Kembang Si Batita

author
Hasto Prianggoro
Jumat, 22 Februari 2019 | 10:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Usia batita tahun merupakan puncak masa tumbuh kembang seorang anak. Di usia ini anak sedang asyik mengeksplorasi dunianya dan mulai menguasai berbagai keterampilan, baik keterampilan motorik, kognitif, maupun verbal. Bagi orang tua, masa-masa ini merupakan masa-masa paling indah sekaligus mendebarkan.

 

1. Mulai bisa menari

Di usia ini anak mulai bergerak setiap kali mendengar irama atau musik. Gerakan-gerakan lucu mereka muncul secara alamiah. Antusiasme mereka juga patut diacungi jempol, begitu musik berbunyi, tubuh mereka pun langsung bergerak.

2. Bermain tarik dorong mobil

Permainan tarik dorong mobil-mobilan menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi anak usia 2 tahun. Selain menyenangkan, permainan ini juga membantu anak melatih kontrol dan keseimbangan mereka.

3. Makan lebih bervariasi

Di usia ini anak mulai menikmati menu makanan yang lebih bervariasi. Mereka akan menjadi seorang penikmat makanan yang menggemaskan. Momen-momen ini juga menjadi saat yang paling ditunggu orang tua untuk memfoto dan memposting foto anak yang sedang meringis karena rasa asam makanan.

| SHUTTERSTOCK

4. Belajar berkomunikasi

Anak-anak usia 2 tahun mulai memahami komunikasi verbal meskipun belum bisa berbicara. Mereka juga memahami komunikasi nonverbal melalui gerak tangan dan tubuh. Komunikasi nonverbal ini membantu anak mengembangkan keterampilan kognitifnya.

5. Mengikuti perintah

Anak mulai memahami instruksi yang diberikan orang tua. Perintah-perintah sederhana seperti “Ambil bolanya,” “Duduk di kursi,” dan lain-lain mulai bisa diikuti anak dan merupakan fase penting dalam tumbuh kembang anak.

6. Tahu nama-nama anggota badan

Anak mulai memahami nama-nama anggota badan, seperti “Hidungnya mana?”, “Pegang kupingnya ya..,” dan sebagainya. Kemampuan mengetahui nama-nama anggota badan ini akan membuat kepercayaan diri anak meningkat.

Baca juga: Anak Pakai Baju Sendiri, Begini Yang Harus Bunda Lakukan

7. Senang naik turun tangga

Bagi anak, naik turun tangga merupakan permainan yang sangat menantang dan menyenangkan. Keberhasilan naik tangga sudah merupakan “kemenangan” bagi anak, meski orang tua terkadang waswas, takut anak terjatuh saat naik turun tangga.

8. Bisa memegang sendok

Anak-anak usia 18 bulan sampai 2 tahun mulai bisa memegang peralatan makan seperti sendok, garpu, juga gelas. Sebaiknya, sediakan sendok atau garpu dari bahan yang aman bagi anak.

9. Peniru yang hebat

Anak usia ini juga mulai senang menirukan tingkah polah orang dewasa di sekitarnya. Jangan kaget ketika suatu ketika anak terlihat sedang bergaya seperti sedang menelepon, menirukan gaya bicara orang tua, duduk dengan gaya orang dewasa dan sebagainya.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro