I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

Coba Cek, Arti 8 Letak Jerawat di Wajah

author
Ratih Sukma Pertiwi
Minggu, 22 Desember 2019 | 12:00 WIB
Ternyata penyebab jerawat bisa diketahui dari letak jerawat di wajah. | SHUTTERSTOCK

 

Ternyata kita bisa mengetahui penyebab jerawat berdasarkan letaknya di wajah. Jadi langsung pengin ngaca, ah!

Kesal karena jerawat nggak hilang-hilang dari area wajah. Terkadang muncul di pipi, di dagu, di hidung, bahkan di sekitar dahi dekat garis rambut.

Jerawat bisa disebabkan oleh beragam hal, mulai dari kurangnya kebersihan kulit wajah, pemakaian skincare yang tidak cocok, masalah hormonal seperti stres, pra menstruasi, atau pubertas, pemakaian obat-obatan tertentu, dan sebagainya.

Dan meski tidak 100% tepat, ternyata kita bisa mengetahui apa penyebab jerawat berdasarkan letaknya di wajah.  Mau tahu?

1.Dahi dan Sekitar Garis Rambut

Bisa jadi kamu kurang menjaga kebersihan di area tersebut, misalnya saat membersihkan wajah area tersebut terlewatkan. Atau, bisa jadi pemakaian sampo yang kurang cocok atau residu sampo. Potongan rambut, misalnya berponi, atau pemakaian hijab juga memengaruhi munculnya jerawat di area tersebut.

Jika kemunculannya cukup sering, bisa juga itu pertanda pencernaan bermasalah. Coba kurangi makanan tidak sehat, seperti junk food atau gorengan.

2.Antara Alis

Jerawat di antara alis bisa disebabkan adanya masalah pada liver. Cukupi tidur 8 jam sehari dan hindari makanan berbasis susu atau alkohol.

Baca juga: Atasi Jerawat di Dada Dengan 7 Bahan Alami Ini

3.Bawah Mata

Coba perhatikan, di bagian bawah mata kadang suka muncul jerawat-jerawat kecil. Itu bisa pertanda ginjal kamu kurang sehat. Coba cukupi asupan air 8 gelas per hari, serta konsumsi sayuran dan buah-buahan.

Jerawat di bawah mata juga bisa disebabkan tumpukan sisa makeup, seperti foundation, bedak, atau makeup mata yang luput dibersihkan. Coba gunakan makeup remover yang aman digunakan di area sensitif seperti bawah mata, ya.

4.Hidung

Jerawat di hidung bisa dibilang paling bikin kesal, apalagi jika letaknya di ujung hidung sehingga sulit disamarkan. Hati-hati, jerawat di hidung bisa indikasi jantung kurang sehat atau hipertensi. Yuk, mulai rajin berolahraga, batasi makanan berlemak tak sehat, perbanyak sayur dan buah.

5.Telinga

Tiba-tiba muncul jerawat di pinggir, belakang, bahkan area dalam telinga. Tandanya tubuh kamu mengalami dehidrasi, tuh. Coba hitung, sudah berapa gelas air putih yang kamu minum hari ini.

Yuk, letakkan tumbler transparan yang cukup besar berisi air putih di atas meja kerja sebagai pengingat. Boleh juga mengonsumsi sayuran dan buah yang banyak mengandung air, seperti semangka, jeruk, melon, stroberi.

Baca juga: 6 Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

6.Pipi

Pipi merah merona karena jerawat bisa bikin mood drop seharian. Coba cek, apakah handuk, sarung bantal, sarung guling, sprei, handphone kamu sudah cukup rutin dibersihkan. Meski terkesan sepele, bakteri dari barang-barang tersebut bisa pindah dengan mudah ke pipi kamu.

7.Dagu dan Rahang

Stres dan banyak pikiran bisa membuat hormon tidak seimbang. Jerawat pun bisa muncul di area ini. Yuk, selalu berpikir positif agar pikiran lebih tenang. Bisa juga kamu mencoba meditasi, yoga, atau sekadar streching di pagi hari untuk merelaksasi tubuh dan pikiran.

8.Menyebar

Jika jerawat cenderung menyebar ke seluruh wajah, seperti pipi, hidung, dahi, dan tidak memiliki mata serta terlihat meradang, bisa jadi disebabkan penggunaan makeup yang salah atau berlebihan, serta paparan debu.

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi