Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

Terbukti Ilmiah, Makan Bersama Keluarga Tingkatkan Kesehatan Fisik dan Mental

author
Ratih Sukma Pertiwi
Senin, 6 Mei 2024 | 18:09 WIB
Makan bersama keluarga secara rutin terbukti meningkatkan kesehatan fisik dan mental | Shutterstock

Meluangkan waktu berkualitas bersama keluarga penting untuk tumbuh kembang anak. Salah satu caranya adalah dengan makan bersama. Yuk, simak fakta-fakta ilmiah terkait manfaat makan bersama keluarga untuk kesehatan fisik dan mental anak. Kanya juga punya rekomendasi restoran keluarga yang menunya enak dan lokasinya nyaman. 

Tahukah Ayah dan Bunda, ternyata makan bersama keluarga memiliki manfaat besar bagi anak-anak dan orang tua yang sudah dibuktikan secara ilmiah? Dikutip dari website parents.com, makan bersama keluarga baik pagi, siang, atau malam hari, di rumah maupun di luar rumah, dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental semua anggota keluarga yang terlibat.

Manfaat Makan Bersama

Berikut ini beberapa penelitian terbaru yang menunjukkan manfaat makan bersama bagi keluarga:

1.Menciptakan kebiasaan makan sehat

Studi JAMA Network Open (2018) menemukan bahwa remaja yang makan bersama keluarga cenderung lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran serta lebih sedikit mengonsumsi makanan cepat saji dan minuman manis.

2.Mencegah gangguan kesehatan mental

Sekelompok peneliti Kanada (2015) membuktikan bahwa sering makan malam bersama keluarga dapat mencegah masalah gangguan makan, penggunaan alkohol dan narkoba, perilaku kekerasan, depresi, dan kecenderungan bunuh diri pada remaja.

Sementara 91% orang tua yang mengikuti survei American Health Association (2022) mengaku stres keluarga mereka berkurang secara signifikan ketika makan bersama secara teratur.

Baca juga: Doomscrolling dan Dampak Negatifnya bagi Kesehatan Mental Anak

3.Mencegah obesitas di masa dewasa

Studi Journal of Pediatrics (2015) menyimpulkan bahwa remaja yang dalam satu minggu makan bersama keluarga satu atau dua kali memiliki risiko obesitas lebih rendah 10 tahun kemudian.

4.Meningkatkan harga diri dan keterampilan bicara anak

Saat makan bersama (tanpa gadget), keluarga saling mengobrol dan memberi tanggapan dengan tulus. Anak-anak bisa bercerita, memilih makanan dan tempat duduk mereka sendiri, serta membantu mengerjakan tugas-tugas sederhana, seperti menyiapkan meja dan menyajikan makanan, dengan begitu mereka merasa dihargai dan keterampilan komunikasinya meningkat.

5.Membantu anak-anak yang mengalami bullying

Survei terhadap 19 ribu siswa yang dipublikasikan di JAMA Pediatrics (2014) menemukan adanya hubungan signifikan antara cyberbullying dengan kecemasan, depresi, dan penyalahgunaan narkoba. Namun, pada subjek remaja yang rutin makan malam bersama keluarga 4 kali atau lebih setiap minggunya, masalah bullying lebih sedikit ditemukan karena komunikasi antarkeluarga lebih terbuka.

Baca juga: 6 Manfaat Kebiasaan Makan Bersama untuk Balita

Yuk, quality time di restoran keluarga Dapur Solo Panglima Polim! |

Dapur Solo Panglima Polim, Fresh dan Modern

Ingin makan bersama keluarga dengan suasana baru yang nyaman? Bunda dan Ayah bisa mengajak anak-anak ke Dapur Solo. Restoran keluarga berkonsep modern-traditional yang didirikan sejak tahun 1988 ini menyajikan beragam menu masakan khas Indonesia yang nikmat, seperti Selat Solo, Rawon Komplit, dan Soto Betawi.

Untuk makanan si Kecil pun Bunda tak perlu khawatir. Ada menu-menu lezat dan menarik, seperti Menu Cilik, Nasi Goreng Jawa, Sop Buntut, dan Serabi Solo yang gurih manis.

Baca juga: 5 Tempat Glamping yang Seru Bareng Keluarga

Paduan nuansa modern dan tradisional membuat suasana nyaman dan hangat. |

Salah satu outlet Dapur Solo terletak di daerah Panglima Polim, Jakarta Selatan. Tepatnya di perempatan Panglima Polim dan Jalan Barito/Kramat Pela. Untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan, belum lama ini outlet Dapur Solo Panglima Polim direnovasi sehingga menjadi lebih fresh dan modern, namun tetap mengedepankan nuansa tradisional Jawa. Dijamin anak-anak akan semakin betah dan semangat makan.

Untuk acara keluarga yang tertutup, Bunda bisa menyewa private room. |

Ingin makan malam keluarga lebih private? Bunda bisa memilih private room di Dapur Solo Panglima Polim. Selain itu, untuk acara dengan kapasitas lebih besar seperti arisan atau syukuran keluarga, Bunda bisa menggunakan lantai 2 dengan total kapasitas maksimal 90 orang.

Bagaimana Bun, menarik, kan, makan malam keluarga di Dapur Solo Panglima Polim? Makanannya enak, suasana pun nyaman. Buruan, yuk, atur waktu dan ajak seluruh keluarga!

 

Sumber:

https://www.parents.com/recipes/tips/unexpected-benefits-of-eating-together-as-a-family-according-to-science/

https://acpeds.org/position-statements/the-benefits-of-the-family-table

https://dapursolo.com/resto

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi