Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

Kali Biru, Surga Tersembunyi di Tengah Pedalaman Hutan Waisai Papua

author
Ruth Sinambela
Selasa, 23 Agustus 2022 | 15:00 WIB
Keindahan Kali Biru di Papua | Shutterstock

Bunda sudah pernah mendengar dan melihat keindahan Sungai Kalibiru yang terletak di Papua? Atau justru sudah pernah mengunjunginya? Melihatnya dari video dan foto-foto di internet saja sudah kelihatan indah sekali ya, Bun, apalagi mengunjungi dan melihat langsung!

Yuk, simak terlebih dahulu gambaran kecantikan Kalibiru agar Bunda makin semangat nabung, dan bisa mengunjunginya kelak bersama orang-orang tersayang.

Baca Juga: 5 Danau Terindah di Indonesia

Berada di Kawasan Raja Ampat, Papua

Meski Kawasan Raja Ampat lebih dikenal dengan keindahan bawah lautnya yang memesona. Ternyata masih banyak lagi tempat wisata alam yang menawarkan sisi lain dari keindahan yang dimiliki Raja Ampat lho, Bun. Salah satunya Kalibiru, yang terletak di pedalaman hutan Waisai, Papua ini.

Masih terletak di Kawasan Raja Ampat, tepatnya di Kawasan Pulau Waigeo. Untuk dapat tiba di sana, wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam dengan menggunakan speed boat, yang banyak disewakan di kawasan tersebut atau melalui travel agency yang sudah dipilih.

Pengunjunga Kali Biru pasti akan sangat menikmati perjalanan dan waktu di Kali Biru | Shutterstock

Dengan menggunakan speed boat, wisatawan akan tiba di Teluk Mayalibit, yaitu suatu kawasan perairan tempat air asin dan air tawar bertemu, untuk kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama 20-30 menit hingga sampai di Kalibiru, di pedalaman hutan Waisai. Tidak perlu khawatir akan menyusuri track yang sulit, karena masyarakat setempat telah mempersiapkan track yang mudah dilalui oleh para wisatawan.

Tarif masuk

Untuk memasuki kawasan ini, wisatawan lokal akan dikenakan tarif sebesar 150.000 Rupiah, sedangkan wisatawan asing sebesar 200.000 Rupiah, Bunda. Sangat affordable mengingat Suku Maya, penduduk asli di sekitar Kalibiru, sangat merawat dan menjaga kelestarian serta kebersihan area wisata Kalibiru ini. Dijamin tidak akan kecewa, Bun!

Baca Juga: Ide MPASI Praktis dan Awet yang Dapat Dibawa untuk Bekal Perjalanan

Hidden paradise

Dijuluki sebagai surga tersembunyi, Kalibiru memberikan panorama alami nan indah bak di film-film animasi, Bun. Aliran sungai berwarna biru jernih yang membiaskan sinar matahari membuatnya terlihat makin cantik di tengah hamparan hutan hijau yang juga membuat mata segar. 

Belum lagi suasana alami nan bersih yang memanjakan mata wisatawan yang mengunjunginya, sudah pasti akan membuat Bunda betah berlama-lama ketika berkunjung ke sana.

Permukaan air Kali Biru tampak bersinar indah memantulkan sinar matahari | Shutterstock

Mata air alami yang dapat langsung diminum

Belum puas berenang dan bermain air sambil menikmati hamparan pemandangan indah Kalibiru, wisatawan juga bisa menikmati kesegaran air alami yang bisa langsung diminum dari mata air yang tersedia di sana.

Menurut penduduk asli di sekitar kawasan Kalibiru, yaitu Suku Maya, beberapa peneliti dari Jepang pernah datang dan meneliti kejernihan air di mata air Kalibiru, dan hasilnya air aman untuk langsung dikonsumsi karena memiliki kualitas yang sama seperti air yang sudah dimasak sampai mendidih.

Baca Juga: Rekomendasi Taman Bermain Outdoor Ramah Anak di Jakarta dan Sekitarnya

Seperti tak ada habisnya Tuhan memperlihatkan pesona alam yang luar biasa di negeri tercinta kita, Indonesia. Semoga seluruh masyarakat dapat terus dan semakin peduli lagi untuk menjaga kelestariannya. Agar kelak generasi penerus juga dapat menikmati dan ikut menjaganya ya, Bunda. Semoga!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi