To her, the name of father was another name for love.
Fanny Fern

Perawatan Wajah yang Aman agar Bumil Tetap Glowing

author
Ruth Sinambela
Senin, 28 Maret 2022 | 11:01 WIB
Membersihkan Wajah di Pagi dan Malam Hari Merupakan Rutinitas Wajib untuk Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Kulit Bumil | Shutterstock

 

Meskipun tak selalu dialami oleh Bumil, namun pada dasarnya semua Bumil pasti memiliki keinginan untuk tampil segar dan tetap glowing saat hamil. Hanya saja, kondisi kehamilan yang berbeda-beda tentu memberi respon yang berbeda pula. Mungkin saja sebagian Bumil memiliki waktu dan tenaga untuk melakukan perawatan wajah, namun tak demikian pada sebagian Bumil yang lain.

Hal ini wajar saja, Bun. Bunda tentu tak perlu memaksakan diri untuk tampil cantik setiap saat, apalagi ketika kehamilan sedang terasa melelahkan atau malah menyakitkan. Namun, khusus untuk Bunda yang tengah hamil dan tetap ingin tampil segar, cantik, dan glowing, sebaiknya tetap memilih dan memilah perawatan mana yang aman dan boleh dilakukan untuk menjaga penampilan Bunda, ya. Jangan sampai membahayakan kehamilan.

Agar Bunda tak salah memilih perawatan yang aman, ini dia rekomendasi perawatan wajah yang boleh dan tak boleh dilakukan oleh Bumil, khusus untuk Bunda yang ingin tetap tampil glowing!

Baca Juga: Perawatan Tubuh yang Boleh dan Tidak Boleh untuk Bumil

Produk perawatan wajah

Pastikan Bunda menggunakan produk perawatan wajah atau skin care yang aman untuk Bumil, ya. Skin care yang wajib digunakan setiap hari oleh Bumil adalah pelembap juga sunscreen. Dan tentu saja rutin mencuci wajah dengan air hangat dan pembersih dua kali sehari, Bun. Gunakanlah sabun pembersih wajah dengan kandungan pelembap yang bebas alkohol, paraben, dan SLS.

Selain itu, Bunda juga harus memilih kandungan bahan yang aman dalam produk perawatan wajah, seperti AHA (alpha hydroxy acid), gliserin, hyaluronic acid, asam glikolat atau asam laktat, asam azelat, eritromisin, atau klindamisin. Untuk mengatasi jerawat, obat jerawat yang mengandung benzoil peroksida adalah pilihan yang baik dan juga aman.

Jangan memilih produk perawatan wajah yang mengandung accutane (isotretinoin), retin-A (tretinoin), retinol, asam retinoat, BHA, beta hydroxy acid, differin (adapalene), asam salisilat, dan tetrasiklin. Bahan-bahan ini biasanya dapat ditemukan dalam obat jerawat, produk pembersih wajah, toner, dan produk anti penuaan.

Penggunaan produk yang mengandung bahan-bahan berbahaya dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi dan berbagai komplikasi kehamilan. Untuk itu Bunda harus hati-hati memilih dengan membaca kandungan produk yang Bunda akan pakai, ya.

Pilihlah Skin Care yang Aman untuk Ibu Hamil | Shutterstock

Baca Juga: 8 Perawatan Gigi Selama Hamil, Mana yang Boleh dan Tidak?

Tindakan perawatan wajah yang sebaiknya tidak dilakukan saat hamil

Kalau produk perawatan wajah ada yang aman dan tidak aman untuk Bumil, maka demikian pula dengan tindakan perawatan kulit wajah, Bun. Beberapa tindakan yang sering dilakukan di klinik kecantikan maupun spesialis kulit berikut ini, sebaiknya dihindari ya, Bun!

  • Mikrodermabrasi 
  • Chemical peeling
  • Krim wajah hidrokuinon
  • Botox atau filler
  • Tanning

Kebiasaan baik akan menjaga kulit wajah Bumil tetap sehat

Bukan hanya skin care dan segala jenis perawatan wajah, Bun, yang dapat membuat wajah Bumil tetap glowing. Namun juga kebiasaan-kebiasaan baik seperti konsumsi makanan yang sehat, istirahat yang cukup, konsumsi air putih, dan menghindari stres.

Dengan bisa menyeimbangkan rutinitas, istirahat, dan “me time”,  tentu Bunda akan jauh dari stres dan perasaan bahagia akan terpancar lewat kecantikan dan kesegaran wajah Bunda, lho. Yuk, bagi Bunda yang ingin tetap glowing walau tanpa perawatan wajah macam-macam, mulai kebiasaan sehatnya selama kehamilan, ya. 

Baca Juga: Wajah Bersih Maksimal Dengan 5 Facial Cleansing Brush

Ingatlah bahwa bagaimanapun, semua Bunda tetap cantik apa adanya. Karena kecantikan bukan hanya terpancar dari penampilan, namun juga dari hati yang cantik. Keep shining, Bunda, keep glowing!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela