A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

Pemberian Vaksin Sinovac untuk Anak Usia 6 – 11 Tahun, Resmi Dimulai!

author
Ruth Sinambela
Rabu, 15 Desember 2021 | 11:22 WIB
Pemberian Vaksin Covid-19 untuk Anak Berusia 6-11 Tahun Sudah Dimulai | Shutterstock

 

Kabar baik untuk Bunda dan si kecil di penghujung tahun 2021! Pemberian vaksin covid-19 untuk anak berusia 6 – 11 tahun, sudah resmi dimulai!

Berdasarkan data Kemenkes, sebanyak 26,8 juta anak usia 6-11 tahun akan diberikan vaksin covid-19 secara bertahap. Tahap pertama vaksinasi akan dilaksanakan di provinsi dan kabupaten/kota dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis satu di atas 70 persen dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60 persen. Diantaranya Banten, Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, dan Bali.

 Baca Juga: Perlukah Masyarakat Umum Mendapatkan Vaksin Booster Dosis Ketiga?

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pembukaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun akan dimulai di tiga lokasi di Jakarta, Depok dan Tangerang Selatan. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di tiga lokasi tersebut rencananya akan dihadiri Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono.

Kota Makassar belum bisa melakukan vaksin anak 

Terkendala pemberian vaksin untuk lansia yang belum mencapai target, yaitu baru mencapai 42 persen, yang seharusnya di atas 60 persen, membuat kota Makassar masih harus menunggu keputusan dari Kementrian Kesehatan mengenai pemberian vaksin untuk anak 6 – 11 tahun.

 

Kemenkes Mengarahkan agar Mulai Kini Vaksin Sinovac Hanya Digunakan untuk Anak-Anak | Shutterstock

Jenis vaksin yang dipakai

Dalam keterangannya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebutkan, bahwa vaksin yang akan digunakan dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun, adalah vaksin Sinovac. Juga ke depannya vaksin Sinovac hanya akan diberikan untuk anak-anak. Sedangkan mengenai jarak penyuntikan dan dosis yang digunakan, ia mengatakan, bahwa perlakuannya sama seperti kelompok dewasa yaitu 4 minggu untuk jarak penyuntikan vaksin ke-2, dengan dosis vaksin masing-masing sebanyak 0,5 mili.

Baca Juga: Mengapa Vaksin Covid-19 Harus DIberikan 2 Kali?

Lokasi pemberian vaksin

Bagi Bunda yang memiliki anak berusia 6 – 11 tahun, hanya tinggal menunggu saja si kecil divaksin di sekolah masing-masing. Walau begitu, apabila Bunda ingin sesegera mungkin mendapatkan vaksin untuk si kecil, Bunda bisa mendaftarkannya di pusat-pusat vaksin di daerah Bunda yang tersebar di puskesmas, Rumah Sakit Umum, pelayanan kesehatan, dan Instansi atau Lembaga lain yang ikut pula berpartisipasi dalam pemberian vaksin anak, termasuk pos-pos pelayanan vaksinasi di tingkat RT/RW.

 Baca Juga: Wajib Baca! 7 Hal Penting Seputar Vaksinasi Covid-19

Dua tahun sudah Bunda dan keluarga berjuang bersama-sama dalam melawan pandemi. Tentu langkah awal pemberian vaksin anak-anak ini memberi angin segar untuk Bunda dan keluarga. Terimakasih yang tak terhingga Kanya sampaikan pada setiap Bunda, yang telah berperan besar dalam menjaga, juga merawat keluarga tercinta di masa pandemi. Tetap patuhi prokes kapanpun dan dimanapun berada ya, Bun. Bunda hebat, semangat!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela