To her, the name of father was another name for love.
Fanny Fern

Kenapa Bunda Gampang Ngantuk Saat Menyusui?

author
Ratih Sukma Pertiwi
Selasa, 21 Januari 2020 | 12:00 WIB
Rasa ngantuk saat menyusui bisa disebabkan faktor kelelahan atau pelepasan hormon. | SHUTTERSTOCK

Saat sedang menyusui si Kecil Bunda seringkali menguap dan mata terasa sangat berat. Tidak jarang sampai ketiduran, lho. Padahal sebelumnya Bunda masih bisa beraktivitas normal. Pernah mengalaminya, Bun?

Ini juga yang jadi alasan banyak busui, terutama ibu-ibu baru, memilih posisi tiduran sebagai posisi favorit menyusui si Kecil. Bisa sambil curi-curi waktu memejamkan mata sejenak. Iya, kan, Bun?

Tetapi kenapa, ya, serangan mengantuk bisa tiba-tiba datang ketika sedang menyusui? Kelelahan dan kurang tidur bisa jadi faktor pemicu utama Bunda sering mengantuk saat sedang menyusui.

Namun selain itu ada dua penyebab lain yang membuat Bunda gampang ngantuk saat menyusui, yaitu:

1.Pelepasan Hormon Oksitosin

Dikutip dari Healthline, ketika menyusui tubuh Bunda merasa tenang dan memiliki bonding kuat dengan si Kecil.

Hal ini terjadi karena tubuh mengalami pelepasan hormon oksitosin, yaitu hormon cinta yang menimbulkan perasaan positif, nyaman, dan rileks.

2.Pelepasan Hormon Prolaktin

Pada masa kehamilan hingga menyusui, tubuh bumil melepaskan hormon prolaktin yang membantu produksi ASI. Pada masa awal menyusui kadar hormon prolaktin sangat meningkat dan akan normal setelah beberapa bulan menyusui.

Hormon prolaktin juga membantu meningkatkan sistem kekebalan dan metabolisme tubuh, menjaga kadar cairan tubuh, serta membuat tubuh merasa lebih nyaman dan rileks.

Baca juga: Jangan Khawatir Bunda, Ini 7 Tips Sukses Menyusui Dengan Puting Datar

Meski kondisi ini wajar, tetapi Bunda tetap harus berhati-hati saat menyusui bayi. Jangan sampai saat Bunda ketiduran justru mencelakai bayi, misalnya bayi tertindih atau terjatuh.

Jika menyusui sambil tiduran, coba ganjal kepala Bunda dengan bantal yang cukup tinggi. Jika sambil duduk, Bunda mungkin bisa menggunakan gendongan.

Ada juga cara lain yang bisa dicoba agar Bunda tidak mengantuk saat menyusui:

1.Sambil Ngemil

Pastikan camilan yang praktis, sehat, dan tidak mengganggu aktivitas menyusui si kecil.

2.Air Putih Hangat

Setiap terasa ngantuk, coba Bunda minum air putih hangat yang sudah disiapkan di dekat Bunda. Selain mengembalikan cairan tubuh yang hilang, kadar oksigen akan bertambah sehingga rasa kantuk berkurang.

Baca juga: 5 Kesalahan Menyimpan ASI Perah yang Tanpa Sadar Sering Dilakukan

3.Alihkan Dengan Hiburan

Bunda bisa menyusui sambil menyetel musik yang disukai, menonton serial favorit, atau justru ajak si Kecil ngobrol sambil mengusap—usap lembut tubuhnya.

4.Nutrisi Bergizi

Makanan bergizi seimbang sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh Bunda dan bayi.

5.Pasang Alarm

Bisa juga Bunda memasang alarm dalam volume rendah sehingga tidak mengganggu si kecil.

6.Minta Bantuan Pasangan

Meminta bantuan pasangan atau keluarga yang ada di rumah untuk menemani atau mengecek saat Bunda sedang menyusui. Bisa juga meminta bantuan mereka menjaga si kecil saat Bunda butuh istirahat.

 

Yuk, coba praktikkan, Bun!

 

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi