When I come home, my daughter will run to the door and give me a big hug, and everything that’s happened that day just melts away.
Hugh Jackman

Mulai Sekarang Santap Yoghurt di Malam Hari, Kenapa?

author
Ratih Sukma Pertiwi
Senin, 13 Januari 2020 | 17:00 WIB
Konsumsi yoghurt di malam hari bermanfaat bagi kesehatan. | SHUTTERSTOCK

Ternyata mengonsumsi yoghurt pada malam hari memberi manfaat tambahan bagi tubuh.

Yoghurt merupakan asupan kaya nutrisi seperti lactic acid bacteria, bifidobacteria, kalsium, potasium, protein serta vitamin. Jika kamu biasanya mengonsumsi yoghurt pada pagi hari, cobalah sesekali santap yoghurt pada malam hari.

Faktanya, pada malam hari gerakan pencernaan lebih aktif. Hal ini membuat nutrisi yoghurt bisa lebih optimal diserap tubuh. Itulah mengapa banyak praktisi kesehatan memilih yoghurt sebagai kudapan di malam hari, selain juga karena kadar gula dan kalorinya rendah.

Apa lagi kebaikan yoghurt jika dikonsumsi malam hari? Yuk, baca selengkapnya.

1.Tidur Berkualitas

Selain susu, konsumsi yoghurt di malam hari bisa membuat tubuh relaks dan tenang. Ini disebabkan kandungan triptofan yang memicu produksi serotonin. Tidur pun menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

Baca juga: Nggak Perlu Obat, 8 Tanaman Ini Bikin Kamu Tidur Nyenyak

2.Sehatkan Pencernaan

Lactic acid bacteria dan bifidobacteria pada yoghurt yang berfungsi melindungi sistem pencernaan lebih bisa diserap optimal pada malam hari. Lingkungan usus membaik dan terhindar dari sembelit.

Baca juga: 5 Makanan Mengandung Probiotik Yang Bagus Bagi Kesehatan

Yogurt adalah salah satu makanan terbaik saat kembung. | SHUTTERSTOCK

3.Rendah Kalori

Yoghurt kaya protein namun rendah gula dan kalori, sehingga aman dikonsumsi malam hari. Justru yoghurt meningkatkan penyerapan makanan sehingga berat badan tidak mudah naik.

Baca juga: Gampang Lapar? Yuk, Ngemil Buah dan Sayur Minim Kalori

4.Perkuat Tulang

Saat dikonsumsi malam hari, lactic acid bacteria pada yoghurt mempermudah penyerapan kalsium. Tulang dan otot pun lebih kuat.

Buat kamu yang tertarik mencoba, sebaiknya konsumsi yoghurt setelah makan malam. Sebab saat perut kosong asam lambung cenderung tinggi dan bisa mematikan bakteri baik dalam yoghurt.

Baca juga: 15 Manfaat Yoghurt Bagi Kulit Wajah dan Rambut

Selain itu, dilansir dari prevention.com konsumsi yoghurt pada malam hari sebaiknya dilakukan 2-3 jam sebelum tidur, yaitu antara pukul 19.00-22.00 dan yoghurt dalam keadaan hangat sehingga lebih mudah diserap tubuh.

Selamat mencoba! Jangan lupa, pilih yoghurt tanpa tambahan pemanis, misalnya greek yoghurt, agar lebih sehat dikonsumsi malam hari.

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi