Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

Ini Perkiraan Masa Hidup Virus Corona di Kardus Hingga Baju

author
Ratih Sukma Pertiwi
Jumat, 27 Maret 2020 | 18:00 WIB
Kardus pun bisa menjadi rumah bagi virus corona. | SHUTTERSTOCK

 

Bunda, ternyata virus corona bisa bertahan hidup pada permukaan benda-benda di sekitar kita, termasuk yang ada di dalam rumah.

Meski kita sudah #DirumahAja, bukan berarti kita hanya berdiam diri. Tetap jagalah kebersihan diri, terutama rutin mencuci tangan dengan air dan sabun, serta melakukan bersih-bersih rumah secara teratur dengan disinfektan.

Sebab ternyata cara penularan virus corona bukan hanya melalui droplet (batuk, bersin) serta bersentuhan langsung, lho. Virus bandel ini bisa saja menempel di berbagai permukaan benda di sekitar kita, dan kita bisa tertular jika ikut menyentuh benda tersebut kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata sebelum mencuci tangan.

Yuk, ketahui berapa, sih, perkiraan umur virus corona ini saat menempel pada permukaan benda agar Bunda bisa mencegah penyebaran virus corona lebih luas.

1.Kardus atau Karton

Studi National Institutes of Health (NIH) AS menemukan virus bisa bertahan pada permukaan kardus atau karton hingga 24 jam.

Jadi kalau kamu habis terima paket, segera buang kardus atau karton pembungkus paket dan cuci tangan hingga bersih.

 

Baca juga: Cara Belanja Aman Di Supermarket Supaya Terhindar Dari Virus Corona

 

2.Kertas

Sementara The Journal of Hospital Infection mengklaim daya hidup virus corona di atas permukaan kertas, misalnya buku, dokumen kertas, atau uang kertas, bakal lebih lama, yaitu 4-5 hari. Jadi kalau habis pegang uang kembalian belanja, langsung cuci tangan, ya.

Virus Corona | SHUTTERSTOCK

 

3.Udara

Penelitian New England Journal of Medicine menemukan, virus corona bertahan selama 3 jam setelah dikeluarkan melalui batuk atau bersin ke udara.

4.Plastik

Virus corona bisa bertahan hingga 2-3 hari di atas permukaan plastik atau dilapisi plastik. Nah, sudah saatnya, nih, mencegah penyebaran corona sekaligus minimalisir penggunaan plastik.

 

Baca juga: Orang Tua, Lakukan 8 Hal Ini Untuk Lindungi Anak dari Virus Corona

 

5.Stainless Steel

Rajin-rajin membersihkan pegangan pintu, anak kunci, dan perabot dapur, ya, Bunda sebab virus corona bisa bertahan lebih di atas permukaan datar, keras, dan tak berpori seperti stainless steel atau baja hingga 3-4 hari.

6. Pakaian

Umur virus corona pada permukaan kain atau permukaan lembut belum diteliti secara khusus. Tetapi beberapa pakar menyebutkan, virus corona pada pakaian bisa bertahan dalam hitungan jam hingga hari tergantung dari jenis bahan atau kainnya.

Robert Amler, dari New York Medical College mengatakan, serat dalam bahan yang berpori menangkap partikel virus, mengeringkan lalu memecahnya. Sehingga bahan seperti polyester atau spandex bisa dihinggapi virus lebih lama dibanding bahan yang lebih berpori seperti katun.

 

Pakaian pun bisa menjadi rumah virus. | SHUTTERSTOCK

 

7.Perabot Kayu dan Kaca

Bersihkan secara rutin perabot kayu dan kacadi rumah agar tidak jadi tempat bersarang virus corona. Hati-hati, menurut The Journal of Hospital Infection material kayu dan kaca bisa jadi rumah virus corona selama 4 hari, lho!

 

Lalu bagaimana mencegah penyebaran virus corona yang menempel pada benda di sekitar kita? Dilansir dari BBC, virus corona pada permukaan benda dapat dimatikan dalam waktu satu menit dengan paparan suhu tinggi atau pemakaian desinfektan dengan kandungan alkohol 62-71 persen atau pemutih hidrogen peroksida 0,5 persen.

Ayo cegah penyebaran corona lebih luas dengan rutin membersihkan benda-benda di sekitar kita!

 

 




 

 

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi