Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

8 Tanda Suami Selingkuh

author
Ruth Sinambela
Rabu, 5 Januari 2022 | 11:41 WIB
Hati-hati Perselingkuhan Ini Ciri-cirinya Bunda | Shutterstock

Sudah nonton serial “Layangan Putus” belum, Bun? Mengangkat topik tentang perselingkuhan, kisah Layangan Putus menarik banyak penonton karena jalan ceritanya yang merupakan kisah nyata dari sang penulis, Mommy ASF.

Kasus perselingkuhan rupanya meningkat seiring semakin banyaknya pemberitaan yang terdengar di televisi, maupun media sosial akhir-akhir ini. Bukan hanya itu, media sosial seperti telah menjadi wadah korban perselingkuhan untuk menyuarakan kesedihan dan kegelisahan hatinya ya, Bun. 

Baca Juga: Ups, 5 Zodiak ini Punya Kecenderungan Selingkuh

Di sisi lain, tak dapat dipungkiri kalau korban perselingkuhan sering kali merupakan pihak perempuan atau istri. Walau tak selalu, namun perempuan memang paling banyak menjadi korban. Untuk itu, Bunda perlu juga mengetahui ciri-ciri tanda suami berselingkuh, nih. Jangan sampai berlama-lama tertipu dan tak menyadari kalau tengah diselingkuhi atau dicurangi. Ini dia 8 tanda suami selingkuh, Bun!

Ganti password akun media sosial, ganti pin ponsel dan laptop

Tanda yang satu ini merupakan tanda paling umum ditemukan dari pasangan yang berselingkuh, Bun. Lain lagi kalau selingkuhnya niat, bisa-bisa suami memiliki ponsel khusus untuk menghubungi pasangan selingkuhnya.

Tiba-tiba Mengganti Pin atau Password Merupakan Salah Satu Ciri Perselingkuhan | Shutterstock

Perubahan sikap dari teman-teman suami

Hal ini menjadi penting, karena Bunda cenderung menjadi orang terakhir yang menyadari perselingkuhan, ketika teman-teman atau orang-orang di lingkungan suami atau si Ayah sudah lama menyadarinya. Apabila teman-teman suami yang biasanya ramah, berubah menjadi menjauh. Atau biasanya teman-teman si Ayah sering berkunjung ke rumah, namun sekarang tidak lagi, Bunda patut mempertanyakan kenapa. Cari tahulah dengan menyapa terlebih dahulu, dan coba juga mengorek informasi apabila memungkinkan, Bun.

Baca Juga: Punya Suami Perfeksionis Bikin Pusing? Begini Bun, Cara Menghadapinya!

Pulang kerja terlambat, sering lembur, dinas ke luar kota setiap minggu

Duh, ini sih kelihatan banget selingkuhnya, Bun. Dengan catatan, biasanya si Ayah tidak pernah atau tidak sering begini, ya. Ketika hal ini terjadi, mungkin Bunda juga akan mulai mendapatkan lebih banyak bukti, seperti wangi parfum perempuan lain di baju kerjanya, struk-struk restoran, atau pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya. Pada tahap ini, Bunda mungkin juga sudah memiliki insting dan perasaan yang lebih tajam mengenai perselingkuhan si Ayah.

Pengeluaran membengkak

Kalau Bunda rajin memperhatikan saldo rekening si Ayah, Bunda pasti akan langsung tahu ketika saldonya berkurang banyak. Nah, ketika Bunda menemukan hal ini, cobalah untuk menanyakan perihal kemana uang tersebut digunakan, dan untuk apa. Tidak perlu langsung ngegas ya, Bun. Tanyakan dulu baik-baik, apabila Bunda menaruh curiga, catat peristiwa ini dan perhatikan lagi bulan depan, apakah terulang lagi atau tidak.

Hati-hati Keuangan Bermasalah Akibat Perselingkuhan | Shutterstock

Sulit dihubungi, tidak menjawab panggilan masuk

Ketika tidak di rumah, si Ayah sulit sekali dihubungi. Begitu pula saat di rumah, ia tiba-tiba menjadi sering mengabaikan panggilan masuk di ponselnya, ketika sedang bersama Bunda. Padahal yang menghubungi teman kerjanya. Bisa jadi, nama yang muncul di layar ponsel memang sengaja dibuat dengan nama samaran, agar Bunda tidak curiga.

Jadi sering bertengkar, atau tidak bertengkar sama sekali

Kehidupan rumah tangga yang sehat bukan berarti tanpa pertengkaran. Sesekali, Bunda dan Ayah tentu memerlukan api-api kecil, untuk menghangatkan hubungan. Apalagi, lawan katanya cinta bukanlah benci, Bun, melainkan acuh. Jadi, hati-hati kalau si Ayah jadi lebih acuh atau cuek, tidak peduli dan malas menanggapi ucapan Bunda. Bisa jadi itu merupakan tanda ia tengah selingkuh. Sebaliknya, bisa juga si Ayah tiba-tiba jadi moody dan mudah marah, sering mencari-cari kesalahan Bunda dan mengajak bertengkar, ini juga merupakan tanda ada sesuatu yang salah dalam pernikahan, salah satu alasannya bisa karena perselingkuhan.

Pudarnya Keintiman juga Merupakan Ciri-ciri Perselingkuhan | Shutterstock

Keintiman berkurang

Biasanya si Ayah sering memeluk Bunda di tempat  tidur, biasanya ia sering mengajak ngobrol sebelum tidur, juga bercanda dengan si kecil dan Bunda setiap hari. Tapi tiba-tiba ia tak pernah lagi melakukannya? Walau sedih, perubahan sikap ini memang menyiratkan sedang ada wanita lain di dalam hatinya, Bun.

Aktivitas seks tak seperti biasanya

Mungkin si Ayah jadi enggan menggoda dan minta dilayani di tempat tidur, atau sebaliknya, ia jadi berlebihan, dan sering sekali mengajak Bunda berhubungan seks. Ini merupakan tanda perselingkuhan juga, Bun. Biasanya orang yang berselingkuh berusaha menutupi perbuatannya dengan melakukan hal ini.

Baca Juga: Meningkatnya Kasus KDRT Selama Pandemi Covid-19

Semoga membantu Bunda yang mungkin tengah menaruh curiga pada pasangan, ya. Bagaimanapun, ingatlah untuk tenang dan tidak terbawa emosi, Bun. Kumpulkan dahulu bukti sebanyak-banyaknya, agar suami tidak punya alasan lagi untuk berbohong atau menyembunyikan perselingkuhannya. Tetap tegar, Bunda. Dekatkan diri dengan Yang Kuasa, juga teman dan keluarga, niscaya Bunda pasti dapat melewatinya dan kembali berbahagia.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela