A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

Kapan Bayi Boleh Mulai Mengonsumsi Yoghurt?

author
Ruth Sinambela
Jumat, 5 Mei 2023 | 15:00 WIB
Yogurt boleh mulai diberikan saat bayi berusia 6-9 bulan | Shutterstock

Yoghurt merupakan produk olahan susu hasil fermentasi. Namun tidak seperti olahan susu lainnya, yoghurt mengandung probiotik yang bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sangat baik untuk kesehatan saluran cerna, termasuk pada anak.

Meski demikian memberikan yoghurt pada bayi bagi sebagian orang tua masih menimbulkan keraguan, Bun. Hal ini lantaran yoghurt juga dikhawatirkan dapat  menyebabkan masalah pencernaan seperti diare apabila diberikan terlalu dini.

Baca Juga: Biar Imunitas Tubuh Terjaga, Yuk Makan Yoghurt Dengan 5 Variasi Ini

Jika demikian, kapan sih waktu yang tepat untuk orang tua bisa memberikan yoghurt pada anak agar tetap aman dan anak bisa mendapatkan seluruh manfaatnya?

Saat bayi berusia 6 bulan
Ternyata yoghurt sudah bisa diberikan sebagai menu MPASI saat bayi sudah berusia 6 bulan, Bun! Hal ini telah banyak diungkapkan oleh para ahli. Namun apabila Bunda masih ragu, Bunda dapat mulai memberikan yoghurt sebagai MPASI saat usia si kecil berusia 9 bulan.

Yogurt dapat diberikan pada bayi sebagai dressing buah-buahan | Shutterstock

Memilih yogurt yang aman untuk bayi

Meski bayi berusia 6 bulan sudah boleh mengonsumsi yoghurt, bukan berarti Bunda bisa memberikan semua jenis yoghurt pada si kecil. Para ahli menyarankan agar Bunda hanya memilih jenis yoghurt yang tanpa pemanis atau perasa tambahan. Untuk itu, sangat penting bagi Bunda agar mencermati terlebih dahulu label kemasan pada yoghurt agar tidak salah pilih.

Baca Juga: 9 Penambah Rasa Umami Alami untuk MPASI

Selain itu, apabila si kecil memiliki alergi susu atau intoleransi laktosa, maka Bunda WAJIB berkonsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu sebelum memberikan yoghurt pada si kecil. Hal ini sangat penting untuk menghindari reaksi alergi.

Perhatikan kuantitasnya
Bagi anak yang baru memulai MPASI, sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi yoghurt, Bun. Selain itu, akan sangat baik apabila yoghurt diberikan bersama makanan lain atau dicampur dengan buah-buahan segar. Hal ini bertujuan agar kuantitas yoghurt yang diberikan tidak berlebihan dan si kecil bisa mendapatkan variasi nutrisi dari berbagai makanan yang dikonsumsinya.

Tidak perlu banyak-banyak, 1/4 atau 1/2 cup yogurt sudah cukup untuk bayi berusia 6-9 bulan | Shutterstock

Berikut ini panduan pemberian yogurt untuk bayi, seperti dilansir dari HelloSehat:

  • Bayi usia 6-12 bulan yang dianjurkan biasanya sebanyak ¼ atau ½ cangkir yoghurt
  • Bayi usia 12-24 bulan sudah bisa mengonsumsi lebih dari ½ cangkir yoghurt
  • Tidak memberikan yoghurt bebas lemak sebelum usia anak 2 tahun atau sesuaikan dengan petunjuk dokter.

Baca Juga: Pasta, Pilihan Karbohidrat untuk Menu MPASI

Anak berusia di bawah 2 tahun masih sangat membutuhkan kalori dan lemak, karena itulah memberikan yoghurt bebas lemak justru tidak disarankan. Selain itu, Bunda bisa memberikan yoghurt sesuai dengan kemauan si kecil saja, apabila ia tidak terlalu menyukainya maka tidak perlu dipaksa, ya. 

Meski yoghurt memiliki banyak manfaat baik, namun masih banyak pula bahan-bahan makanan yang bisa diolah sebagai MPASI yang juga memiliki manfaat terbaik untuk si kecil, kok. Selain itu, berikan yoghurt sesuai aturan yang dianjurkan saja ya, Bunda. Juga berikanlah menu MPASI yang bervariasi agar si kecil terpenuhi semua kebutuhan nutrisinya. Selamat mencoba!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi