Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

Nutrisi untuk Mata Anak Bukan Hanya Vitamin A, Apa Saja?

author
Ruth Sinambela
Jumat, 19 Mei 2023 | 10:00 WIB
Kesehatan mata anak sangat penting untuk mendukung tumbuh kembangnya, Bun | Shutterstock

Bunda tentu setuju kalau mata yang sehat akan membawa si kecil pada banyak kesempatan untuk belajar dan merasakan petualangan seru di setiap fase tumbuh kembang mereka, bukan?

Apalagi seperti kita ketahui bersama. Banyak sekali profesi di luar sana, yang mungkin saja kelak akan menjadi cita-cita si kecil, membutuhkan kemampuan melihat yang baik atau kesehatan mata yang sempurna. Karena itulah, penting sekali untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan si kecil agar matanya sehat cemerlang!

Baca Juga: Manfaat Luar Biasa Sinar Matahari Pagi untuk Si Kecil

Kalau sudah membicarakan nutrisi untuk kesehatan mata, vitamin A dapat dikatakan sebagai salah satu yang paling penting. Namun tahukah Bunda kalau selain vitamin A ada juga beberapa nutrisi lain yang harus dipenuhi agar kesehatan mata dan daya penglihatan si kecil sempurna! Apa saja kah?

Vitamin A

Sebagai salah satu yang paling penting untuk menjaga kesehatan mata anak, vitamin A juga sangat mudah ditemukan, Bun. Bahkan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) melalui Posyandu yang tersebar di seluruh Indonesia juga rutin memberikan vitamin A tetes untuk bayi berusia 6-59 bulan. 

Penuhi Kebutuhan Vitamin Agar Kesehatan Mata Anak Optimal | Shutterstock

Vitamin A yang diberikan pun merupakan vitamin A dosis tinggi, yaitu 100.000 IU untuk usia 6-11 bulan, dan 200.000 IU untuk usia 12-59 bulan. Vitamin A ini diberikan rutin setiap 6 bulan sekali, pada bulan Februari dan Agustus.

Jangan lupakan juga berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin A tinggi, Bun. Seperti wortel, bayam, pepaya, brokoli, ubi jalar, ikan salmon, tuna, makarel, dan telur.

Baca Juga: Perlukah Anak Diberi Suplementasi Vitamin D?

Lutein

Harvard University menyatakan bahwa mengonsumsi lutein 6mg/hari dapat menurunkan risiko penurunan penglihatan hingga 43 persen!

Berbagai penelitian lain yang telah dilakukan oleh para ahli juga menyatakan kalau Lutein sangat baik untuk membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan mata anak. 

Lutein sendiri dapat ditemukan pada kuning telur, sayuran berwarna oranye seperti wortel, buah-buahan, dan citrus.

Vitamin E

Vitamin E yang paling mudah dijumpai adalah dari jenis makanan seperti kacang almond, alpukat, brokoli, atau bayam. Cara yang tepat untuk mengolahnya pun harus Bunda kuasai agar tidak menghilangkan kandungan vitamin E yang terdapat di dalamnya.

Memberikan suplemen untuk anak sebaiknya sesuai dengan saran dokter anak ya, Bun | SHUTTERSTOCK

Apabila memungkinkan, vitamin E juga bisa didapat si kecil dari mengonsumsi multivitamin. Namun pastikan agar Bunda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter anak, ya. Karena multivitamin baiknya hanya dikonsumsi apabila betul-betul diperlukan saja!

Vitamin C

Vitamin C termasuk kandungan yang kaya antioksidan, Bunda. Para ahli setuju kalau tercukupinya kebutuhan vitamin C harian akan sangat membantu dalam melindungi penglihatan agar tetap tajam. Vitamin C dapat Bunda temukan pada buah jeruk, kiwi, mangga, nanas, pisang, dan masih banyak lagi. Selain itu, vitamin C juga bisa didapatkan lewat suplemen sesuai anjuran dokter. 

Baca Juga: Hati-hati Overdosis Vitamin C!

Omega 3

Kandungan nutrisi Omega-3 dari ikan dan biji chia dapat mencegah peradangan pada mata atau bagian tubuh lainnya. Apabila si kecil kurang menyukai bahan-bahan makanan yang mengandung Omega-3, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi suplemen. Apalagi kini juga semakin banyak dan mudah didapat, suplemen anak yang mengandung Omega-3. 

Namun sekali lagi, pastikan agar si kecil mengonsumsinya sesuai anjuran dan apabila diperlukan juga telah berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter anak, ya!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi