We may not be able to prepare the future for our children, but we can at least prepare our children for the future.
Franklin D. Roosevelt

Meningkatkan Daya Ingat Si Kecil Bisa Dengan 6 Cara Ini, Bun!

author
Ruth Sinambela
Senin, 24 Januari 2022 | 15:05 WIB
Banyak Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak Salah Satunya dengan Memberikan Nutrisi yang Baik | Shutterstock

Memori atau daya ingat yang baik, sudah tentu akan sangat membantu si kecil saat belajar di bangku sekolah. Tidak dapat dipungkiri, nilai akademik yang baik, salah satunya ditentukan oleh daya ingat yang baik pula. Selain tentu saja fokus belajar dan kemampuan memahami pelajaran.

Sama seperti fokus belajar dan kemampuan memahami pelajaran, daya ingat juga dipengaruhi oleh pertumbuhan sel-sel otak. Walaupun daya ingat bukanlah sesuatu yang didapat sejak lahir, ada banyak cara untuk mengoptimalkan kemampuan memori atau daya ingat anak, Bun. Yuk, disimak.

Baca Juga: Gampang Lupa? Konsumsi 5 Makanan Peningkat Daya Ingat Ini

Membaca sejak dini

Saat si kecil belum bisa membaca, bacakanlah buku-buku anak setiap hari. Lakukan terus hingga menjadi kebiasaan, misalnya sebelum tidur. Nantinya kebiasaan ini akan membentuk kecintaan si kecil pada buku dan membaca. Gemar membaca akan melatih dan meningkatkan perkembangan otaknya, Bun.

Mengonsumsi nutrisi penguat otak

  • Omega 3, meningkatkan fungsi otak anak, bisa didapatkan dari minyak ikan
  • Kolin, mempertajam daya ingat anak, seperti terkandung dalam kuning telur
  • Vitamin E, untuk meningkatkan daya ingat dan perkembangan bahasa, terdapat pada kacang-kacangan dan biji-bijian

Membaca dan Bermain Puzzle juga Mampu Meningkatkan Daya Ingat Si Kecil | Shutterstock

Baca Juga: 7 Nutrisi Otak Anak, Ternyata Ikan Kembung Lebih Baik Dari Salmon

Rutin berolahraga sejak dini

Berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang cukup juga mempengaruhi daya ingat si kecil lho, Bun. Melakukan aktivitas fisik dapat meningkatkan kemampuan kognitif termasuk juga daya ingat. Selain itu, juga memiliki efek antidepresan dan menciptakan rasa nyaman pada diri sendiri.

Waktu tidur yang cukup

Dilansir dari The Australian Parenting, kualitas tidur yang baik dapat membantu anak agar lebih mudah berkonsentrasi lho, Bun. Sebaliknya, waktu tidur yang tidak teratur atau kurang dari 8 jam akan memengaruhi daya ingat dan membuat si kecil jadi sulit berkonsentrasi.

Biarkan anak berimajinasi dengan bebas

Biarkan si kecil bermain atau bercerita menggunakan imajinasinya ya, Bun. Berikan ruang dan kesempatan untuknya dapat berimajinasi sebebas mungkin. Misalnya saat si kecil terlihat mengajak ‘ngobrol’ boneka, atau robot-robotannya, membayangkan dirinya sebagai unicorn atau super hero. Selain meningkatkan daya ingat, hal ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kreatifitas.

Bermain Puzzle atau Tebak Kartu dapat Meningkatkan Daya Ingat Anak | Shutterstock

Bermain puzzle

Memainkan puzzle diyakini dapat melatih daya ingat dan baik untuk perkembangan otak si kecil. Dengan menyusun kepingan-kepingan puzzle, otak si kecil akan dilatih mengingat potongan gambar, pola, atau kata. Anak juga akan belajar untuk memecahkan masalah, dan menambah kepercayaan diri atau kemampuan bersosialisasi.

Baca Juga: Agar Bayi Cerdas, Bumil Jangan Lupa Konsumsi 5 Nutrisi Ini

Tidak sulit kok, Bun, melatih daya ingat si kecil sejak dini. Dengan menjalankan beberapa cara di atas secara konsisten, Bunda pasti akan merasakan manfaat dan hasilnya. Asal, Bunda dan si kecil juga harus menjalaninya dengan gembira, ya. Selamat mengajak si kecil bersenang-senang, Bunda.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela