I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

Yuk, Miliki Waktu Hangat Berkualitas Lewat Pillow Talk

author
Ruth Sinambela
Rabu, 27 Juli 2022 | 15:00 WIB
Pillow talk dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama pasangan | Shutterstock

Pillow talk atau berbincang dengan pasangan sebelum tidur, merupakan hal yang biasa dilakukan oleh pasangan suami istri, terutama ketika masih baru menikah, Bun. Sayangnya, ketika usia pernikahan semakin bertambah dan kesibukan masing-masing membuat sebagian pasangan kelelahan dan kurang minat untuk berbincang sebelum tidur, maka kegiatan pillow talk akan mulai berkurang hingga terlupakan.

Padahal, sungguh merugi lho, Bun, kalau waktu hangat berkualitas antara Bunda dan Ayah lewat pillow talk, tak lagi dilakukan atau dijalani. Untuk mengingatkan kembali Bunda dan Ayah mengenai betapa pentingnya pillow talk dalam kehidupan berumah tangga, serta apa saja manfaat yang dapat dirasakan dari rutin melakukan pillow talk, berikut ini pembahasannya untuk Bunda!

Baca Juga: Membangun Komunikasi Interpersonal dalam Pernikahan

Manfaat pillow talk

Melansir dari laman hellosehat, sebuah jurnal komunikasi tahun 2012 menyatakan bahwa pillow talk dapat meningkatkan kepercayaan, keintiman, dan kepuasan di antara pasangan suami istri. 

Namun lebih dari itu, berikut ini merupakan beberapa manfaat yang dapat dirasakan dari rutin berbincang dengan pasangan sebelum tidur:

  • Menjadi lebih terbuka satu sama lain. Hal ini disebabkan oleh perasaan nyaman dan tenang ketika berbincang saat pillow talk, sehingga dapat membuat Bunda atau Ayah mau lebih terbuka.
  • Lebih erat dan menghargai hubungan. Apabila Bunda dan Ayah dapat membicarakan banyak hal dengan nyaman dan intim, tentu akan membuat pondasi pernikahan semakin kuat, yaitu lewat komunikasi yang baik pula, Bun.
  • Lebih mensyukuri apa yang sudah dimiliki, sehingga pillow talk juga efektif menjauhkan pikiran-pikiran negatif karena rasa syukur memiliki pasangan yang selalu ada, selalu hadir, dan mampu diajak bertukar beban atau pikiran.

Baca Juga: Fase-fase dalam Pernikahan dan Bagaimana Menyikapinya

Komunikasi Yang Baik Akan Sangat Dibutuhkan Dalam Menjalani Kehidupan Rumah Tangga | Shutterstock

Tidak hanya pillow talk

Namun jangan khawatir, Bun. Kalau Bunda dan Ayah tidak termasuk tipe pasangan yang bisa rutin melakukan pillow talk, Bunda dan Ayah bisa juga kok melakukan cara lain, yang memiliki manfaat hampir sama dengan pillow talk, seperti beberapa contoh berikut ini:

  • Memiliki waktu berkualitas berdua, tanpa anak-anak.
  • Menghabiskan waktu di rumah tanpa gadget.
  • Saling memijat satu sama lain.
  • Mengobrol setiap kali ada kesempatan.

Baca Juga: Ketahui Apa Bahasa Cinta Bunda dan Ayah, Supaya Pernikahan Makin Bahagia

Dengan begitu Bunda dan Ayah tidak perlu takut kekurangan waktu untuk saling mengungkapkan rasa sayang dan perhatian, selain juga dapat menjalin komunikasi dua arah yang efektif. 

Meskipun kesibukan sering kali menyita banyak waktu dan tenaga, yuk, mulai lagi membiasakan diri dengan kebiasaan-kebiasaan baik ini, sekaligus juga menjadi usaha bersama dalam mempertahankan rumah tangga yang sehat ya, Bunda dan Ayah! Kalau begitu, selamat memiliki waktu berkualitas bersama pasangan tercinta.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi