Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

Bopeng Bekas Jerawat Bisa Sembuh dengan Cara Ini, Sudah Pernah Coba?

author
Ruth Sinambela
Jumat, 28 Juli 2023 | 10:53 WIB
Laser merupakan salah satu treatment yang dapat dipilih untuk menyembuhkan bopeng bekas jerawat | Shutterstock

Jerawat adalah masalah kulit yang umum terjadi. Bunda yang hingga kini masih berjuang menyembuhkan jerawat harus semangat terus, ya!

Jerawat sendiri sebenarnya bisa hilang dengan beberapa pengobatan baik dari luar maupun dalam, pastikan untuk hanya melakukan perawatan kulit maupun pengobatan sesuai saran dari dokter spesialis kulit ya, Bunda. Meskipun sekarang ini, pasien jerawat pun sebenarnya bisa juga sembuh hanya dengan melakukan skin care routine

Permasalahannya adalah ketika bekas luka yang disebabkan jerawat adakalanya menjadi bopeng yang seringkali menjadi masalah paling sulit untuk diatasi atau disembuhkan hingga hilang sama sekali.

Baca Juga: 8 Solusi Mengatasi Bekas Jerawat

Penyebab Bopeng

Bopeng bekas jerawat adalah bekas luka akibat peradangan yang terjadi ketika jerawat pecah dan merusak jaringan kulit, Bun. Meskipun menghilangkan bopeng bekas jerawat sepenuhnya mungkin sangat sulit, ada beberapa cara efektif untuk meminimalisir penampilannya. 

Berikut adalah beberapa tips dan perawatan yang dapat membantu mengatasi bopeng bekas jerawat, baik dengan cara alami maupun teknologi terbaru di bidang kesehatan dan kecantikan.

1.Skincare routine

Perawatan kulit yang teratur dan tepat sangat penting untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat. Cobalah menggunakan skincare dengan kandungan berikut secara rutin.

  • Pembersih yang lembut
  • Pelembap non-komedogenik
  • Pelembap niacinamide serta glycerin
  • Bakuchiol serum
  • Snail serum
  • Vitamin C

Mikrodermabrasi adalah prosedur non-invasif terbaru yang menggunakan alat khusus untuk mengangkat lapisan atas kulit yang rusak | Shutterstock

2. Peeling kimia

Peeling kimia adalah prosedur medis yang menggunakan bahan kimia untuk mengelupas lapisan atas kulit. Peeling membantu merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat dan dinilai efektif mengurangi penampilan bopeng bekas jerawat.

3. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah prosedur non-invasif terbaru yang menggunakan alat khusus untuk mengangkat lapisan atas kulit yang rusak, Bun. Ini membantu meratakan permukaan kulit dan meminimalkan bopeng akibat jerawat.

4. Terapi laser

Terapi laser akan mengarahkan sinar laser ke area yang bopeng untuk merangsang produksi kolagen dan meningkatkan tekstur kulit. Asal dilakukan di klinik terpercaya dan berpengalaman, terapi ini dapat membantu menyamarkan bopeng bekas jerawat secara signifikan, Bun.

Baca Juga: Coba Cek, Arti 8 Letak Jerawat di Wajah

5. Terapi pengisi dermal

Penggunaan pengisi dermal bisa menjadi pilihan untuk mengisi rongga-rongga bopeng dan meningkatkan volume kulit. Namun Bunda wajib berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit sebelum memutuskan untuk menggunakan prosedur ini, ya.

6. Ekstrak lidah buaya

Lidah buaya dipercaya mengandung senyawa anti-inflamasi dan zat penyembuh yang dapat membantu memudarkan bopeng. Oleskan gel lidah buaya segar pada bekas jerawat atau bopeng dan biarkan beberapa waktu sebelum dibilas.

7. Minyak rosehip

Minyak rosehip kaya akan vitamin C dan asam lemak esensial yang akan membantu penyembuhan kulit termasuk dalam mengurangi bopeng. Oleskan beberapa tetes minyak rosehip pada bopeng dan pijat perlahan selama beberapa menit saat mengaplikasikannya.

Kebiasaan memencet jerawat merupakan salah satu faktor utama penyebab bopeng di kulit wajah | Shutterstock

8. Jangan memencet jerawat

Kebiasaan memencet jerawat merupakan faktor terbesar timbulnya bopeng di kulit berjerawat. Memencet jerawat bahkan dapat menyebabkan luka lebih parah dan bopeng yang lebih dalam di kemudian hari, lho.

9. Makanan sehat dan bernutrisi seimbang

Para ahli lewat berbagai penelitian telah menyebut kalau pola makan yang sehat, seimbang, dan kaya nutrisi sangat berperan dalam penyembuhan bopeng akibat luka jerawat! Makanan sehat dan seimbang akan mendukung secara maksimal regenerasi kulit dan mencegah terjadinya inflamasi, Bun. 

Agar lebih efektif, penting untuk mengkonsultasikan makanan yang cocok untuk kondisi kulit Bunda serta variasi menu yang sebaiknya dihindari karena cenderung bisa mengakibatkan atau memperburuk break-out pada kulit wajah Bunda! Selain itu, vitamin dan mineral tertentu seperti vitamin C, E, dan zinc dipercaya bisa membantu dalam proses penyembuhan kulit berjerawat.

10. Wajib menggunakan sunscreen

Paparan sinar matahari dapat memperburuk kondisi bopeng bekas jerawat. Karena itulah wajib untuk selalu menggunakan tabir surya dengan SPF yang cukup agar kulit terlindung dari sinar UV berbahaya. Khusus untuk kulit yang masih mengalami break-out parah, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu produk sunscreen yang cocok untuk digunakan pada dokter spesialis kulit.

Baca Juga: Atasi Jerawat di Dada Dengan 7 Bahan Alami Ini

Menghilangkan bopeng bekas jerawat membutuhkan waktu dan konsistensi dalam perawatannya, Bunda. Tidak bisa instan. Meski menggunakan teknologi canggih pun, menghilangkan bopeng harus didukung dengan pola hidup yang baik serta kebiasaan-kebiasaan yang baik pula. Mulai dari perawatan kulit sehari-hari, menu makan dan minum, hingga istirahat yang cukup dan jauh dari stress.

Jika Bunda merasa kesulitan mengatasi masalah kulit ini untuk waktu yang lama, segera lah konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan pengobatan dan saran yang tepat. Selain itu, Bunda harus tetap sabar dan berkomitmen pada perawatan yang dipilih, fokus pada diri sendiri, serta tak perlu mendengarkan komentar negatif dari orang sekitar, ya. Semangat, Bunda!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi