When I come home, my daughter will run to the door and give me a big hug, and everything that’s happened that day just melts away.
Hugh Jackman

Jadikan 4 Waktu Paling Berharga di Bulan Suci Ramadan Ini sebagai Waktu Berkualitas Bersama Keluarga Tercinta, Bun!

author
Ruth Sinambela
Rabu, 22 Maret 2023 | 16:02 WIB
Beribadah sambil quality time bersama keluarga sangat bisa dilakukan di bulan Ramadhan | Shutterstock

Bulan suci penuh berkah hampir tiba. Saatnya umat Muslim di seluruh dunia mempersiapkan diri untuk menjalankan ibadah puasa sebulan penuh di bulan Ramadan yang penuh berkah. 

Namun tahukah Bunda, kalau tidak hanya beribadah dan berpuasa, namun ada satu hal lagi yang juga sangat penting dan wajib dilakukan oleh seluruh keluarga di dunia? Ya, menghabiskan lebih banyak waktu berkualitas bersama keluarga tercinta, Bun. Tentunya menjadi salah satu tradisi Ramadan yang masih terjaga hingga saat ini, khususnya di Indonesia.

Baca Juga: Tips Menanamkan Kecintaan dan Kerinduan Beribadah Puasa di Bulan Ramadhan pada Si Kecil

Yuk, manfaatkan momen Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri nanti untuk menguatkan hubungan di antara keluarga, dan memberikan sebanyak-banyaknya waktu bersama keluarga tercinta di waktu-waktu berharga ini!

Sahur dan berbuka

Saat sahur dan berbuka merupakan waktu yang paling hangat dan indah di bulan Ramadan, dimana setiap keluarga berkumpul dan menghabiskan waktu menunggu waktu sahur dan berbuka puasa, Bun. Jangan sampai waktu emas ini kurang dipergunakan dengan semestinya, ya. Jauhkan gadget dari si kecil, dan sebagai gantinya Bunda bisa mengajak mereka untuk menyiapkan hidangan, atau mengaji bersama.

Menyiapkan hidangan untuk sahur dan berbuka bersama si kecil merupakan salah satu momen hangat yang bisa didapatkan di bulan Ramadhan | Shutterstock

Silaturahmi

Berbuka puasa tak harus selalu di rumah, namun Bunda dan keluarga juga bisa berbuka puasa bersama teman maupun saudara. Hal ini merupakan tradisi baik yang juga menjadi cara untuk menjalin atau menjaga silaturahmi. Selain itu, Bunda juga bisa ikut aktif memberikan santunan atau berbagi hidangan berbuka puasa untuk orang yang membutuhkan. Dengan demikian akan banyak nilai-nilai berharga yang dipelajari si kecil dari sana, Bun.

Beribadah bersama

Sebulan penuh Bunda maupun Ayah dapat menanamkan nilai-nilai kesucian Ramadan, makna, dan bagaimana cara beribadah yang baik pada si kecil. Tentunya dengan mengajak dan memberi contoh nyata ya, Bun. Misalnya dengan menjalankan shalat 5 waktu, beribadah tarawih, dan mengaji. Jadikan momen Ramadan sebagai kelas khusus untuk menanamkan keimanan dan ketakwaan pada si kecil.

Baca Juga: Ide Ngabuburit untuk Si Kecil di Bulan Ramadhan

Mempersiapkan hari raya

Yuk, berikan memori indah mengenai Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri di dalam hati dan pikiran si kecil, Bun. Salah satu caranya yaitu dengan bersih-bersih, mendekorasi rumah, dan tentu saja membuat kue atau hidangan Lebaran bersama! 

Jadikan momen menyambut Hari Raya Idul Fitri sebagai waktunya memberikan memori indah untuk si kecil | Shutterstock

Untuk itu Bunda harus melibatkan si kecil, ya. Nikmatilah waktu berkualitas sebanyak-banyaknya dengan bercanda, tertawa, dan bermain, sambil membersihkan dan mendekorasi. Jadi, intinya adalah memberikan pengalaman menyenangkan untuk anak-anak ya, Bun. Bukannya menyuruh ini-itu sambil marah, lho. Ingat kalau inti dari mempersiapkan hari raya adalah rasa syukur dan kegembiraan!

Momen Ramadan dan hari raya selalu ditunggu-tunggu kedatangannya oleh umat Muslim di seluruh dunia. Menjadi waktunya beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, juga secara langsung memberikan waktu yang sangat indah dan berharga untuk setiap keluarga di mana pun berada. 

Baca Juga: Tips Sehat Merayakan Idul Fitri Bersama Keluarga

Di sisi lain bagi anak-anak yuk, jadikan ibadah Ramadan dan perayaan Hari Raya Idul Fitri  sebagai waktu yang hangat, menggembirakan, dan memorable ya, Bunda dan Ayah.

Selamat menyambut dan menjalankan ibadah puasa Ramadan bersama keluarga tercinta!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela