I think a lot about teaching my kids to work hard. I’ve learned something about kids ? they don’t do what you say; they do what you do.
Jennifer Lopez

7 Manfaat Penting To-Do List bagi Ibu Bekerja

author
Ruth Sinambela
Senin, 21 Agustus 2023 | 09:48 WIB
Membuat to-do list akan mempermudah Bunda untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan jauh dari stres | SHUTTERSTOCK

Meski tidak dialami oleh semua ibu yang juga berkarir, di dalam dunia yang serba cepat dan penuh kesibukan seperti saat ini, tidak sedikit ibu bekerja seringkali mengalami kesulitan dalam menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan peran sebagai orangtua. 

Merasa kewalahan karena tugas-tugas yang harus diselesaikan, merasa kehilangan waktu berharga bersama anak-anak, merupakan perasaan yang biasa muncul di hati para Bunda yang bekerja. 

Namun jangan khawatir, Bun. Karena sebenarnya ada kok solusi praktis yang apabila dilakukan dengan disiplin, bisa sangat membantu Bunda dalam menjalani dua peran penting ini sekaligus! Yaitu menggunakan to-do list secara efektif untuk mengatur waktu dan tugas dengan lebih terstruktur dan memungkinkan untuk tetap memiliki quality time bersama si kecil. 

Baca Juga: Membuat Jadwal Keseharian untuk Si Kecil Ternyata Penting, Bun!

Berikut ini beberapa alasan mengapa membuat to-do list menjadi penting dalam membantu Bunda tetap on track!

Mengelola waktu dengan efisien

Membuat to-do list akan membantu Bunda mengelola waktu. Dengan mengurutkan tugas yang perlu diselesaikan, Bunda dapat memprioritaskan pekerjaan dan mengatur jadwal dengan lebih baik. Dengan begitu tugas-tugas pun akan bisa lebih cepat selesai karena penggunaan waktu yang efektif.

Bekerja di kantor atau dari rumah, tetap harus on track ya, Bun! | SHUTTERSTOCK

Tidak menunda-nunda

To-do list adalah alat yang efektif untuk menghindari menunda pekerjaan atau hal-hal lain yang biasanya mudah dikesampingkan, Bun. Dengan menetapkan tenggat waktu untuk setiap tugas, Bunda pun akan merasa lebih termotivasi agar bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Ini tentu akan membantu mengurangi waktu luang yang terbuang sia-sia dan memberikan lebih banyak kesempatan untuk berinteraksi dengan si kecil.

Lebih terorganisir

Membuat to-do list akan membantu Bunda untuk terbiasa dan lebih terorganisir. Dengan menulis semua tugas dan kewajiban dalam satu tempat, tentu Bunda tak akan lupa tentang tugas-tugas yang harus dikerjakan. Hal ini di sisi lain merupakan hal yang menyenangkan lho, Bun. Juga membantu mengurangi stres dan kecemasan karena tidak perlu lagi mengingat setiap hal yang harus dilakukan.

Baca Juga: Kebiasaan Menunda Pekerjaan, Ini Pengaruhnya bagi Kehidupan Bunda dan Tips Menghilangkannya

Quality time menjadi prioritas

Dengan membuat to-do list, lambat laun Bunda akan bisa mengidentifikasi apa pun yang benar-benar penting dan mendesak. Dengan memprioritaskan pekerjaan, secara otomatis Bunda juga akan bisa merencanakan quality time dengan si kecil tanpa gangguan. Quality time tentu menjadi prioritas utama, dan menyelesaikan pekerjaan adalah jalan yang harus ditempuh untuk mendapatkannya!

Dengan menjalankan to-do list secara konsisten otomatis waktu berkualitas dengan si kecil pun akan selalu terpenuhi | Shutterstock

Terbiasa menyisihkan waktu

To-do list membantu Bunda untuk mengatur jadwal dengan lebih baik, termasuk menetapkan waktu khusus bagi anak dan keluarga. Bunda dapat merencanakan waktu untuk bermain bersama, membantu tugas sekolah, atau bahkan sekadar mengobrol dan bercanda sambil menikmati malam yang santai setelah makan malam di rumah. Simple but special, dan semua pun senang!

Meningkatkan produktivitas

Dengan to-do list yang efektif, secara otomatis Bunda akan mampu meningkatkan produktivitas. Dengan menyelesaikan tugas dan pekerjaan lebih cepat, Bunda akan memiliki lebih banyak waktu luang untuk fokus pada keluarga. Di sisi lain, hal ini juga akan memberikan rasa puas dan bangga pada diri sendiri.

Work-life balance

Dengan to-do list yang baik, Bunda berpotensi menciptakan keseimbangan yang lebih baik antara pekerjaan dan keluarga. Tidak perlu merasa khawatir kehilangan waktu bersama si kecil karena tugas dan pekerjaan sudah diselesaikan dengan baik. Sebaliknya, Bunda juga akan merasa lebih tenang, bangga, dan bahagia karena berhasil merencanakan dan mengatur waktu dengan bijaksana untuk kedua hal tersebut.

Baca Juga: 4 Alasan Merawat Diri Bisa Bikin Working Mom Makin Sukses

Membuat to-do list adalah alat yang sangat bermanfaat bagi ibu pekerja untuk tetap memiliki quality time dengan anak. Bonusnya, Bunda jadi lebih happy, jauh dari stress, dan meningkatkan produktivitas pula! Siapa bilang ibu bekerja tidak bisa memiliki work-life balance? Bisa, Bun! Yuk, mulai jadikan to-do list sebagai solusi dan jalani lah dengan disiplin. Semangat!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi