Think like a queen. A queen is not afraid of fail. Failure is another stepping stone to greatness.
Oprah Winfrey

Sekolah Diliburkan, Ini 10 Aktivitas Seru Buat Anak di Rumah

author
Ratih Sukma Pertiwi
Selasa, 17 Maret 2020 | 17:00 WIB
Yuk, ajak anak "bermain" di dapur! | SHUTTERSTOCK

 

Di beberapa daerah di Indonesia, sekolah diliburkan selama dua minggu terkait penyebaran virus corona. Yuk, lakukan beragam aktivitas seru agar anak nggak bosan selama di rumah. Bisa cegah penyakit sekaligus perkuat bonding dengan anak. Setuju?

 

ANAK 3-5 TAHUN

 

1.Menari dan Menyanyi

Agar anak tidak bosan di rumah, ciptakan suasana ceria dan menyenangkan. Misalnya, setel video atau musik kesukaan si kecil, lalu ajak anak bermain sambil menari dan menyanyi.

| SHUTTERSTOCK

 

2.Hide and Seek

Petak umpet selain menyenangkan, itung-itung berolahraga. Tapi perhatikan juga space di rumah apakah mungkin digunakan untuk bermain.

Boleh juga bermain di halaman depan di pagi hari sambil berburu sinar matahari pagi yang baik untuk kesehatan tulang dan daya tahan tubuh.

 

3.Puzzle

Permainan puzzle sangat bagus untuk melatih saraf-saraf motorik halus anak, serta belajar mengenali warna serta bentuk.

Ada beragam bahan puzzle, seprti soft puzzle, karton, balok, beads, dan sebaganya. Agar tambah semangat pilih gambar yang disukai anak, misalnya hewan peliharaan, buah-buahan, dan sebagainya.

 

4.Bermain Peran

Bagi anak usia 3-5 tahun bermain peran sangat menyenangkan. Ajak anak bereksplorasi sesuai imajinasinya, misalnya menjadi dokter, koki, tokoh kartun favoritnya, bahkan hewan peliharaan. Ah, pasti lucu melihat tingkahnya.

| SHUTTERSTOCK

 

5.Art Corner

Bunda bisa mengajak anak melukis, membuat craft sederhana,  membuat play dough atau slime sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang aman bagi anak yang tutorialnya bisa dilihat di youTube.

| SHUTTERSTOCK

 

Baca juga: Merangsang Kreativitas Anak, Simak 6 Ide Aktivitasnya

 

ANAK 6-12 Tahun

 

1.Board Games

Siapkan aneka board games dan luangkan waktu mainkannya bersama anak, seperti ular tangga, monopoli, kartu uno, jenga, boggle, dan sebagainya.

Selain menantang, board games juga merangsang kecerdasan anak dan kemampuan problem solving-nya.

 

2.Berkebun, Yuk!

Bosan di dalam rumah? Saatnya berkegiatan di halaman rumah, misalnya berkebun atau merawat tanaman.

Ajak anak menyapu kebun, menyiram tanaman, membuang bagian-bagian daun yang kering, memberi pupuk, atau memindahkan tanaman ke tempat yang terkena cahaya matahari. Jangan lupa cuci tangan, mandi, dan mengganti baju jika kotor.

| SHUTTERSTOCK

 

3.Mari Memasak

Anak usia SD sudah bisa diajak bermain di dapur. Biarkan anak membantu memilih menu, mempersiapkan bahan makanan, dan membantu proses memasak sesuai kemampuannya. Pastikan juga kondisi dapur aman bagi anak, ya, Bun.

Anak bisa diberi tugas mencuci sayuran, mengaduk adonan, mencetak adonan, menakar tepung, memberi taburan, menyiapkan makanan di meja makan, sebagainya. Pasti jadi pengalaman baru yang menyenangkan bagi anak.

 

4.Percobaan Sains Sederhana

Membuat roket dari botol air mineral, percobaan gunung berapi, mengembangkan balon dengan baking soda dan cuka, dan sebagainya. Semuanya sangat menyenangkan!

 

5.Berburu Harta Karun

Buat peta harta karun di dalam rumah dan minta anak untuk memecahkan misterinya. Selipkan catatan kejutan di masing-masing titik, misalnya “Kamu bisa menemukanku di tempat menyimpan sepatu” atau “Aku tersembunyi di tempat butiran putih yang rasanya asin.” Pada akhirnya di titik terakhir Bunda bisa meletakkan hadiah kecil yang akan membuat anak melonjak kegirangan.

 

Kira-kira mana yang jadi favorit si Kecil?

 

 

 

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi