Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

Raih Piala Oscar, Michelle Yeoh Beri Pesan Menyentuh untuk Para Ibu

author
Ruth Sinambela
Rabu, 15 Maret 2023 | 13:00 WIB
Michelle Yeoh saat menerima Piala Oscar sebagai Best Actress Academy Awards ke-95 | Kevin Winter/Getty Images

Sebelum perhelatan Piala Oscar 2023 atau Academy Awards ke-95 diselenggarakan pada Minggu (12/3/2023) di Dolby Theatre, Los Angeles, telah banyak prediksi yang mengunggulkan film Everything Everywhere All at Once besutan sutradara The Daniels ini akan menyabet banyak gelar juara, Bun. Tak terkecuali pada kategori Best Actress, yang nyatanya benar diraih oleh aktris kelahiran Malaysia, Michelle Yeoh!

Menjadi suatu kebanggaan yang sangat besar bagi Asia, karena selain ia sendiri berdarah Tionghoa, ia juga merupakan warga negara Malaysia yang lahir, besar, dan mulai merintis karirnya di sana.

Baca Juga: Ini Dia 20 Tokoh Perempuan dalam Most Powerful Women 2022 Versi Fortune Indonesia

Akting memukau

Mengalahkan 4 pesaingnya yang juga sangat berkualitas dalam nominasi Best Actress, Michelle Yeoh dianggap sangat layak untuk mendapatkannya. 

Penampilan memukau sebagai seorang ibu imigran Amerika dalam film Everything Everywhere All at Once dengan segala karakter dan kerumitan perasaannya, Michelle Yeoh berhasil memerankan Evelyn Quan dengan sangat baik. 

Termasuk bagaimana ia bekerja sangat keras hingga mampu memainkan karakter yang berganti-ganti dan ekstrem dalam film fantasi ini. Belum lagi kepiawaian beladirinya yang masih sangat baik di usia yang sudah tidak muda lagi. Michelle Yeoh memang layak menjadi kebanggaan masyarakat Asia dan mendapatkan penghargaan tersebut!

Peran Michelle Yeoh sebagai seorang ibu dalam film Everything Everywhere All at Once | Everything Everywhere All at Once

Pidato kemenangan

Sukses menerima penghargaan tertinggi sebagai aktris terbaik dan mencatatkan sejarah sebagai aktris Asia pertama yang berhasil memenangkan penghargaan tersebut. Malam itu Michelle Yeoh menerima pialanya dengan perasaan bangga dan haru yang juga menulari seluruh penonton yang hadir juga yang menyaksikannya dari layar kaca. 

Baca Juga: Griselda Sastrawinata, Perempuan Indonesia Pertama di Walt Disney

Pidato kemenangan yang disampaikannya pun membuat decak kagum. Ia menyampaikan pesan mendalam untuk anak-anak di seluruh dunia, juga untuk perempuan agar terus bermimpi dan tidak menyerah.

“Terima kasih, terima kasih. Untuk semua anak laki-laki dan perempuan yang terlihat seperti saya dan menonton malam ini, ini adalah bukti nyata dari sebuah harapan. Ini adalah bukti bahwa mimpi memang menjadi kenyataan. Dan ladies, jangan biarkan siapa pun mengomentari kalian bahwa kalian sudah melewati masa jaya. Jangan pernah menyerah.”

Juga kepada semua orang yang terlibat dalam produksi film Everything Everywhere All at Once yang sukses membawanya hingga menyabet piala bergengsi di usia 60 tahun.

“Saya tidak mungkin bisa berdiri di sini malam ini tanpa The Daniels, tanpa A24, tanpa deret pemeran dan kru yang luar biasa, tanpa semua orang yang terlibat dalam Everything Everywhere All at Once.”

MIchelle Yeoh menangis haru dikelilingi rekan-rekannya dalam film Everything Everywhere All at Once | Academy Awards, NewYork post

Michelle Yeoh juga menyampaikan terima kasihnya untuk seluruh ibu di seluruh dunia, khususnya bagi sang ibu yang tengah menontonnya di Kuala Lumpur, Malaysia. Juga kepada keluarga besar yang selalu mendukung dan mencintainya di Hongkong.

“Saya mempersembahkan ini untuk ibuku, semua ibu di dunia ini, karena mereka adalah pahlawan sejati. Dan tanpa mereka, kita tidak mungkin berada di sini malam ini. Dia berusia 84 tahun dan saya akan membawa pulang piala ini untuknya. Dia saat ini menonton di Kuala Lumpur, Malaysia, bersama keluarga dan teman-temanku. 

Aku cinta kalian semua, aku akan bawa pulang ini untuk kalian. Dan juga kepada keluarga besar saya di Hong Kong, tempat saya memulai karier. Terima kasih sudah membantu saya bertahan, mendukung saya sehingga saya bisa berada di sini hari ini.”

Baca Juga: Terapi Golki, Rahasia Cantik Bintang Korea. Cuma Dengan Sentuhan Tangan!

Penghargaan yang diterima Michelle Yeoh tak bisa dipungkiri membuat Asia khususnya Asia Tenggara yang kurang begitu dilirik oleh Hollywood bangga sekali. Juga menjadi bukti kalau mimpi apa pun, setinggi apa pun, selalu bisa diraih asalkan kita tidak menyerah untuk berusaha meraihnya. 

Terima kasih Michelle Yeoh, dan selamat atas penghargaan Best Actress Academy Awards ke-95 ini! Satu lagi Piala Oscar kini menjadi milik Asia dari seorang perempuan hebat yang tak pernah menyerah.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi