Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

Perhatikan 4 Hal Ini saat Bunda Merespon Pertanyaan Si Kecil yang Memiliki Rasa Ingin Tahu Tinggi

author
Ruth Sinambela
Kamis, 10 November 2022 | 10:44 WIB
Rasa ingin tahu anak akan banyak hal selalu bisa menjadi awal minat dan ditemukannya bakat anak lho, Bun! | Shutterstock

Setuju nggak sih Bun, kalau anak zaman sekarang semakin dilarang justru bisa semakin keras kepala dan malah lebih penasaran ingin mencoba. Itulah sebabnya Bunda harus cerdas menjawab rasa penasaran si kecil. 

Selain itu, hormati dan dengarkan juga pendapatnya agar ia pun mau mendengarkan dan mempercayai ucapan Bunda. Yuk, belajar bagaimana menjawab dan memuaskan rasa penasaran si kecil, Bun!

Baca Juga: Rekomendasi Buku Anak Berkualitas untuk Usia 8 Tahun ke Atas

Menjawab dengan logis

Bunda, ketika anak bertanya maka jawablah dengan logis sesuai usia dan perkembangan mereka, jangan malah menjawab seadanya dan membuat anak merasa tidak puas kemudian mencari-cari jawaban di tempat lain.

Meski pertanyaannya mungkin menurut Bunda agak “unik” bukan berarti Bunda bisa menolak untuk menjawab atau malah memintanya tidak menanyakan hal itu lagi. Sikap ini kurang bijaksana ya, Bun. 

Karena anak-anak pun memiliki haknya untuk mendapat penjelasan dan alangkah baiknya apabila Bunda menjawab pertanyaan anak dengan serius, dengan memberikan data dan fakta yang tepat sesuai usia anak. Tentu hal ini akan membuat anak merasa dihargai dan mau mendengarkan serta menerima jawaban yang Bunda berikan.

Anak yang memiliki rasa ingin tahu tinggi biasanya akan lebih mudah diajak bicara dengan memaparkan fakta-fakta | Shutterstock

 

Ajak berdiskusi

Meski berdiskusi, lakukanlah hal tersebut dengan santai dan buatlah si kecil agar bebas menyampaikan pendapatnya senyaman dan seterbuka mungkin. Dengan begitu anak akan terbiasa untuk berpendapat, juga mau mendengarkan pendapat orang lain atau fakta-fakta yang berbeda.

Baca Juga: Punya Anak Senang Bertanya, Bagaimana Bunda Menghadapinya?

Kelak ketika si kecil telah dewasa ia juga akan terbiasa berdiskusi dan menerima perbedaan pendapat sebagai sebuah sarana untuk mengembangkan diri dan pengetahuannya. Serta tentu saja terbiasa untuk mendengarkan dan menghormati orang lain.

Beri dukungan dan pujian yang tulus

Saat anak merasa penasaran akan suatu hal, Bunda dapat memenuhi rasa penasarannya sekaligus juga membuka diri untuk mendengarkan pendapat mereka, Bun. Apabila Bunda menemukan hal-hal yang menarik dan dapat diterima, maka Bunda wajib memberikan pujian yang tulus. Tentunya juga mengakui buah pemikiran mereka dengan bertanya dan mendorong anak untuk mengembangkan ide atau pemikirannya tersebut!

Selain butuh didengarkan, anak-anak juga butuh respon positif dari Bunda | Shutterstock

Mengarahkan rasa ingin tahu anak ke hal-hal yang positif

Tidak selalu mudah, Bun. Namun merupakan hal yang wajib dilakukan. Mungkin si kecil akan menolak atau tetap berpegang pada pendiriannya, meski demikian Bunda dapat memberikan fakta-fakta dan data yang akurat. Anak yang memiliki rasa penasaran tinggi biasanya akan lebih mudah mengerti dan menerima suatu pemikiran yang berbeda dengan keyakinannya apabila disuguhkan dengan penjelasan yang akurat.

Baca Juga: Kecerdasan Anak Diwariskan Dari Ibu, Ini Alasannya

Bagaimana Bun, tidak sulit bukan? Yuk, semangat memberikan respon positif serta mengarahkan si kecil ke pemikiran-pemikiran besar yang sesuai dengan usia dan perkembangannya, ya!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi