If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

Mengenal Nipple Cream untuk Busui, Nyaman dan Aman Digunakan

author
Ruth Sinambela
Sabtu, 1 Juli 2023 | 15:00 WIB
Salah satu masalah yang sering terjadi pada busui adalah puting lecet. | Shutterstock

Fase menyusui merupakan salah satu momen istimewa antara ibu dan anak, yang juga berperan penting dalam hal menjaga kesehatan serta tumbuh kembang bayi, Bun. Meski demikian, tak jarang Bunda yang menyusui bisa mengalami masalah puting susu yang sensitif hingga menyebabkan nyeri dan lecet selama proses menyusui. Hal ini pun tak dapat dianggap remeh karena terbukti bisa membuat trauma, lho.

Baca Juga: Bunda, Begini Cara Sukses Menyusui Sesuai Bentuk Puting

Salah satu solusi yang dapat membantu mengatasi masalah ini adalah menggunakan nipple cream atau krim puting susu. Apabila Bunda belum pernah menggunakannya, berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui mengenai fungsi, manfaat, dan cara menggunakannya!

Fungsi nipple cream

Nipple cream dirancang khusus untuk merawat puting susu yang lecet, retak, atau sensitif akibat menyusui. Fungsinya adalah memberikan kelembapan dan perlindungan pada area puting susu, serta membantu mempercepat proses penyembuhan. Nipple cream juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan ketidaknyamanan saat proses menyusui.

Baca Juga: 6 Cara Redakan Puting Lecet Karena Menyusui

Manfaat Nipple Cream

  • Mengandung bahan-bahan yang dapat membantu meredakan rasa nyeri dan ketidaknyamanan pada puting susu.
  • Membantu mencegah infeksi pada puting susu yang lecet atau retak, karena mengandung zat antiseptik dan anti-inflamasi.
  • Membantu menjaga kelembapan kulit pada area puting susu, serta mencegah kekeringan yang dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan kulit.
  • Merangsang proses penyembuhan dan regenerasi kulit pada puting susu yang lecet atau retak.

Nipple cream mampu memberikan banyak manfaat untuk Busui lho, Bun | Shutterstock

Cara Menggunakan Nipple Cream

  • Pastikan tangan dan puting susu dalam keadaan bersih sebelum menggunakan nipple cream ya, Bunda.
  • Ambil sedikit nipple cream dengan tangan atau spatula steril.
  • Oleskan secara merata pada seluruh permukaan puting susu dan areola setelah menyusui atau sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan.
  • Hindari menggosok atau menyeka puting susu setelah penggunaan agar krim dapat terserap dengan baik.
  • Jangan lupa membersihkan puting susu dengan air hangat sebelum menyusui bayi berikutnya.

Baca Juga: Bayi Menggigit Puting Saat Disusui? Lakukan Trik Ini

Tak kalah pentingnya, sebelum menggunakan nipple cream ada baiknya Bunda melakukan riset terlebih dahulu sebelum memilih nipple cream yang aman untuk digunakan selama menyusui. 

Pilihlah krim yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan aman untuk bayi. Jika Bunda memiliki riwayat alergi atau kulit sensitif, sebaiknya berkonsultasi lah terlebih dahulu dengan dokter atau konsultan laktasi sebelum menggunakannya. Selain itu, jika masalah terus berlanjut atau terdapat infeksi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau konsultan laktasi agar Bunda bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi