Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

5 Fakta Menarik dari Upacara Penobatan Raja Charles III

author
Ruth Sinambela
Kamis, 11 Mei 2023 | 08:47 WIB
Penobatan Raja Charles 3 di Westminstor Abbey | Kompas.com/ AFP/POOL/YUI MOK

Raja Charles III telah resmi memimpin Kerajaan Inggris setelah penobatannya di Westminster Abbey, pada Sabtu (6/5/2023) yang lalu.

Menjadi topik pembicaraan, coronation atau penobatan Raja Charles III dan permaisurinya, Ratu Camilla, hingga kini masih menyisakan fakta dan cerita menarik bagi masyarakat Inggris dan dunia. 

Berikut ini 5 fakta menarik seputar penobatan Raja Charles III yang menggantikan sang Ibunda, Ratu Elizabeth II, sebagai pemimpin tertinggi Kerajaan Inggris.

Baca Juga: Kisah Sukses Pembuat Kue Untuk Kerajaan Inggris

Lokasi penobatan

Westminster Abbey telah lama digunakan sebagai tempat melangsungkan Upacara Penobatan, yaitu sejak tahun 1066. Sebelum Westminster Abbey dibangun, Upacara Penobatan dilakukan di lokasi lain, Bun. Beberapa di antaranya adalah di Bath, Oxford dan Canterbury. Raja Charles III sendiri merupakan pemimpin ke-40 yang dimahkotai di Westminster Abbey.

Kisah cinta segitiga Raja Charles III

Sudah bukan rahasia lagi kalau jalinan asmara Raja Charles III dengan Permaisuri Camilla dan Putri Diana merupakan kisah cinta segitiga yang berakhir tragis.

Raja Charles, Putri Diana, dan Permaisuri Camilla | TribunNews

Barulah bertahun-tahun kemudian setelah Putri Diana meninggal akibat kecelakaan, Raja Charles III akhirnya menikahi kekasih hatinya yang kini telah resmi menjadi Permaisuri Camilla, dan mendapatkan restu dari keluarga kerajaan. 

Kini Raja Charles III dan Permaisuri Camilla telah resmi dinobatkan sebagai Raja dan Ratu Inggris. Meski demikian, bagi sebagian masyarakat Inggris, skandal percintaan Raja Charles III hingga kini selalu dan masih sering dipermasalahkan.

Pewaris tahta selanjutnya

Setelah dipegang selama lebih dari 70 tahun oleh Pangeran Charles yang kini telah dinobatkan sebagai Raja Charles III, pewaris tahta Kerajaan Inggris selanjutnya adalah Pangeran William, sebagai anak sulung dari Raja Charles III dan mendiang Putri Diana, Bun.

Barulah setelah Pangeran William, urutan pewaris tahta selanjutnya dipegang oleh kedelapan nama berikut ini:

  1. Pangeran George
  2. Putri Charlotte
  3. Pangeran Louis
  4. Pangeran Harry
  5. Archie Mountbatten-Windsor
  6. Lilibet “Lili” Diana Mountbatten-Windsor
  7. Pangeran Andrew
  8. Putri Beatrice

Pangeran George sebagai salah satu pengiring kehormatan raja pada acara penobatan Raja Charles III |

Baca Juga: Tips Pangeran William Bikin Anak-anaknya Cepat Tidur di Malam Hari

Coronation concert

Sehari setelah penobatan Raja Charles III, sebuah konser penobatan digelar di Windsor Castle dalam rangka merayakan momen bersejarah penobatan Raja Charles naik tahta. 

Uniknya, konser penobatan ini juga mencakup segmen yang disebut "Lighting Up the Nation," dimana berbagai lokasi ikonik di Inggris Raya akan diterangi melalui proyeksi, laser, tampilan drone, dan iluminasi.

Belum lagi sederet selebritis yang ikut hadir memeriahkannya, seperti Katy Perry, Tom Cruise, Lionel Richie, Andrea Bocelli, dan masih banyak lagi. Konser penobatan Raja Charles III bisa jadi salah satu ajang paling meriah sebagai tempat berkumpulnya anggota kerajaan Inggris serta selebritis dunia, di atas satu panggung yang sama untuk merayakan penobatan raja baru.

Pangeran Louis beberapa kali menguap saat penobatan sang kakek, Raja Charles III |

Gemasnya Pangeran George dan Pangeran Louis

Pangeran George, sebagai salah satu pengiring kehormatan raja pada acara penobatan Raja Charles III, juga Pangeran Louis si bungsu, menyita banyak perhatian dengan berbagai kisah dan tingkah lucu mereka, Bun.

Mulai dari permintaan khusus Pangeran George kepada sang kakek, Raja Charles III, untuk mengubah seragam pengiring kehormatan yang ketat dengan celana panjang biasa, karena tidak mau diejek dan dibully oleh teman-temannya di sekolah. 

Baca Juga: Curhat Kate Middleton Soal Si Bungsu Yang Tak Bisa Diam

Juga tentu saja tingkah menggemaskan Pangeran Louis. Misalnya saat ia melambai dari kereta kencana, juga ketika ia tak kuasa menahan rasa kantuknya dan beberapa kali menguap saat acara penobatan. Belum lagi ketika ia menikmati acara perayaan dari balkon. Pangeran Louis terlihat sangat bersenang-senang, Bun!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi