Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

9 Penambah Rasa Umami Alami untuk MPASI

author
Ruth Sinambela
Selasa, 28 Maret 2023 | 11:00 WIB
Rasa umami untuk MPASI bisa didapat dari bahan-bahan alami, Bun! | Shutterstock

Penggunaan garam atau MSG biasanya menjadi pilihan yang paling umum digunakan para ibu untuk menambah rasa pada menu makan anak. Meski masih menjadi pro-kontra, hingga saat ini belum ada penelitian yang menyebutkan secara pasti kalau menambahkan sedikit garam atau MSG pada menu makan anak dapat memengaruhi kecerdasan dan kesehatan.

Meski demikian, sebaiknya penggunaan garam maupun MSG sangat dibatasi terutama bagi anak yang masih dalam fase MPASI. Bagaimanapun, rasa yang didapatkan dari bahan-bahan alami tentu lebih sehat dan baik untuk tumbuh kembang anak, Bun.

Baca Juga: Bolehkah Menambahkan Kecap pada MPASI Bayi?

Bunda juga tak perlu kesulitan atau bingung harus menambahkan bahan apa agar menghasilkan MPASI yang enak karena ternyata banyak sekali bahan makanan yang bisa memberikan rasa umami seperti yang didapat dari MSG atau kaldu jamur yang Bunda biasa gunakan, lho. Apa saja kah?

Jamur kering

Bunda dapat menambahkan jamur kering saat membuat bubur MPASI. Jamur kering yang cocok digunakan untuk campuran pada bubur atau membuat kaldu jamur sendiri misalnya jamur shitake, jamur kancing, atau jamur tiram.

Jamur kering untuk menambah rasa umami pada MPASI | Shutterstock

Tomat

Mengandung asam glutamat, tomat akan menambahkan rasa pada menu MPASI. Caranya, Bunda bisa membuat bubur dengan tomat yang dipotong kecil-kecil, atau membuat sup tomat untuk dinikmati bersama bubur atau nasi lembek apabila si kecil sudah naik tekstur.

Keju

Jenis keju parmesan dan cheddar merupakan jenis keju yang paling sering digunakan untuk MPASI. Biasanya, anak-anak akan sangat menyukai olahan apa pun dengan campuran keju. Sebagai contoh Bunda bisa menambahkan keju pada menu pasta atau macaroni schotel sebagai camilan.

Rumput laut

Dulse adalah varietas rumput laut yang memiliki rasa agak asin dan gurih. Penambahan dulse akan membantu menonjolkan rasa gurih pada MPASI, Bun!

Baca Juga: Superfood Wajib untuk MPASI Si Kecil

Bumbu fermentasi

Bumbu fermentasi yang dimaksud di sini merupakan bumbu yang biasanya digunakan untuk campuran sayur atau tumisan, Bun. Misalnya tauco, saus ikan, atau miso.

Kaldu ayam | Shutterstock

Kaldu alami

Kaldu alami dapat dihasilkan dengan merebus lama daging sapi, ayam, bebek, atau seafood bersama campuran rempah, seperti jahe, sereh, lengkuas, dan daun jeruk. Bunda dapat menyimpan kaldu pada wadah kecil-kecil untuk digunakan setiap kali dibutuhkan.

Sayuran

Sayuran pun ada yang bisa memberikan rasa umami atau sedikit manis, misalnya bawang bombay, asparagus, pokcoy, rumput laut, brokoli, dan bit. Si kecil pasti menyukainya!

Kedelai

Seperti Bunda ketahui, kedelai merupakan bahan makanan yang mengandung protein tinggi. Itulah mengapa sebagian orang merasa kalau kedelai memiliki rasa yang mirip dengan daging. 

ASI

Penelitian menyebutkan kalau ASI mengandung glutamat, yaitu kandungan pada MSG, 10 kali lebih banyak dibandingkan susu biasa. Karena itulah ASI sangat dianjurkan untuk campuran dalam mengolah MPASI anak.

Baca Juga: Inspirasi Menu MPASI Tradisional Khas Indonesia

Bagaimana Bun, tidak ada salahnya untuk dicoba bukan? Dengan demikian, sekarang Bunda sudah tak perlu lagi menggunakan garam atau MSG untuk memberikan rasa umami pada menu makan si kecil. Cukup menggunakan bahan-bahan alami di atas dengan baik dan tepat, maka menu MPASI atau menu makan anak yang Bunda olah akan terasa lebih lezat dan si kecil pun pasti menyukainya!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi