A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

Ini Pentingnya Membiasakan Anak Makan dalam Posisi Duduk Sejak Dini

author
Ruth Sinambela
Kamis, 29 Juni 2023 | 11:16 WIB
Membiasakan si kecil untuk duduk di kursi makannya sendiri sejak kecil akan sangat baik untuk membantunya mengenal dan menikmati makanannya | Shutterstock

Makan adalah salah satu kegiatan yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Makan yang sehat dan teratur memberikan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan dan energi. Namun perlu diingat kalau selain memperhatikan apa yang dimakan oleh si kecil, penting juga untuk memperhatikan cara mereka makan, termasuk posisi duduknya saat makan.

Mengapa? Karena para ahli meyakini kalau makan sambil duduk memiliki beberapa manfaat penting bagi anak-anak, Bunda. Berikut adalah beberapa alasan yang sudah Kanya rangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: 6 Manfaat Kebiasaan Makan Bersama untuk Balita

Mengoptimalkan pencernaan

Saat anak makan sambil duduk, tubuh mereka berada dalam posisi yang lebih baik untuk mencerna makanan dengan baik pula. Posisi duduk memungkinkan perut dan organ pencernaan lainnya bekerja secara optimal juga memfasilitasi penyerapan nutrisi dengan lebih efisien.

Mencegah tersedak

Duduk saat makan juga membantu mencegah risiko tersedak, Bun. Ketika anak makan dalam posisi duduk, maka akan ada kontrol yang lebih baik terhadap gerakan pernapasan dan makanan yang masuk ke saluran pernapasan. Dengan demikian, risiko tersedak pun dapat diminimalisir.

Makan sambil duduk membuat si kecil bisa belajar makan sendiri, Bun | Shutterstock

Baca Juga: 7 Kelompok Makanan yang Aman Saat Bayi Diare

Mengembangkan etika makan

Penting untuk bisa mengajarkan anak duduk saat makan sebagai bagian dari pendidikan etika makan yang penting. Makan sambil duduk mengajarkan anak tentang kesopanan dan disiplin. Dengan melakukan kebiasaan baik ini, anak akan belajar untuk fokus pada makanan dan menghargai waktu makan sebagai momen yang penting untuk menikmati makanannya.

Membantu pemantauan asupan makan anak

Apabila anak terbiasa duduk saat makan, maka orang tua atau pengasuh dapat dengan mudah memantau apa yang sudah mereka konsumsi. Hal ini nantinya akan memungkinkan Bunda untuk mengatur porsi makanan dan memastikan si kecil sudah mendapatkan makanan yang seimbang dan cukup nutrisi.

Mendorong interaksi sosial

Makan sambil duduk juga menciptakan kesempatan untuk berinteraksi sosial secara positif antara anggota keluarga maupun teman-teman sebaya. Ketika si kecil duduk bersama orang lain saat makan, mereka akan bisa berbagi cerita, berdiskusi, dan mengembangkan hubungan yang lebih dekat.

Baca Juga: Kapan Sih, Bayi Boleh Makan Roti?

Untuk mengajarkan anak makan sambil duduk memang tidak akan mudah ya, Bunda. Dibutuhkan konsistensi dan kesabaran agar bisa menyukseskannya. Selain itu, ingatlah bahwa dorongan serta dukungan dari orang tua atau pengasuh dengan memberikan contoh yang baik bagaimana makan sambil duduk, serta terbiasa mengajak si kecil untuk melakukannya bersama-sama. Perlahan-lahan, pastilah akan membuahkan hasil yang baik! Si kecil pun pasti akan terbiasa melakukannya.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela