You have a lifetime to work, but children are only young once.
Polish Proverb

Trik Padu Padan Outfit Dengan 12 Model Sepatu

author
Isna Triyono
Senin, 29 Oktober 2018 | 16:58 WIB
SHUTTERSTOCK |

Sepatu bagi perempuan bukan saja sebagai alas kaki, tetapi juga untuk menunjang penampilan. Dari 12 model sepatu berikut ini ketahui bagaimana trik padu padannya. Mana yang kamu suka?

 

  1. Flat Shoes

Sepatu datar ini memang sangat nyaman dipakai sehari-hari dan anti pegal jika digunakan. Flat shoes tersedia berbagai variasi, mulai dari yang bisa dipakai untuk acara santai sampai semi formal.

Hampir semua outfit cocok dipasangkan dengan flat shoes. Namun tidak disarankan memadupadankan flat shoes dengan rok selutut karena itu akan membuat ilusi kaki kamu pendek.

SHUTTERSTOCK |

 

  1. Stiletto

Stiletto merupakan salah satu jenis high heels yang paling sering digunakan. Sepatu jenis ini memiliki heels yang tinggi dan tipis. Bagian depan sepatu biasanya runcing dan tertutup dengan sol yang tipis.

Stiletto ampuh membuat si pemakainya jadi terlihat anggun dan feminin. Enggak heran, banyak perempuan yang memilih stiletto untuk digunakan ke acara formal.

Stiletto sangat cocok digunakan dengan berbagai outfit, mulai dari gaun, kebaya, hingga celana jeans sekalipun. Tapi harus diingat, jangan terlalu lama menggunakan stiletto karena akan membuat nyeri punggung atau pegal.

  1. Peep Toe dan Open Toe

Hampir mirip dengan stiletto, peep toe, dan open toe shoes juga memiliki heels yang tinggi dan tipis. Yang membedakan hanya bagian depan sepatu yang terbuka.

Jika peep toe bagian depan sepatu yang terbuka hanya sedikit sehingga hanya ibu jari saja yang terlihat, sedangkan open toe, bagian yang terbuka lebih lebar sehingga bisa memperlihatkan hampir semua jari.

Baca juga: Yuk, Bereksperimen Dengan Outfit Motif!

  1. Wedges

Ciri khas dari sepatu wedges ini adalah hak tinggi yang datar dan sejajar dengan lantai, mulai dari belakang hingga ke bagian depan sepatu, serta menyatu dengan sol sepatu.

Wedges menjadi alternatif bagi perempuan yang ingin menggunakan heels namun tidak terbiasa dengan hak yang tinggi dan tipis.

Wedges juga membuat si pemakai memiliki keseimbangan yang stabil dan bisa leluasa bergerak. Untuk outfit, hampir sama dengan stiletto, bisa dipadupadankan dengan segala busana, baik formal maupun santai.

  1. Pump

Pump shoes adalah jenis high heels dengan bagian depan sepatu berbentuk bulat dan sol yang agak tebal. Pump shoes sangat cocok digunakan untuk ke pesta, resepsi pernikahan, dan acara formal lainnya.

Kamu bisa memadupadankan semua baju formal seperti gaun dan kebaya dengan pump shoes ini. Dijamin kamu akan terlihat seksi, anggun, dan feminin.

  1. Boots

Bosan dengan tampilan yang feminin, kamu bisa menggunakan sepatu boots. Yes, sepatu boots bisa membuat kamu tampil stylish dan edgy. Ciri khas sepatu boots adalah terbuat dari bahan kulit atau suede yang menutupi semua bagian kakimu.

Ada beberapa jenis boots, angkle boots yang tingginya hanya sampai menutupi mata kaki dan boots yang tingginya hingga setengah betis atau di bawah lutut.

SHUTTERSTOCK |

  1. Oxford

Di Indonesia, jenis sepatu ini lebih dikenal dengan nama pantofel. Awalnya, sepatu oxford terbuat dari kulit sapi. Namun dengan berkembangnya zaman, kini memakai bahan suede atau kulit. Ciri khas lainnya, sepatu oxford menggunakan tali untuk mengatur kekencangan sepatu.

Sepatu oxford juga memiliki desain khas, yaitu ornamen-ornamen lubang-lubang kecil di sebagian sepatu atau yang disebut dengan brogue. Sepatu ini cocok digunakan untuk acara santai maupun formal.

Baca juga: 7 Fashion Hacks di Kantor

  1. Moccasin

Sepatu yang bertahan sepanjang zaman ini biasanya terbuat dari bahan suede dan berwarna gelap seperti hitam dan cokelat. Namun belakangan moccasin tersedia dalam berbagai warna cerah nan menarik namun tidak meninggalkan model khasnya.

Sepatu ini sangat nyaman dipakai karena seperti flat shoes dengan sol yang ringan. Cocok digunakan setiap hari untuk acara santai, semi formal seperti ke kantor atau ke kampus. Moccasin cocok dikenakan bersama pakaian santai dan semi formal.

  1. Clogs

Jenis sepatu clogs sangat cocok untuk perempuan yang ingin tetap nyaman meski menggunakan sepatu berhak. Ciri khas sepatu clogs ini adalah hak yang lebar sehingga menjaga kesimbangan badan dengan baik.

Untuk kamu dengan mobilitas tinggi, clogs sangat cocok menunjang penampilan karena sangat cocok digunakan untuk acara santai dan formal. Apalagi saat ini model clogs sudah semakin bervariasi.

  1. Gladiator

Dalam dunia fashion, mode selalu berulang. Termasuk sepatu gladiator ini yang belakangan kembali ngetren. Sepatu dengan ciri khas memakai banyak tali ini tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari ketinggian tali selutut, setengah betis, dan mata kaki.

Sepatu gladiator biasanya terbuka dan hanya jalinan tali-temali yang membentuk sepatu. Sepatu ini lebih cocok untuk ke acara santai seperti hang out dengan teman atau jalan-jalan ke mall.

Baca juga: 6 Tips Memakai Kulot untuk Tubuh Pendek

  1. Kitten Heels

Pada dasarnya kitten dan berbagai jenis high heels hampir sama. Yang membedakan hanya ketinggian heels. Kitten memiliki ciri khas heels yang rendah atau lebih pendek dari high heels. Namun kesan yang dipancarkan tetap sama, membuat pemakainya feminin dan modis. Kitten cocok digunakan untuk ke kantor dan acara formal ataupun santai.

  1. Sneakers

The last but not least, sneakers. Sepatu yang menjadi favorit semua perempuan ini memang bisa menunjang penampilan dan kenyamanan. Sepatu jenis ini membuat kamu tampil sporty namun tetap modis.

Penulis Isna Triyono
Editor Ratih Sukma Pertiwi