We may not be able to prepare the future for our children, but we can at least prepare our children for the future.
Franklin D. Roosevelt

Janin di Dalam Perut Bisa Membedakan Rasa Sayuran? Ini Hasil Penelitiannya, Bun!

author
Ruth Sinambela
Selasa, 11 Oktober 2022 | 15:00 WIB
Foto kiri janin tersenyum, foto kanan janin meringis | BBC.com

Penelitian yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan bahwa janin di dalam perut pun sudah bisa membedakan rasa makanan lho, Bun!

Hal ini dibuktikan oleh para ilmuwan dari Laboratorium Penelitian Janin dan Neonatal Universitas Durham, Inggris, yang mengungkapkan bukti langsung pertama perihal janin merespons rasa yang berbeda secara nyata sejak berada dalam kandungan.

Dengan mempelajari lebih dari 100 ibu hamil dan bayi yang belum lahir di Inggris, para ilmuwan sukses membuat masyarakat khususnya para orang tua ikut tersenyum melihat foto janin yang diambil di dalam perut Bundanya masing-masing lewat pemindaian 4D tersebut.

Baca Juga: Sittervising, Caranya Menikmati Momen Hangat di Sela Waktu Sibuk Setiap Hari

Reaksi berbeda janin terhadap rasa wortel dan kale

Lewat Jurnal Psychological Science, para ilmuwan menjelaskan bagaimana penelitian dilakukan, yaitu dengan memberikan 35 Bumil kapsul berisi bubuk wortel dan 34 Bumil lain bubuk kale. Sedangkan 30 Bumil sisanya merupakan bagian dari kelompok yang tidak makan kedua bubuk itu. 

Dan inilah hasil yang ditunjukkan lewat pemindaian 4D, 20 menit setelah Bumil menelan kapsulnya masing-masing, Bun:

  • Sebagian besar janin yang terpapar kale tampak meringis.
  • Sedangkan janin yang terpapar wortel terlihat tersenyum.
  • 30 Bumil lainnya yang tidak makan apa-apa, janin tidak memiliki respons yang sama.

Wortel menjadi salah satu bahan makanan yang sangat disukai bayi untuk MPASI | Shutterstock

Penelitian akan terus dilanjutkan

Melansir dari BBC.com, Nadja Reissland, rekan penulis studi yang juga kepala Laboratorium Penelitian Janin dan Neonatal di Universitas Durham menyebutkan bahwa penelitian ini akan terus dilanjutkan hingga janin lahir, Bun.

Baca Juga: Superfood Wajib untuk MPASI Si Kecil

Tujuannya adalah untuk mengamati dan mengetahui apakah janin yang telah lahir nantinya akan bereaksi yang sama terhadap wortel dan kale seperti yang mereka tunjukkan ketika di dalam rahim. 

Selain itu para ilmuwan juga berharap kalau penelitian ini mungkin dapat mempengaruhi atau membuat janin terbiasa dengan rasa sayuran hijau setelah lahir dan karena itu mereka mau makan sayuran hijau sebagai makanan yang lebih sehat.

Ilustrasi bayi terlihat gembira menikmati MPASI pure wortel | Shutterstock

Kesimpulan yang diambil oleh para ilmuwan

Para peneliti setuju kalau hasil foto ultrasound tidak boleh diartikan begitu saja sebagai perasaan yang pasti dirasakan oleh janin, Bun. Apalagi mulut janin yang tampak tersenyum ataupun meringis mungkin saja hanyalah gerakan otot yang bereaksi terhadap rasa pahit dan bukanlah sebuah emosi atau perasaan. 

Namun juga mempercayai kalau percobaan ini menunjukkan bahwa pengetahuan seseorang mengenai rasa berkembang sangat awal saat masih di dalam kandungan dan juga tergantung pada enkulturasi atau pembudayaan lingkungan setempat terhadap makanan.

Baca Juga: Ini yang Perlu Bunda Persiapkan Saat Akan Mulai Memberikan MPASI pada Si Kecil

"Begitu janin ikut mengalami diet dari sang ibu, setelah lahir mereka akan terbiasa dengan diet tersebut dan terus melanjutkan makanan untuk diet." Tutur Nadja Reissland dalam hasil studi tersebut.

Dengan demikian kini Bunda-bunda yang tengah hamil boleh banget nih, mulai rajin mengonsumsi sayuran hijau dan berbagai makanan sehat lainnya agar si kecil di dalam perut terbiasa dan lebih menyukai sayuran hijau kelak saat mereka lahir ke dunia!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi