Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

Ini yang Harus Diperhatikan Saat Akan Membeli Car Seat untuk Si Kecil

author
Ruth Sinambela
Rabu, 5 Januari 2022 | 14:56 WIB
Car Seat Sebaiknya Digunakan Hingga Si Kecil Berusia 6 Tahun | Shutterstock

Car seat merupakan tempat duduk khusus anak yang diletakkan di dalam mobil. Memiliki sabuk pengaman, juga bantalan khusus sebagai peredam kejut apabila terjadi kecelakaan selama perjalanan, car seat membuat si kecil aman juga nyaman saat berkendara. Selain itu, anak-anak yang duduk di car seat juga akan lebih tenang dan tidak bergerak kesana-kemari, sehingga Bunda juga tak perlu repot atau kewalahan selama perjalanan.

Car seat seharusnya digunakan hingga si kecil berusia 6 tahun. Hal ini telah dilakukan oleh masyarakat di negara-negara maju seperti negara Eropa, Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan. Di negara maju, menggunakan car seat merupakan peraturan berlalu-lintas yang wajib dipatuhi, Bun. Kalau tidak tertib, akan ada sanksi yang diberikan. Nah, bagi Bunda yang berniat membeli car seat untuk si kecil, berikut ini tips memilih car seat terbaik yang sudah Kanya rangkum untuk Bunda.

Baca Juga: Agar Bayi Tenang di Car Seat

Pilihlah car seat yang memiliki standar keamanan

Ini merupakan hal yang paling penting yang harus Bunda lakukan sebelum membeli car seat untuk si kecil. Salah satu standar keamanan yang telah diakui oleh negara-negara di dunia untuk car seat adalah standar keamanan Eropa. Standar keamanan Eropa ditandai dengan huruf "E" pada label baby car seat tersebut. Label ini menunjukkan bahwa produknya telah lulus sertifikasi standar keamanan Eropa. Walau pada dasarnya semua produk car seat yang dijual pasti aman dan sudah lolos uji untuk digunakan, namun tak ada salahnya Bunda mengecek atau memastikannya lagi, ya.

Faktor keamanan tambahan dari produsen

Biasanya setiap merek yang memproduksi car seat memiliki keunggulan masing-masing yang ditawarkan pada pembeli. Selain untuk memenuhi standar keamanan yang diakui dunia, produsen juga berupaya membuat produk yang lebih aman. Misalnya, kedalaman kursi dan bagian kepala, headrest atau sandaran kepala dan sabuk bahu yang dapat diatur hanya dengan sekali sentuh. Bunda jadi bisa memilih yang paling sesuai dengan kriteria yang Bunda cari.

Baca Juga: Traveling Bareng Si Kecil

Jumlah harness yang dipakai

Harness, atau sabuk pada car seat, kebanyakan berjumlah 3 dan 5. Bunda dapat memilih yang sesuai keinginan Bunda. Tiga harness sebenarnya sudah cukup aman dan memudahkan Bunda saat memasang. Namun, pilihlah 5 harness apabila Bunda menginginkan keamanan maksimal.

Car Seat Membuat Si Kecil Aman dan Nyaman di Dalam Perjalanan | Shutterstock

Pilihlah produk car seat yang mudah dan cocok dipasang di mobil Bunda

Walau sebenarnya car seat dapat digunakan di hampir semua jenis mobil. Tidak ada salahnya apabila Bunda memeriksa apakah car seat tersebut sesuai untuk mobil Bunda, ya. Pastikan juga apakah mobil Bunda dapat dipasangi car seat atau tidak, karena beberapa jenis mobil keluaran lama ternyata ada yang tak bisa dipasang car seat, Bun. Untuk memastikannya, Bunda dapat melihat di buku manual mobil yang Bunda miliki.

Baca Juga: Perjalanan Jauh Bermobil Bersama Si Kecil, Ini Tipsnya

Belum banyak masyarakat Indonesia yang menyadari pentingnya menggunakan car seat untuk si kecil. Atau kebanyakan, car seat hanya digunakan hingga anak berusia 1 – 2 tahun saja, padahal seharusnya hingga berusia 6 tahun. Banyak Bunda mengatakan, kalau si kecil tidak betah duduk berlama-lama di car seat.

Padahal sebenarnya, apabila sudah terbiasa, anak-anak  pasti tidak mengeluh atau rewel saat duduk di car seat, Bun. Justru, akan lebih memilih duduk di kursinya sendiri, lho. Mengajarkan si kecil agar terbiasa duduk di car seat, sama seperti mengajarkannya hal lain, diperlukan disiplin dan kemauan, Bun. Dan demi kenyamanan juga keamanan si kecil, kenapa tidak? Semoga bermanfaat ya, Bun!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela