What it’s like to be a parent: It’s one of the hardest things you’ll ever do but in exchange it teaches you the meaning of unconditional love.
Nicholas Sparks

7 Manfaat Edamame, Dari Kulit Sampai Kesuburan!

author
Ratih Sukma Pertiwi
Rabu, 21 Oktober 2020 | 14:55 WIB
Edamame | SHUTTERSTOCK

Kedelai khas Jepang ini dikenal sebagai makanan sehat karena rendah kalori dan kaya nutrisi bagi tubuh.

Dalam 100 gram edamame terdapat sekitar 14 gram protein, 10 gram karbohidrat, 3 gram serat, vitamin C, vitamin A, vitamin K, zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, serta beragam mineral penting lain.

Dengan nutrisi yang cukup lengkap tersebut, edamame memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dari ujung rambut sampai kaki.

1.Meningkatkan Elastisitas Kulit

Edamame kaya antioksidan yang dibutuhkan kulit untuk membantu proses regenerasi, meningkatkan elastisitas, serta mencegah tanda-tanda penuaan. 

2.Menurunkan Berat Badan

Edamame mengandung serat tinggi yang membuat rasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan terjaga. 

Cocok untuk pilihan camilan bagi kamu yang sedang menjaga berat badan. Kamu bisa merebus, mengukus, atau memanggang edamame. 

 

Baca juga: Kata Dokter: Nggak Makan Malam Bikin Berat Badan Malah Naik?

 

3.Meringankan Gejala Menopause

Setelah berusia 45 tahun perempuan mulai mengalami gejala menopause, seperti sensasi panas di area wajah, leher, dada serta perubahan suasana hati. Kandungan isoflavon dan fitoestrogen dalam edamame bisa meredakan gejala-gejala tersebut.

4.Meningkatkan Daya Ingat

Penelitian di Universitas Wisconsin AS menemukan, isoflavon pada edamame bisa meningkatkan fungsi kognitif sehingga daya ingat meningkat, mudah berkonsentrasi, serta terhindar dari penyakit seperti demensia kelak.

Edamame juga baik buat para bumil yang terkadang mengalami sulit konsentrasi atau malah daya ingat menurun. Asam folat edamame yang cukup tinggi pun baik untuk perkembangan otak janin.

 

Baca juga: Cegah ‘Momnesia’ Saat Hamil, Lakukan 6 Langkah Mudah Ini

 

5.Meningkatkan Kesuburan

Kandungan protein, asam folat, kalsium, dan zat besi pada edamame membantu meningkatkan fertilitas pada laki-laki maupun perempuan. Cocok, nih, buat Ayah dan Bunda yang sedang program hamil.

Kandungan protein nabati, antioksidan, dan zat besi pada edamame baik untuk tingkatkan kesuburan. | SHUTTERSTOCK

 

6.Menurunkan Kolesterol

Protein nabati, vitamin K, antioksidan, dan serat dalam edamame bisa menurunkan kadar kolesterol.

Dalam penelitian di Tufts University, Boston, AS, ditemukan bahwa konsumsi 47 gram kedelai edamame bisa menurunkan 12,9 % kadar kolesterol jahat (LDL).

 

Baca juga:  6 Kebiasaan Tak Baik Bagi Kesehatan Tulang Belakang

 

7.Cegah Osteoporosis

Edamame mengandung tembaga serta isoflavon, yaitu sejenis antioksidan yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh, termasuk kesehatan tulang.

Selain itu, edamame kaya kalsium yang meningkatkan pembentukan tulang sehingga memperkecil risiko osteoporosis.

 

Nah, daripada ngemil nggak sehat lebih baik ngemil edamame. Simpel, kok, mengolahnya, bisa dipanggang, dikukus, atau direbus. Namun untuk kamu yang mudah kembung, batasi konsumsinya, ya.  

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi