Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

Kembali Fit dan Bersemangat Setelah Libur Lebaran

author
Ruth Sinambela
Kamis, 27 April 2023 | 15:00 WIB
Rutinitas dan tanggung jawab menanti,. Yuk semangat, Bunda! | Shutterstock

Bagaimana libur Lebarannya, Bunda dan keluarga? Sudah siap menjalani kembali rutinitas, baik bekerja ke kantor, bekerja dari rumah, maupun mengurus si kecil? Kalau belum yuk, coba terapkan tips sehat berikut ini agar Bunda kembali fit, fresh, dan berenergi setelah beberapa minggu atau bulan ke belakang pola makan dan aktivitas fisiknya kurang terkontrol.

Selain memperbaiki pola makan, aktivitas fisik yang simpel dan mudah dilakukan di rumah berikut ini tentu akan sangat membantu. Bukan supaya cepat-cepat balik lagi berat badannya, tapi supaya tubuh Bunda tidak mudah capek dan kembali bersemangat!

Baca Juga: Tips Supaya Olahraga Makin Semangat!

Jangan lewatkan sarapan

Untuk mengembalikan energi Bunda sebelum mulai beraktivitas, maka sarapan merupakan salah satu faktor yang sangat penting. Sebagai menu sarapan Bunda dapat memilih menu sederhana namun padat nutrisi, seperti roti gandum dengan selai, buah-buahan, atau telur rebus. Bunda juga boleh menikmati secangkir teh hijau tanpa gula atau ice americano.

Buah potong siap santap sebagai camilan sehat | Shutterstock

Ganti camilan

Apabila di rumah masih ada camilan tinggi kalori sisa Lebaran kemarin, sebaiknya Bunda segera ganti dengan camilan sehat, ya. Misalnya, buah-buahan potong siap makan, kacang pistachio, edamame rebus, yoghurt plain, atau snack-bar favorit.

Hanya konsumsi air putih

Tunda dulu keinginan jajan minuman manisnya, Bun. Untuk beberapa minggu ke depan ada baiknya Bunda hanya mengonsumsi air mineral, teh dan kopi tanpa gula, atau susu low fat. Hal ini sangat penting untuk mengembalikan kadar gula darah yang mungkin meningkat selama libur Lebaran. Selain itu mengonsumsi makanan dan minuman manis juga akan membuat tubuh lemas dan mengantuk, Bun.

Baca Juga: Agar Lebih Bersemangat, Santap 5 Makanan Ini Sebagai Mood Booster

Puasa gorengan dan fast food

Setelah sebulan penuh Bunda sekeluarga menikmati gorengan sebagai menu buka puasa terfavorit, sekarang saatnya menetralisir tubuh dengan mengonsumsi rebusan. Misalnya, telur rebus, sayur-sayuran rebus, atau jagung rebus. Apabila tidak memungkinkan, minimal Bunda tidak jajan gorengan atau fast food di luar dulu, ya!

Naik-turun tangga di rumah bisa dijadikan alternatif olahraga bebas repot, Bun | Shutterstock

Aktivitas fisik di rumah

Apabila Bunda belum siap untuk menjalani olahraga rutin, minimal jalan pagi atau naik-turun tangga bisa dilakukan selama 15-30 menit setiap hari. Nantinya kalau sudah mulai terbiasa, Bunda bisa menambah olahraga dengan lari pagi, senam aerobik, bersepeda, yoga, pilates, atau yang lainnya sesuai minat Bunda.

Istirahat cukup

Sudahi dulu begadangnya ya, Bun. Tidurlah di bawah jam 10 malam agar dapat bangun pagi dalam kondisi fully charged dan dapat beraktivitas dengan semangat.

Baca Juga: 5 Rutinitas Pagi Hari yang Bikin Sisa Hari Menyenangkan

Membuat to-do list

Selain 6 tips di atas, Bunda juga harus memperhatikan kondisi mental agar jauh dari stres! Untuk itu Bunda bisa mulai dengan membuat lagi daftar pekerjaan yang harus diselesaikan atau to-do list

Hal ini terbukti manjur untuk membantu mengatur jadwal harian sehingga pekerjaan selesai tepat waktu, Bun. Dengan demikian Bunda masih akan memiliki waktu bersantai, bermain bersama si kecil, juga melakukan pillow talk dengan si Ayah sebelum tidur!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi