To her, the name of father was another name for love.
Fanny Fern

Rekomendasi Tanaman Hias Anti Ribet untuk Dekorasi Rumah

author
Ruth Sinambela
Senin, 30 Mei 2022 | 15:05 WIB
Tanaman hias akan mempercantik ruangan maupun teras rumah | Shutterstock

Beberapa tahun ke belakang, tren mengoleksi tanaman hias kembali digemari masyarakat mulai dari yang muda sampai yang tua, Bun. Banyaknya koleksi cantik tanaman hias khas Indonesia ini ternyata dapat dijadikan hobi baru yang bukan hanya baik untuk kesehatan mental, namun juga baik untuk lingkungan sekitar.

Meski begitu, tak semua orang memahami benar bagaimana memilih dan merawat tanaman hias, hingga akhirnya tanaman bisa jadi tak berkembang, sakit, layu atau mati.

Baca Juga: Plant Parent, Ini 5 Tanaman Hias Anti RIbet Plus Rekomendasi 5 Nursery

Untuk itulah, bagi Bunda yang kepengin banget mulai mengoleksi tanaman hias di rumah, namun masih bingung mau memulainya dari mana, berikut ini Kanya hadirkan rekomendasi tanaman hias yang cocok untuk pemula karena perawatannya yang mudah, Bun. Sehingga, Bunda yang masih awam dengan bercocok tanam, tidak akan kesulitan untuk mencoba memelihara dan merawat tanaman-tanaman hias ini.

Cycads (sikas)

Sikas akan membuat ruangan tampak eksotis | Shutterstock

Apabila Bunda ingin menampilkan kesan eksotis di rumah, pilihan tanaman hias sikas sangat cocok dijadikan pilihan. Selain harganya terjangkau, mulai dari 35.000 Rupiah saja, tanaman sikas tidak perlu berkali-kali repotting atau pindah pot, karena pertumbuhannya yang terbilang lambat, Bun. Ditambah lagi, sikas juga tahan dari serangan hama.

English Ivy

Tanaman English Ivy akan membuat ruangan tampak manis | Shutterstock

Bentuknya yang menjuntai ke bawah, sangat cantik untuk dijadikan dekorasi di ruang tamu, maupun teras rumah, Bun. Tanaman English Ivy akan membuat ruangan yang dihuninya menjadi tampak manis.

Tanaman ivy memiliki banyak akar yang tumbuh di batangnya sehingga bisa merambat di dinding. Meskipun begitu, akar tanaman ivy tidak akan merusak dinding rumah! Tanaman hias ini juga termasuk sebagai tanaman yang kuat terhadap panas, sehingga Bunda hanya perlu menyiramnya sedikit ketika tanahnya mulai kering.

Baca Juga: Nggak Perlu Obat, 8 Tanaman Ini Bikin Kamu Tidur Nyenyak

Monstera Deliciosa

Tanaman jenis monstera yang diletakkan di ruangan bercat putih akan membangun suasana hangat dan bersemangat | Shutterstock

Masih menjadi favorit bagi pecinta tanaman hias, Bunda wajib punya si monstera ini, nih. Bentuknya yang cantik eksotis tentu akan membuat Bunda makin semangat merawatnya. Apalagi ketika diletakkan di ruang tamu rumah Bunda, monstera akan menyegarkan mata dan menyejukkan hati, Bun.

Selain itu, tanaman jenis monstera yang diletakkan di ruangan bercat putih juga dapat membangun suasana hangat dan bersemangat.

Namun, Bunda juga harus berhati-hati, ya. Konon katanya, tanaman ini mengandung asam oksalat yang berbahaya jika tanpa sengaja tertelan. Oleh karena itu, perhatikan benar anak-anak maupun hewan peliharaan di rumah agar jangan sampai tak sengaja menelan daunnya!

Palem botol merah

Palem botol merah cocok untuk mengisi sudut kosong di ruangan yang agak besar | Shutterstock

Pohon palem botol merupakan versi mininya pohon palem tinggi yang mungkin pernah Bunda jumpai di berbagai taman atau tempat wisata. Uniknya, pohon palem mini ini dapat ditanam di tempat yang minim cahaya seperti di dalam ruangan. Palem botol merah cocok untuk mengisi sudut kosong di ruangan yang agak besar, nih. Dengan menghadirkan palem botol di rumah, suasana hijau dan tropis akan hadir di rumah Bunda.

Sansevieria S. Trifasciata Laurentii (Lidah Mertua)

Lidah Mertua yang disusun ramai dan rapih akan membuat suasana teras rumah menjadi lebih hidup | Shutterstock

Satu lagi tanaman hias yang wajib Bunda miliki sebagai pemula, nih. Lidah mertua sangat kuat menghadapi cuaca panas hingga kering, Bun. Tidak rewel, dan tidak memerlukan banyak perhatian khusus, bahkan lidah mertua dapat bertahan walau hanya disiram seminggu sekali saja lho, Bun. Cocok sekali untuk Bunda yang sibuk dan mungkin sering lupa menyiram tanaman.

Selain itu, lidah mertua juga sangat cantik dijadikan dekorasi di luar atau di dalam rumah, Bun. Meletakkan lidah mertua yang berukuran kecil di atas meja atau yang berukuran agak besar di pojok ruangan, akan memberikan kesan hijau dan cantik. Sedangkan lidah Mertua yang disusun ramai dan rapih di teras, akan membuat suasana menjadi lebih hidup.

Baca Juga: Tanaman Rambat Minim Perawatan, Siap Memperindah Taman

Yuk, Bunda! Segera pilih mau mulai memiliki dan merawat yang mana. Nanti kalau sudah mulai merawat satu, pasti Bunda akan kepengin lagi memiliki jenis lainnya, deh. Rumah pun akan makin cantik, segar, dan asri karena tanaman hias Bunda makin banyak.

Selain itu, merawat tanaman hias juga akan memberikan energi positif bagi Bunda dan keluarga. Oleh karena itu, tak ada salahnya memulai dari sekarang, Bun. Selamat berkebun!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela