Don’t compromise yourself. You are all you’ve got. There is no yesterday, no tomorrow, it’s all the same day.
Janis Joplin

8 Makanan Pereda Kram Perut Saat Haid

author
Ratih Sukma Pertiwi
Minggu, 22 Maret 2020 | 12:00 WIB
Kram perut saat haid. | SHUTTERSTOCK

 

Setiap haid rasanya tubuh tidak nyaman. Mulai dari merasakan pinggang yang pegal-pegal, perut terasa nyeri bahkan kram. Jangan langsung mengonsumsi obat-obatan, coba dulu konsumsi beberapa makanan yang dipercaya bisa meredakan keluhan haid berikut ini.

Keluhan pra menstrual syndrom (PMS) hingga saat haid seperti perut kembung, nyeri perut, pinggang pegal, kram perut hingga swing mood bisa terjadi karena perubahan hormon menjelang haid yang bereaksi pada fisik dan psikologis perempuan.

Kamu bisa mengatasinya salah satunya dengan melakukan aktivitas fisik ringan yang membuat tubuh rileks dan peredaran darah tetap lancar, seperti jalan kaki, yoga atau meditasi.

Selain itu, dilansir dari Healthline ada juga beberapa bahan makanan yang dipercaya bisa meredakan berbagai keluhan haid tadi. Apa saja?

1.Pisang

Kandungan vitamin B6, potasium, dan kalium pada pisang membantu melemaskan otot yang kaku atau kram, meningkatkan mood, serta sumber energi bergizi.

2.Telur Rebus

Vitamin dan mineral yang ada pada telur ternyata bisa meringankan gejala PMS, termasuk kram perut, mood swing, serta pegal-pegal. Rasa plain pada telur rebus juga menghindari kamu dari rasa mual. Kombinasikan telur rebus dengan salad sayuran.

 

Baca juga: Nyeri Hebat Saat Menstruasi, Ini Sebab Yang Harus Diwaspadai

 

3.Ikan Omega-3

Makarel, salmon, kembung, tenggiri, sarden, tuna adalah beberapa contoh ikan yang tinggi kandungan omega-3.

Nutrisi ini bisa melindungi tubuh dari kelelahan, bersifat antiinflamasi, meredakan keluhan nyeri haid, serta meningkatkan kemampuan berpikir.

4.Nanas

Buah segar ini memiliki enzim bromelain yang ternyata ampuh meredakan peradangan, gangguan pencernaan, serta ketegangan otot yang menyebabkan nyeri haid. Nanas enak dimakan langsung ataupun dibuat jus dengan campuran madu dan sedikit cuka apel.

 

Baca juga: Mengapa Haid Jadi Tidak Teratur Setelah Melahirkan?

 

5.Roti Gandum

Roti gandum mengandung karbohidrat kompleks dan tinggi serat yang baik untuk menambah energi dan kesehatan pencernaan.

Selain itu, gandum juga kaya magnesium, zat besi, folat, zinc, kalium, kalsium, vitamin B dan E yang bisa mengatasi kelelahan, mual, dan pegal-pegal menjelang haid.

6.Yoghurt

Yoghurt, salah satu contoh makanan kaya probiotik. | SHUTTERSTOCK

Bakteri baik yang ada dalam yoghurt bisa menjaga kesehatan pencernaan. Jadi rasa kembung dan mual saat menjelang haid bisa hilang. Vitamin B kompleks, zat besi, magnesium, fosfor, serta kaliumnya juga mencegah tubuh kelelahan dan anemia selama haid.

 

Baca juga: Waspadai 6 Gejala Haid yang Tidak Normal

 

7.Jahe

Memarkan dan rebus beberapa ruas jahe dalam segelas air, lalu tambahkan gula aren. Minum selagi hangat dan hirup aromanya. Jahe mengandung zat antimikroba yang baik untuk pencernaan. Rasa pedas dari zat gingerolnya juga menghilangkan pusing dan mual.

8.Dark Chocolate

Ternyata perpaduan kafein dan kakao murni dalam persentase tinggi pada dark chocolate bisa membuat otot-otot tubuh rileks dan kram perut saat haid mereda.

Tertarik mencoba?

 

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi