When I come home, my daughter will run to the door and give me a big hug, and everything that’s happened that day just melts away.
Hugh Jackman

3 Jenis Skincare Untuk Merawat Kulit Berpori-pori Besar

author
Ratih Sukma Pertiwi
Jumat, 28 Juni 2019 | 20:00 WIB
Pori-pori besar | SHUTTERSTOCK

Kulit wajah berpori-pori besar lebih berisiko komedo dan jerawat. Jangan hanya ditutupi dengan makeup, tetapi rawatlah kulit berpori-pori besar dengan skincare yang tepat. Berikut tiga jenis skincare yang bisa kamu pakai.

Pori-pori kulit punya fungsi vital bagi keseluruhan metabolisme tubuh. Namun bagaimana jika pori-pori kulit kamu besar dan kerap tersumbat kotoran, minyak dan sel-sel kulit mati sehingga memicu jerawat dan komedo? Perfect skin goals, bisa jadi hanya mimpi.

Tidak perlu khawatir berlebih. Punya pori-pori kulit besar memang sudah tidak bisa dipungkiri, tetapi bukan berarti tidak ada solusi. Untuk mengurangi risiko tampilan kulit wajah berminyak dan kusam, serta tekstur kulit kasar karena sumbatan kotoran di pori-pori, gunakan tiga jenis skincare ini.

1.Clay Mask Seminggu Sekali

Semakin banyak minyak dan kotoran di pori-pori, semakin besar pori-pori akan terlihat. Jadi sebaiknya selalu pastikan kulit wajah selalu bersih.

Gunakan clay mask seminggu sekali yang berfungsi untuk mengeluarkan toksin dan kotoran dari kulit. Kamu bisa pilih kaolin clay atau bentonite clay yang meminimalkan tampilan pori-pori, membantu membersihkan sel-sel kulit mati dan menyrap kelebihan minyak.

Baca juga: Bentonite Clay dan 7 Manfaatnya untuk Kecantikan Kulit Wajah

Clay mask | SHUTTERSTOCK

2.Retinol di Malam hari

Bentuk dari vitamin A ni dikenal kaerna kemampuannya meningkatkan kemampuan sel-sel kulit beregenerasi dan menstimuli produksi kolagen. Retinol juga membantu mengontrol produksi minyak sehingga tidak berlebihan yang membuat pori-pori terlihat lebih besar.

Gunakan retinol pada rutinitas skincare kamu setiap malam. Untuk pemula, cukup gunakan krim atau serum retinol tiga hari sekali lalu perlahan ditingkatkan hingga menjadi setiap hari. Jangan lupa memakai sunscreen pada pagi harinya.

Baca juga: Sunscreen SPF Berapa yang Sebaiknya Dipakai?

Sunscreen | SHUTTERSTOCK

3.Jangan Pernah Lupakan Suncreen

Kulit yang tidak diproteksi sunscreen ketika terpapar matahari membuat pori-pori akan bertambah besar. Kok bisa? Sinar matahari bisa mengurangi produksi kolagen, yang artinya kulit akan berkurang elastisitas dan pori-pori membesar.

Jadi jangan pernah lupa menggunakan sunscreen broad spectrum setiap hari meski beraktivitas di dalam ruangan. Pilih tekstur sunscreen yang cocok untuk kulit kamu. Untuk yang berkulit berminyak, misalnya pilih yang watery based. Untuk yang berkulit sensitif, pilih ang non perfumed.

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi