Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

Manfaat Mengonsumsi Suplemen Kolagen Secara Rutin

author
Ruth Sinambela
Kamis, 20 April 2023 | 10:50 WIB
Suplemen kolagen yan dikonsumsi secara rutin dapat meningkatkan kesehatan kulit | Shutterstock

Kolagen merupakan protein alami yang jumlahnya melimpah dan terdapat di dalam kulit, tulang, otot, tendon, dan ligamen. Dimana seiring bertambahnya usia, jumlah kolagen dalam tubuh akan berkurang sehingga membutuhkan nutrisi tambahan untuk mendapatkannya. Misalnya dengan mengonsumsi sumsum tulang sapi, ceker ayam, atau yang paling efisien adalah mengonsumsi suplemen kolagen.

Penelitian menunjukkan bahwa peptida kolagen atau suplemen yang mengandung kolagen dapat membantu memperlambat penuaan kulit dengan mengurangi kerutan dan kekeringan. Manfaat ini bisa jadi merupakan manfaat kolagen yang paling terkenal dan dicari masyarakat. Namun tahukah Bunda kalau manfaat kolagen sebenarnya tidak hanya untuk perawatan kulit wajah saja?

Ternyata, banyak sekali manfaat suplemen kolagen yang dapat diberikan bagi kesehatan tubuh apabila mengonsumsinya secara rutin lho, Bun.

Baca Juga: 7 Makanan Kaya Kolagen Bikin Kulit Kencang dan Glowing

Membantu mengatasi gejala osteoartritis

Kolagen dipercaya dapat mengurangi nyeri sendi secara keseluruhan akibat berkurangnya kadar kolagen di dalam tubuh. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa menambah asupan kolagen benar-benar dapat mengurangi gejala osteoartritis dan mengurangi nyeri sendi secara keseluruhan. Meskipun, masih ada juga sebagian ahli yang berpendapat kalau pembuktian mengenai manfaat kolagen ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Beberapa jenis makanan yang mengandung kolagen | Shutterstock

Menghambat pengeroposan tulang

Pengeroposan tulang akibat bertambahnya usia, tak dapat dipungkiri masih menjadi masalah yang akan mengurangi kualitas hidup seseorang ya, Bun.

Kabar baiknya, sebuah studi menunjukkan kalau suplemen kolagen dapat membantu menghambat kerusakan tulang yang menyebabkan osteoporosis. Hal ini dibuktikan di dalam sebuah penelitian dimana 73 atlet yang mengonsumsi 10 gram kolagen setiap hari selama 24 minggu terbukti mengalami penurunan nyeri sendi yang signifikan saat berjalan dan diam, dibandingkan dengan kelompok yang tidak mengonsumsinya. 

Baca Juga: 7 Manfaat Edamame, Dari Kulit Sampai Kesuburan!

Meningkatkan massa otot
Studi menunjukkan bahwa suplemen kolagen membantu meningkatkan massa otot pada orang dengan sarcopenia atau hilangnya massa otot yang terjadi seiring bertambahnya usia.

Melansir dari Klikdokter, sebuah studi yang dilakukan pada 27 pria yang rentan mengalami kondisi hilangnya massa otot akibat usia dan mengonsumsi 15 gram kolagen sambil berpartisipasi dalam program olahraga setiap hari selama 12 minggu. Disebut-sebut  terbukti memperoleh massa dan kekuatan otot yang lebih signifikan dibandingkan dengan pria yang berolahraga tanpa mendapatkan suplemen kolagen. 

Kulit elastis dan glowing dengan mengonsumsi suplemen kolagen secara rutinberkolagen. | SHUTTERSTOCK

Manfaat lainnya
Meski belum dibuktikan secara ilmiah, banyak ahli mempercayai manfaat lain dari kolagen berikut ini, Bun:

  • Mengurangi risiko penyakit jantung
  • Pertumbuhan rambut dan kuku
  • Kesehatan usus
  • Kesehatan otak dan syaraf
  • Membantu mengurangi dan menjaga berat badan

Baca Juga: Bumil Minum Air Kelapa Bikin Kulit Bayi Bersih?

Banyak sekali manfaat kolagen yang dapat Bunda dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin, lho. Bunda dapat mendapatkan kandungan kolagen dari makanan, maupun suplemen kolagen yang dapat dikonsumsi dengan aman dan mudah didapat. 

Meski demikian, ada baiknya untuk tetap berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter yang Bunda percayai sebelum mulai mengonsumsinya, ya. Hal ini penting agar konsumsi kolagen bisa disesuaikan dengan usia maupun kebutuhan tubuh Bunda, ya!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi